Apa Itu CPU, Apa Saja Komponen dan Fungsinya ?

2
Komponen CPU
Source : patartambunan

Apa itu CPU?

CPU atau Central Processing Unit merupakan salah satu komponen penting dari sebuah komputer. Pada dasarnya sebuah sistem komputer terdiri dari berbagai jenis komponen, seperti cpu, moderboard, harddisk, ram, layar monitor dan berbagai jenis komponen lainnya. Tapi kali ini yang akan kita bahas lebih dalam yaitu pengertian CPU serta komponen dan fungsinya masing – masing.

Pengertian CPU

CPU (Central Processing Unit)  adalah komponen yang berfungsi untuk menerima serta melaksanakan perintah serta mengolah data dari perangkat lunak, CPU juga lebih dikenal dengan sebutan prosessor.

Komponen CPU dan Fungsinya

Ada beberapa komponen yang terdapat didalam CPU, dan berikut ini adalah komponennya :

  1. Unit Kontrol
  2. Register
  3. ALU
  4. CPU Interconnections

Dan berikut ini adalah fungsi dari komponen komponen tersebut.

  1. Unit kontrol, bertugas untuk mengendalikan jalannya program, sekaligus memegang komputer supaya tiap bagian di CPU bisa berjalan selaras dengan baik dalam menjalankan fungsi-fungsinya. Untuk megetahui fungsi unit control selengkapnya berikut ulasannya
    • Mengendalikan alat-alat baik input maupun output
    • Mengambil instruksi dari memori utama
    • Mengambil data dari memori utama untuk diproses
    • Mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan aritmatika
    • Menyimpan hasil proses ke memori utama
  2. Register, penyimpanan kecil dengan kecepatan akses yang tinggi. Bersifat sementara, dan digunakan sebagai gudang data saat diolah atau pengolah selanjutnya. Jika digambarkan secara sederhana, register adalah ingatan otak yang mengolah data secara manual.
  3. ALU, atau mesin bahasa memiliki tugas utama untuk melakukan operasi perhitungan seperti aritmatika sesuai dengan instruksi program yang ada. Selain itu tugas lain ALU juga melakukan keputusan  dengan menggunakan operator logika tertentu perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
  4. CPU Interconnections, merupakan sistem koneksi yang menghubungkan komponen internal CPU, dimana ALU, unit kontrol, register serta eksternal CPU lainnya saling terkoneksi.

Itulah infomasi tentang apa itu cpu beserta komponen dan fungsinya masing – masing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang cpu.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
2 Komen
  1. MIKO HARDIAN berkata

    terimakasih sangat membantu dalam belajar

  2. Ahmad Rosydian M berkata

    Terimakasih buat penjelasannya tentang CPU dan Komponen – komponen beserta fungsinya.

    Terima kasih.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar