Aki Kering Lebih Bagus Daripada Aki Basah, Mengapa?

0
fungsi aki kering
Image: Ralali.com

Fungsi aki sangat penting terhadap kinerja kendaraan entah itu kendaraan roda empat maupun roda dua. Mengapa aki sangat penting ? sebab aki merupakan komponen yang bisa menyimpan tenaga berbentuk energi kimia. Dengan adanya aki, maka tegangan listrik untuk kendaraan dapat terpenuhi semisal untuk starting, pengapian, maupun lighting.

Aki sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu aki basah atau aki konvensional, aki kering atau aki Maintenance Free (MF) dan yang terakhir aki Hybrid, namun aki hybrid ini masih jarang dipakai.

Aki Kering Lebih Bagus Daripada Aki Basah, Mengapa?

Kendaraan keluaran terbaru menggunakan aki kering, sebab aki kering mempunyai beberapa kelebihan daripada aki basah. Aki kering atau aki MF ukurannya lebih kecil, sehingga dapat di pasang di segala arah. Walaupun ukurannya lebih kecil bukan berarti kinerjanya kecil pula. Kemampuannya tetap sama. Sedangkan untuk aki basah tak bisa dipasang di segala arah dan apabila di pasang miring maka cairan di dalamnya akan tumpah.

Baca: 4 Cara yang Bisa Membuat Aki Basah Tetap Prima

Dari segi bahan, aki kering dan aki basah mempunyai bahan yang berbeda terlebih pada penggunaan timahnya. Pada aki kering, timah yang di pakai mengandung kalsium, sementara timah yang di pakai pada aki basah mengandung antimoni.

Timah kalsium lebih unggul dibandingkan timah antimoni. Timah antimoni akan menimbulkan penguapan yang banyak, sehingga mesti sering menambahkan cairan aki atau cairan elektrolit. Sedangkan untuk timah kalium penguapannya sangat sedikit, sebab pada timah kalsium terdapat seramik filter yang berguna hanya untuk mengeluarkan gas saja. Sehingga setiap kali terdapat tekanan, maka aki kering hanya akan mengeluarkan gas, dan ketika terdapat penguapan berupa air, maka akan kembali lagi ke dalam aki. Dengan demikian, aki kering tidak mesti ditambahkan cairan lagi tidak seperti aki basah.

Apabila penggunaannya normal dan kendaraan pun tanpa ada masalah, aki kering dapat dipakai sekitar dua hingga tiga tahun, Anda pun tidak mesti melakukan pengecekan aki sebab aki kering bebas perawatan. Sedangkan aki basah mesti sering di cek, terutama pada cairan. Selain itu pengisian cairan aki pada aki basah mesti sesuai, apabila pengisian tak sesuai maka aki basah akan cepat soak. Tentunya hal tersebut akan menyita waktu bukan ? Memang harga aki kering lebih mahal daripada aki basah, namun harga mahal tersebut tergantikan dengan keefisienannya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.