Apa Itu CPU, Apa Saja Komponen dan Fungsinya ?

0
Komponen CPU
Image: www.patartambunan.com

Sekarang ini komputer dengan bermacam program serta kelengkapannya sudah menjadi sebuah barang yang fungsinya sangat vital dalam menunjang bermacam kegiatan yang dilakukan masyarakat modern.

Sebuah sistem komputer terdiri dari 2 komponen dasar, yaitu:

  1. Monitor
  2. CPU (Central Processing Unit)

Monitor merupakan sebuah perangkat output yang fungsinya untuk menampilkan seluruh informasi kepada penggunanya. Sedangkan CPU merupakan komponen yang berfungsi untuk menerima serta melaksanakan perintah serta mengolah data dari perangkat lunak. CPU tersedia dengan bermacam spesifikasi. Harga cpu komputer pun beragam, semakin tinggi spesifikasi CPU, semakin mahal pula harganya.

Lantas apa saja komponen CPU ? Berikut ulasannya.

Komponen CPU (Central Processing Unit)

Hard Drive

Hard Drive merupakan sebuah perangkat yang fungsinya untuk menyimpan dan mengambil informasi digital, terutama data pada komputer. Hard drive merupakan salah satu kompunen yang paling penting. Apabila hard drive mengalami kerusakan, maka pengguna dapat kehilangan data berharga yang mungkin tidak bisa diperoleh kembali.

Motherboard

Motherboard merupakan perangkat keras yang fungsinya sebagai tempat di mana bermacam komponen komputer digabungkan, dan disatukan. Motherboard merupakan komponen yang paling utama dan sangat penting dari sebuah CPU sebab berisi sistem BIOS (Basic input output system), soket memory(RAM), pengatur koneksi input-output(chipset), soket prosessor, soket kartu grafis (VGA card), dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).

RAM

RAM ( Random Access Memory) merupakan komponen penyimpanan sementara komputer sehingga dapat mempercepat proses loading data dan program yang sering diakses.

Processor

Processor adalah otak dari sebuah komputer di mana fungsinya untuk mengeksekusi sebuah perintah. Cepat atau lambatnya kinerja komputer sangat bergantung pada processor yang digunakan.

Kartu Grafis (VGA Card)

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) merupakan komponen yang berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Bagi penggemar desain grafis ataupun bermain games dengan grafis yang memukau diperlukan kartu vga yang berdaya tinggi. Produsen kartu video yang terkenal antara lain NVIDIA serta ATI.

Kartu Suara (Sound Card)

Kartu suara (sound card) merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan dan merekam suara. Sewaktu pengguna mendengarkan suara dari kartu suara, maka data digital suara berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital tersebut di proses oleh pengolah sinyal digital atau DSP (Digital Signal processing) mengubahnya menjadi sinyal analog, selanjutnya sinyal analog tersebut diperkuat serta dikeluarkan melalui speaker.

Port USB

Pengguna komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan USB Drive atau Flash Disk untuk menyimpan data dalam komputer. Bentuknya yang kecil serta mudah di bawa menjadikan flash disk banyak diminati. Nah, untuk membaca serta menyimpan data yang disimpan dalam Flash Disk maka diperlukan konektor atau penghubung yang disebut Port USB. Letaknya berada di belakang ataupun di depan CPU komputer.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.