Ingin Baterai Handy Talky Awet ? Seperti ini Tipsnya

0
Tips Merawat Baterai Handy Talky
Tips Merawat Baterai Handy Talky

Tips Merawat Baterai Handy Talky – Baterai Handy Talky atau HT berbeda dengan baterai perangkat lain semisal ponsel maupun peralatan elektronik lainnya. Baterai HT akan cepat habis meskipun hanya dipakai untuk Monitoring saja. Hal tersebut disebabkan karena sinyal yang masuk tak tetap serta selalu bergantian untuk setiap operator, sehingga walaupun kita hanya sekedar memonitor maupun Receive saja, maka HT akan selalu melakukan louding system signal search.

Baca: Ini Dia Tips Memilih HT (Handy Talky) Yang Bagus

Umur baterai Handy Talky bisa diketahui dengan mudah yaitu dengan teknik berapa kali melakukan charging serta discharging. Umur baterai HT berkisar antara 350 hingga 500 kali charge serta discharge. Agar baterai Handy Talky awet, lakukanlah perawatan dengan benar, nah berikut ini sejumlah perawatan baterai Handy Talky disesuaikan dengan tipe baterai yang digunakan.

Tips Merawat Baterai Handy Talky

NiCD

Baterai NiCD merupakan baterai generasi pertama, jenis ini mempunyai kapasitas besar. Sesuai dengan ukuran serta kapasitasnya, proses pengisian ulang baterai NiCD mesti selalu dilakukan sewaktu daya baterai tersebut benar-benar habis. Sebab baterai jenis NiCD memiliki memori effect yang kapasitasnya semakin lama akan semakin menurun apabila pengisian dilakukan apabila daya baterai belum benar-benar habis.

NiMh

Baterai NiMh sama seperti baterai NiCD yang mempunyai memori effect namun sifatnya hanya sementara. Jadi, apabila baterai ini hanya diisi sebesar 70%, maka baterai tidak akan mendeteksi adanya ruang 30% yang belum terisi. Baterai akan mendeteksi bahwa 70% merupakan 100% dalam artisan baterai sudah terisi penuh.

Li-Ion atau Lithium Ion

Baterai Li-Ion tak seperti baterai NiCD serta NiMh, baterai jenis ini tak mempunyai memory effect. Jadi Anda dapat mengisi ulang baterai tanpa harus menunggu baterai benar-benar habis terlebih dahulu. Akan tetapi baterai Li-Ion mempunyai kelemahan yaitu dari segi ” life cycle ” yang lebih pendek. Bahkan jika baterai di charge secara berlebihan maka kemampuannya akan menurun.

Li-Po atau Lithium Polymer

Baterai Li-Po lebih unggul dari baterai Li-Ion. Baterai ini mempunyai sifat liquid. Sifat liquid ini berguna apabila terjadi tekanan yang cukup keras maka baterai dapat berubah bentuk yaitu menjadi menggelembung.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar