Kondisi Mesin Kendaraan Bisa di Tentukan dari Warna Asap Knalpot

0
warna asap kendaraan
warna asap kendaraan – Image: www.motormobile.net

Apa warna asap kendaraan Anda ? Warna asap yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan dapat berbeda-beda. Warna asap yang dikeluarkan menandakan kondisi mesin kendaraan itu sendiri. Apabila warna asap kendaraan Anda berbeda dari biasanya, sebaiknya periksalah mesin kendaraan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang buruk terhadap kendaraan karena dikhawatirkan terdapat kerusakan pada mesin kendaraan.

Berikut ini sejumlah warna asap yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kondisi mesin kendaraan Anda.

Hitam

Asap knalpot berwarna hitam menandakan mesin membakar bahan bakar yang terlalu banyak atau boros. Borosnya penggunaan bahan bakar tentunya sangat merugikan bukan ? Apabila asap kendaraan Anda berwarna hitam, periksalah apakah filter udara maupun komponen lainnya semisal bahan bakar serta fuel pressure regulator mengalami kerusakan atau tidak. Banyak yang sudah mengetahui apabila asap kendaraan berwarna hitam menunjukkan adanya kerusakan pada mesin kendaraan, namun banyak pula yang mengabaikan untuk memperbaikinya.

Putih

Apabila asap yang dikeluarkan berwarna putih, berarti menunjukkan masih dalam keadaan bagus namun asap putih tersebut sifatnya masih tips. Asap putih bersifat tips terjadi karena hasil dari penumpukan kondensasi dalam sistem pembuangan. Asap putih jenis ini bisa cepat menghilang.

Akan tetapi apabila asap putih yang keluar sifatnya tebal bisa menjadi permasalahan yang serius pada silinder head, paling head, maupun blok mesinnya retak. Itu semua memerlukan perbaikan yang lumayan mahal. Asap putih bersifat tebal diakibatkan oleh mesin yang membakar coolant. Jangan pernah menyepelekan kebocoran dalam coolant. Walaupun kebocoran dalam coolant bersifat kecil namun bisa mengakibatkan overheating.

Kebiruan

Apabila asap kendaraan yang dikeluarkan berwarna biru, berarti menandakan mesin kendaraan membakar oli mesin. Penyebab mesin membakar oli mesin yaitu katup silnya atau ring pistonnya sudah aus atau sudah mesti diganti.

Apabila asap kendaraan Anda berwarna biru, maka periksalah oli mesin dengan teratur. Apabila oli mesin kendaraan bocor maka akan mengakibatkan kinerja mesin menjadi kasar dan pada akhirnya akan merusak busi serta komponen kendaraan yang lainnya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar