Tips Rumah Aman Bebas Korsleting Listrik

0
Korsleting Listrik
Image: properti.kompas.com

Banyak berita menginformasikan kebakaran rumah. Penyebab kebakaran yang terjadi disebabkan banyak hal, salah satunya karena korsleting listrik. Terjadinya korsleting listrik bisa terjadi karena adanya kerusakan pada alat listrik, terkena air dan lainnya.

Supaya tidak terjadi korsleting listrik sebaiknya ketika pemasangan rangkaian listrik haruslah diserahkan kepada ahli pemasang listrik. Tidak hanya itu saja, pemilik rumah pun mesti paham bagaimana cara pemakaian listrik yang baik.

Baca: 5 Cara Sederhana Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah

Untuk mengurangi risiko yang bisa ditimbulkan dari arus listrik, ubahlah kebiasaan penggunaan alat listrik di rumah yaitu gunakan satu stop kontak untuk satu steker serta biasakanlah untuk selalu mencabut steker jika tidak lagi digunakan.

Banyak sekali yang mengabaikan memeriksa instalasi listrik sebelum fungsinya berkurang ataupun rusak. Padahal instalasi listrik harus diperiksa rutin setahun sekali dan instalasi mesti diganti lima tahun sekali .

Kedua hal tersebut adalah antisipasi terhadap kelayakan perangkat listrik di rumah supaya tidak terjadi korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran.

Dalam memasang alat listrik, sebaiknya gunakan material dengan kualitas terjamin serta bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Produk “abal-abal” cenderung mudah panas serta mempunyai risiko ledakan lebih besar.

Hubungan pendek atau korsleting serta beban listrik lebih akan diputus dengan MCB (Mini Circuit Breaker). Namun, supaya lebih aman sebaiknya pemasangan MCB dibarengi ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker). ELCB secara otomatis mencegah kebocoran arus serta memberikan pengamanan supaya manusia tidak tersetrum.

Pemasangan MCB dibarengi ELCB dilakukan untuk mencegah terjadinya korsleting serta risiko lainnya yang ditimbulkan arus listrik. Listrik yang digunakan dengan baik akan menjadi kawan rumah kita, sebaliknya jika digunakan dengan sembarang akan menjadi lawan yang berbahaya.

Temukan beragam alat listrik dengan material berkualitas, bersertifikasi SNI dan harga terjangkau di Ralali.com

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.