4 Cara yang Bisa Membuat Aki Basah Tetap Prima

0
Cara merawat aki basah
Cara merawat aki basah – www.alamalsayarat.com

Cara merawat aki basah – Tidak seperti aki kering yang tidak memerlukan perawatan, aki basah memerlukan perawatan secara rutin supaya performanya tetap prima dan supaya awet. Akan tetapi, dalam merawat aki basah bukan hanya sekedar mengisi cairan elektrolitnya saja yang semakin berkurang karena penggunaan.

Banyak orang yang mengeluh terhadap aki mobilnya, padahal aki masih belum begitu lama digunakan dan pengisian airnya pun rutin dilakukan namun akinya sudah tekor. Jenis dan harga aki mobil pun bermacam-macam. Harga yang mahal tidak menjamin aki tetap awet, apabila tidak dilakukan perawatan dengan benar, aki akan cepat rusak. Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan aki cepat tekor, bisa karena jarang melakukan perawatan dan bisa pula karena pemakaiannya yang salah.

Supaya aki awet, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar kualitasnya tetap terjaga. Berikut ulasannya.

Cara Merawat Aki Basah

1. Lakukan pemeriksaan rutin

Periksalah bagian bodi aki, apakah terdapat keretakan atau tidak, periksa pula bagian terminal aki apakah terdapat karat atau tidak serta periksa bagian kabel aki apakah terdapat kabel yang terkelupas atau tidak. Apabila teradat karat akan menyebabkan beban yang lebih besar, alhasil tegangan aki akan berkurang.

Baca juga: Aki Kering Lebih Bagus Daripada Aki Basah, Mengapa?

2. Pastikan air aki sesuai dengan ukuran

Cairan elektrolit adalah salah satu bagian penting dari aki. Cairan tersebut akan menghantarkan arus listrik. Cairan elektrolit berkurang karena suhu panas dari mesin. Apabila air aki berkurang, maka segera tambahkan hingga sesuai ukuran.

3. Panasi mesin mobil secara teratur

Agar aki awet, panasilah mesin mobil Anda secara rutin minimal 10 menit. Hal ini bertujuan supaya arus listrik pada aki terus terisi alternator, sehingga kondisi aki tetap stabil sehingga aki akan tetap awet serta performanya pun tetap bagus.

4. Matikan semua peranti elektronik sebelum mematikan mobil

Jika ingin aki kendaraan Anda awet, lebih baik matikan seluruh alat elektronik yang memakai arus listrik yang terpasang di mobil. Hal ini bertujuan supaya ketika mobil dihidupkan, maka arus listrik yang berasal dari aki akan terfokus pada starter mesin mobil saja. Alhasil aki pun akan lebih awet serta performanya pun akan terjaga.

Baca juga : Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Ngedrop Dengan Bodrek

Itulah sejumlah cara sederhana mengenai cara merawat aki basah yang benar. Banyak orang yang menganggap aki sepele, akan tetapi aki ini merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah kendaraan. Apabila terjadi masalah pada aki maka akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.