Jenis – jenis Mata Bor dan Fungsinya

4
Jenis-jenis mata bor
Image: cerasis

Mata bor merupakan suatu alat yang berfungsi untuk membuat lubang pada kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca.

Banyak sekali jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan mesin bor, beda jenis beda pula fungsinya. Maka dari itu kita perlu menggunakan mata bor yang tidak hanya bagus tetapi bisa melubangi dasar apapun baik itu besi, kayu, beton dengan cepat dan mudah.

Beli Mata Bor Di sini Harga Diskon

16 jenis mata bor dan fungsinya

Tiap bahan atau material dasar yang ingin dilubangi menggunakan bor, pasti memiliki kekuatan yang berbeda – beda. Tentu saja hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan oleh jenis mata bor yang sama. Oleh karena itu produsen bor membuat berbagai macam bor dan mata bor dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing, Dan berikut ini adalah beberapa jenis mata bor dan fungsinya masing masing yang bisa Anda ketahui.

Twist Bits

Twist-Bits

Mata bor twist bits merupakan mata bor yang paling banyak digunakan. Mata bor ini dapat digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor dudu, baik itu secara horizontal maupun vertikal. Mata bor twist bits digunakan untuk membuat lubang pada kayu, plastik dan logam. Ukuran yang tersedia yaitu 4 – 12 mm.

Masonry Bits

Masonry-Bits

Mata bor Masonry Bits digunakan untuk membuat lubang pada tembok, beton dan batu. Pada ujung mata bor terdapat mata pisau. Mata bor ini terbuat dari bahan yang mempunyai karakteristik sangat keras, sebab penggunaan mata bor Masonry Bits ini selain berputar namun juga memukul. Tersedia dalam ukuran 4-15 mm.

Spur Bits

Spur-Bits

Mata bor Spur Bits dikenal dengan sebutan mata bor kayu. Pada bagian ujung mata bor ini terdapat bor runcing , dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau pengiris.  Ujung runcing pada mata bor ini berfungsi untuk menjaga mata bor supaya tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi. Ukuran yang tersedia ialah 6-15 mm.

Countersink Bits

Countersink-Bits

Mata bor Countersink bits digunakan untuk membuat lubang pada kayu untuk kepala sekrup supaya permukaan sama rata. Pada bagian ujung mata bor ini bersudut 90 derajat yang berfungsi untuk membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.

Forster Bit

Forster-Bit

Mata bor Forster Bit digunakan untuk membuat lubang engsel sendok. Mata bor ini sebaiknya dioperasikan dengan mesin bor duduk supaya lebih stabil. Jika dioperasikan dengan mesin bor tangan maka akan sangat sulit mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan pun kurang berkualitas.

Jual Mata Bor

Hole Saw Bits

Hole-Saw-Bits

Mata bor Hole Saw Bits disebut pula sebagai gergaji lubang sebab bentuk mata bor ini seperti gergaji dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berdiameter sekitar 25-60mm.

Mata Bor Metal Standar

Mata-Bor-Metal-Standar

Mata bor ini digunakan untuk mengebor plat besi, kuningan, alumunium, dan akrilik. Terdapat dua jenis yang tersedia di pasaran yaitu High Speed Steel (HSS) dan HSS-Co ( Cobalt ). HSS-Co lebih keras dari HSS, sehingga dalam penggunaannya lebih awet, dari segi harga tentu lebih mahal dari HSS.

Auger Bit

Auger-Bit

Mata bor ini digunakan untuk mengebor aneka jenis kayu ataupun material lunak lainnya. Diameternya lebih besar dari mata bor kayu standar. Mata bor ini berbentuk ulir tunggal atau single flute dan digunakan untuk mesin bor dengan putaran rendah.

Flat Bit

Flat-Bit

Mata bor ini sama seperti Mata Bor Auger Bit digunakan untuk pengeboran aneka jenis kayu dan material lunak lainnya. Hanya saja mata bor ini berbentuk pipih rata (flat). Mata bor Flat Bit biasa dioperasikan dengan bor tangan manual dengan putaran mesin sangat rendah, tidak disarankan menggunakan bor tangan listrik.

Hinge Borring Bit

Hinge-Borring-Bit

Digunakan untuk membuat lubang pada kayu atau material lunak lainnya. digunakan untuk membuat lubang dengan diameter cukup besar yang mana sudah tidak ada lagi kurang diameter pada mata bor kayu standar.

Chisel Bit

Chisel-Bit

Mata bor Chisel Bit digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada material kayu. dioperasikan pada mesin Hollow Chisel Mortiser.

Mortiser Bit

Mortiser-Bit

Mata bor Mortiser Bit digunakan untuk membuat lubang geser pada kayu, dioperasikan pada mesin Mortising.

Jual Mata Bor

Router Bit

Router-Bit

Mata bor Router Bit digunakan untuk membuat aneka bentuk profile pada kayu atau material lunak lainnya, mata bor ini dioperasikan pada mesin Router atau Trimmer.

Mata Bor Kaca

GLASS-DRILL

Mata bor ini digunakan untuk melubangi kaca. Bentuknya seperti tombak sehingga mata bor ini sering disebut sebagai mata bor tombak.

Hole Saw Metal

Hole-Saw-Metal

Mata bor Hole Saw Metal digunakan untuk membuat lubang pada metal dengan diameter tertentu, biasanya untuk diameter yang cukup besar.

Core Drill Bit

Core-Drill-Bit

Mata bor Core Drill Bit serupa dengan mata bor Core Drill Bit, hanya saja digunakan untuk membuat lubang pada beton, dinding, marmer, granit dan jenis batuan lainnya dengan diameter tertentu, biasanya untuk diameter yang cukup besar.

Jual Mata Bor

Aneka Mata Bor di Ralali

Untuk melihat bermacam mata bor, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual mata bor berkualitas dengan varian merk, tipe, ukuran, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Beli Mata Bor Harga Diskon Di sini

Ralali Business Solution

4 Komen
  1. Sulaiman berkata

    Sangat membantu

  2. Dedi berkata

    Bagus sangat terbantu

  3. Amrullah Asnawi berkata

    informasi yang sangat berguna. tq

  4. fari.fairis berkata

    thanks!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.