Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Ngedrop Dengan Bodrek

86

cara memperbaiki aki basah yang ngedrop

Cara Memperbaiki Aki Basah  – Cara memulihkan aki yang telah ngedrop, rusak maupun soak dapat diterapkan dengan trik yang begitu ringan dan tentunya tak usah mengeluarkan banyak uang alias hemat. Aki motor maupun aki mobil pada dasarnya lama kelamaan pastinya akan terjadi kerusakan. Adapun penyebab terjadinya kerusakan terhadap aki basah pastinya beragam, dapat bermula dari pemakaian yang salah serta kerusakan pada aki tersebut memang dapat terjadi secara natural atau alami yang diakibatkan usia pemakaian yang telah terlampau lama serta mengharuskan agar aki tersebut diganti dengan aki yang baru.

Ralali.com jual aki mobil jenis kering & basah dengan harga terjangkau. Distributor toko accu dan battery di Jakarta, Surabaya, Bandung, BSD, Bogor.

Cara Memperbaiki Aki Basah
Cara Memperbaiki Aki Basah

Pada saat mengalami kerusakan aki, kita terpikirkan akan bagaimana cara memperbaikinya. Pada penjelasan kali ini akan menyediakan sedikit cara supaya aki motor maupun aki mobil yang ngedrop atau mengalami kerusakan dapat digunakan kembali. Namun yang wajib di garis bawahi ialah bahwa cara yang akan kami bagikan kali ini tak seluruhnya akan sukses, tingkat keberhasilan sangat berpengaruh pada keadaan aki tersebut. Jika komponen-komponen yang yang terdapat pada aki sedang dalam kondisi yang begitu sangat lapuk, bahkan terdapat begitu banyak yang terputus maka bisa jadi tingkat keberhasilannya akan amat kecil.

Agar aki tahan lama harus dilakukan perawatan. Baca artikel berikut untuk mengetahui informasi mengenai Cara Merawat Aki

Bahan Yang Diperlukan

Lalu, langkah apa saja yang dapat kita lalui agar aki yang telah rusak tersebut dapat pulih dan bisa digunakan kembali ? Sebelum memulai kita terlebih dahulu kita persiapkan alat serta bahan yang kelak kita perlukan ketika proses perbaikan aki basah yang sudah rusak tersebut.

  • Air aki zuur
  • Air setengah panas
  • Obat Sakit Kepala (Bodrex)
  • Obeng

1 dari 4 bahan pada cara memperbaiki aki basah tersebut tentunya anda merasa ada bahan yang membuat kita merasa aneh. Yaitu obat yang dikenal untuk mengobati sakit kepala (Bodrex). Tentu kita mendengarnya merasa aneh bukan ? Akan tetapi hal ini sudah terbukti ampuh, beralaskan pengalaman dari seorang yang sudah menggunakan, dan ternyata memberikan obat bodrex ini memang lumayan ampuh untuk memudahkan dan menghidupkan lagi sel sel aki basah yang telah mati.

Reaksi antara bahan-bahan kimia yang terdapat pada obat bodrex beserta larutan aki tersebut mampu mereduksi -oksidasi dengan demikian aki mampu berfungsi lagi. Kandungan Kofein, Propifenazon, dan Parasetamol yang terdapat pada obat bodrex selaku penghilang dan pereda rasa sakit rupanya dapat memperbaiki pada aki yang sudah tidak bisa dipakai atau rusak. Hal ini tentunya sangatlah asing dan juga unik terdengar ditelinga kita.

Jual Aki Mobil
Jual Aki Mobil

Cara Memperbaiki Aki Basah

Berikut ini merupakan tips-tips untuk memulihkan kembali aki yang sudah rusak :

  • Sediakan aki motor atau aki mobil yang sudah rusak.
  • Bersihkan semua cairan yang ada pada setiap sel-sel aki.
  • Masukan air panas pada sel yang bertujuan untuk membersihkan serta mengaktifkan kembali sel yang mati (lakukanlah pengulangan 2 sampai 4 kali sehingga air buangan terlihat benar-benar bersih).
  • Lalu keringkan aki tersebut sedikitnya 3 jam atau selama satu hari ( kian lama kian baik).
  • Sehabis itu tuangkan air aki (larutan air zuur), pada tiap sel diberi satu obat bodrex yang telah dihaluskan dengan cara ditumbuk.
  • Diamkan selama satu hari sebelum menggunakan aki tersebut.

Itulah beberapa langkah cara memperbaiki aki basah yang ngedrop, rusak maupun soak. Kami tidak bisa memastikan kalau cara ini akan berhasil 100%, tetapi dari pada aki rusak kita buang, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Baca juga : Cara Mengisi Ulang Aki Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi yang ingin mencoba semoga percobaan Anda berhasil dan Aki Anda bisa hidup kembali. sebenarnya selain cara cara diatas, saya pernah dengar juga tentang cara memperbaiki aki basah dengan garam, tapi saya sendiri belum tau apakah dengan garam bisa berhasil atau tidak. Semoga bermanfaat ralalians 🙂

Beli Aki Mobil  Terlengkap dan Termurah Di Sini.

 

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

86 Komen

  1. saep berkata

    Trmkasih atas sumbangan ilmunya semoga menjadi amal jariah untuk kebahagiaan semua orang dan semoga barokahnya untuk tim ralali selalu jaya dn sukses

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Amiinnn..

      Terima kasih atas do’a nya 🙂

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

    2. Ferdi berkata

      mau bertanya mas, saya punya aki merk yuasa, 12 V dengan kekuatan 80 Amper, kondisi udah 1 tahun 3 bulan itu pun bekas, yang saya mau tanyakan bila di charger yang lima lubang berbuih tapi 1 lubang yang dekat plat + (Positif) nya ga berbuih, itu apa penyebapnya ya … untuk informasi aki ini hanya di gunakan untuk lampu emergenci aja, bila PLN padam, kalau untuk mobil udah ga bisa lagi. demikian pertanyaan saya.

  2. ismu berkata

    klu aki kering gan? apa bisa diservice jga? mohon informasi team Ralali.com
    sblmnya trm ksh

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Sebelumnya terimakasih sudah membaca artikel ini.

      Untuk aki kering tidak bisa di service, begitu rusak harus dilakukan pergantian dengan aki baru.
      Kelebihan aki kering dibandingkan dengan aki basah yaitu aki kering tidak memerlukan perawatan khusus sehingga pemilik tidak harus bersusah payah mengecek aki, berbeda dengan aki basah yang memerlukan perawatan khusus, pemilik mesti meluangkan waktunya secara rutin untuk mengecek ketinggian cairan serta memastikan cairan yang ada di dalam aki basah tersebut tetap berada di garis maksimum.

  3. Aris berkata

    Setelah itu apa aki g perlu disetrum ulang gan

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Untuk aki kering kalaupun rusak harus diganti tidak bisa di service atau di setrum (jumper) 🙂

  4. maryo berkata

    Ijin copas gan. Ilmu yg bermanfaat. Smoga sllu banfaat bt smuanya..amiiin

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Yupss silahkan,, Aminn 🙂

      Jangan lupa cantumkan sumbernya yah broo 😀

  5. donil berkata

    nyamber gan..kalo menurut saya lebih bisa aki kering yang di servis,karna sel2 dlm aki kering sangat mudah di perbaiki…

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Waahhh dapet pengetahuan baru nih..

      Terima kasih atas informasinya 🙂

    2. Choky berkata

      Aki kering lbh gmpng d servis krna sya sring servis aki bekas jd bs d gunakn lg

  6. Fian berkata

    Saya tadi mencoba,tapi saya lupa mengeringkan, langsung saya isi air accu sama bodrek nya.
    Kira kira bisa tidak

  7. Bhoedhack bhagheur berkata

    Bener brow,….Berhasil
    ane coba dirumah accu yang dah soak normal lagi,….
    makasih ilmunya dan semoga bermanfaat untuk yang lain,…

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Yupsss, sama-sama broo 🙂

  8. Aminudin Ramadhani berkata

    Terima kasih banyak atas infonya.

  9. noer xowlech berkata

    Kebetulan nih… Mobil 3 akinya soak semua… Udah diganti baru yang 2, yang satu masih nongkrong gak bisa kerja tuh… Tak cobalah dulu ilmunya… Mudah2an bisa menghemat 1,05 jta untuk satu accu baru

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Silahkan di coba 🙂
      Untuk membeli aki, di Ralali.com jual aki dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda 🙂

  10. sani karsami berkata

    gan, mau tanya apa tiap lubang aki masing” di kasih 1 bodrex atau cukut 1 bodrex untuk di bagi..

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂 .

      Pada tiap sel diberi satu obat bodrex yang telah dihaluskan dengan cara ditumbuk.

  11. roziqin berkata

    Wah thk om artikelnya, saya mau coba eksekusi nih accu …

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Sama-sama, terima kasih pula sudah membaca artikel ini 🙂
      Silahkan di coba 🙂

  12. muhdi berkata

    setelah di isi accu zuur plus bodrex dan di diamkan selama 3 hari apa harus di cas dulu

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Kalau memang tidak bisa, lakukan pengecasan 🙂

  13. barry raja berkata

    Air zur dan bodrek lalu gak dicampur air lainya?
    Dan tiap sel diisi sampai penuh apa 90% saja?

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Tuangkan air aki (larutan air zuur), pada tiap sel diberi satu obat bodrex yang telah dihaluskan dengan cara ditumbuk.
      Akan lebih baik diisi sampai penuh 🙂

    2. nasri berkata

      air zur yg tlah di campur sm bodrex di buang lagi atau di biarkan di pakai terus.?

      1. Ahmad Vei
        Ahmad Vei berkata

        Di biarkan dan dipakai terus saja 🙂

  14. syaifuddin berkata

    Makasih infonya gan bermanfaat banget ni ilmu..
    jadi nambah ilmu lg nih, Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

  15. bashzah berkata

    makasih buanget atas ilmunya,,,mo di praktekan ilmunya…trim’s sekali lagi…!!!

  16. dony berkata

    bro mau nanya kalau aki mobil yang 70ah kasih obat bodrex nya berapa butir per lubang sel akinya?
    bagi infonya bro…!

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Tiap sel diberi satu obat bodrex saja yang telah dihaluskan 🙂
      Semoga membantu 🙂

  17. Rahmat k rokan hilir berkata

    Tks gan ilmu nya bermanfaat
    oh iya air zuur itu apa sama dgn air aki yg merah atau yg biru dan berapa harga nya mohon pencerahan nya ya gan tks

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Oke sama-sama sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

      Yang warna biru itu air aki, sedangkan untuk warna merah itu air zuur.

  18. Budi Santoso berkata

    Terima kasih ilmunya semoga bermanfaat bagi yang menggunakan/mempraktekan, dan bagi pemberi ilmu semoga Alloh SWT menjadikan amal jariah untuk kebahagiaan semua orang dan semoga barokahnya untuk tim ralali selalu jaya dn sukses amin……………

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

  19. ipong berkata

    Lo aki sy ukuranx 70 rusak gara” kepanasan krn overchrage ..ap mc bs d perbaiki ..ato ada cr lain ..trs pengisian terakhir k aki wktu msin xala 13,75 apa ud normal ?? Mkc ats jwbanx smoga mndpt lbh bxk phl .aaaaamiin

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Sewaktu mesin mobil sudah dihidupkan dan tegangan menunjukkan angka 13,5 hingga 14,5 volt atau lebih, manandakan normal.. Namun, Apabila tegangan menunjukkan angka kurang dari 13,5 volt sewaktu mesin mobil sudah dihidupkan, hal tersebut menunjukkan bahwa alternator tidak cukup memproduksi arus untuk mengisi aki. Pergilah ke bengkel untuk memeriksa kelayakan alternator mobil anda.

      1. agus berkata

        bro , sorry mau tanya , memang nya semua aki pas posisi mobil nyala itu 13.5 – 14.5 volt?

        1. Ahmad Vei
          Ahmad Vei berkata

          Angka 13,5 hingga 14,5 volt merupakan hasil pengukuran menggunakan multimeter.

  20. agus berkata

    bro , ane mau tanya donk , mobil pada malam hari lampu kalau di posisi gak di gas / idle lampu redup (gak terang) tapi pas di gas terang…, trus kalau gak di gas kita nyalakan lampu hazzard (kelip2 2 lampu) trus aku nyalakan lampu dashboard ( lampu atas mobil) , lalu lampu atas mengikuti aluran lampu hazzard itu , redup, terang, redup , terang….apa itu kerusakan pada aki / pada laennya . kalau pada aki kok masih kuat untuk stater ya? mohon pencerahannya bro….makasih.

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      kalau pada aki masih kuat untuk stater, ada kemungkinan komponen yang berhubungan dengan lampu tersebut mengalami kerusakan. Namun, walaupun aki masih kuat starter tidak menutup kemungkinan aki tersebut mengalami kerusakan.

      1. agus berkata

        jadi jalan keluar nya gimana ya bro ? apa kita kuras aki nya trus ikutin ajaran kamu cara2 nya atau perbaiki yang laen????
        makasih ya bro sebelumnya

        1. Ahmad Vei
          Ahmad Vei berkata

          Untuk lebih baiknya, sebaiknya bapak tanyakan dahulu kepada ahlinya. Sebab dikhawatirkan bukan karena aki, namun memang karena komponen yang berhubungan dengan lampu tersebut lah yang mengalami kerusakan.

          Apabila menurut ahlinya, aki tersebutlah penyebabnya, aki tersebut mengalami kerusakan. Tidak ada salahnya bapak mencoba cara seperti diatas sebelum mengganti dengan aki yang baru.

  21. pidin berkata

    setelah di isi air aki dan bodrek di diamkannya harus satu hari ? kalo ga satu hari bisa ga?

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Agar hasilnya maksimal sebaiknya diamkan selama satu hari 🙂

  22. ferry berkata

    gan, kalau aki baru diisi Bodrex gimana? Apa akan memperpanjang umur baterai?

      1. Hady berkata

        Bos kalau tidak ada air zuur guna air mineral/aqua apakah bisa bos? Minta petunjuknya bos

  23. Ashiz berkata

    Tanx ilmunya bro,langsung tokcer

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Sama-sama 🙂
      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel website ini 🙂

  24. gerrnov berkata

    Saya mau coba dulu nanti klo berhasil aku kasih jempol yg banyak hhehhe….

  25. Abu berkata

    Gan klo tambah air surr aki yang kurang…
    bisa ga langsung taruh obat bodrex tampa harus cuci lagi hanya tambah saja air surr….

  26. Odjie berkata

    Terimakasih mas bro, ilmu nya sangat manjur, ane jd ngirit 600 rb

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

      Wahh,, selamat 🙂

      1. arif berkata

        permisi klo langsung d pakek apa bisa ya akinya

  27. adil widodo berkata

    Ilmu yang bermanfaat… saya akan mencoba, mudah mudahan berhasil
    Terima kasih telah bersedia berbagi ilmu…. Salam mas Vei…

  28. pagar brc berkata

    kebetulan aki mobil saya sedang lemah ni, boleh sy coba nanti. Thanks sudah sharing…

  29. adjie berkata

    Bos mw nanya.,
    Setelah dikuras & dibersihin sm air panas trus udh dikasih tumbukan bodrex+accu zuur & stlh didiemin 1hr kemudian di-charge slma brp jam.??

  30. m.leonita@yahoo.co.id berkata

    Gan… kalo aki dah dikasi bodrex terus diamkan satu hari..apa besokx kudu di setrum/cas ataw langsung bisa dipasang k mobil/ tokcer? Mohon bantuanx…trims ya

  31. mondhe berkata

    Siang om,
    Klw langsung di pakai ataw di cas langsung gak bisa yah?. Soalnya sudah 2 aki di coba kayak gitu gak bisa om.
    Makasih.

  32. Annas Joss berkata

    kalau udah di tambah bodrex sama air aki zuur itu nanti di setrum gk bro

  33. achmadav berkata

    nih maz,aku dah nyoba bersihin air akinya sampai 7 kali lebih,kok ada sisanya yg sulit dikeluarin,gimana mas,cara ngeluarinnya yg benar benar bersih?

  34. Ridwan berkata

    Kalo udah bisa ini langsung normal lagi akinya apa jadi sering sering mesti di setrum? Kalo sering setrum mending beli baru

  35. adhi berkata

    bro kalo aki bwt stater kuat tpi klaksonnya gak keras itu gmna

  36. arya berkata

    MAS MAU TANYA APA SETELAH SEMUA PROSES DILAKUKAN APA PERLU DI STRUM ULANG

  37. AbazHID abaz berkata

    thank’s infonya om.
    oya, mulai pertama saya beli saya selalu cek ketinggian air aki. dan tidak berkurang. tapi 2 hari lalu aki saya jadi rusak. kata tunkang aki harus ganti mengingat sel didalam aki warnanya putih. oya, saya beli aki sekitar bulan januari 2016. apa bisa di perbaiki dengan cara diatas om?apa normal ya selama 8 bulan airnya tidak berkurang?

  38. Adi berkata

    Met pagi pak ahmad vei, sy mau tanya nih.. Aki sy sempat kering airnya, dan sempat beberapa kali disetrum dengan kondisi air aki kering (maklum ga tau kalu air aki kering) waktu mobil pertama di hidupkan, mobil sukses di starter, tetapi setelah dimatikan, 5 menit kemudian dihidupka, aki ga mampu starter, setelah aki di turunkan dari mobil, baru tau deh kalu air akinya kering, setelah itu, aki saya kuras dan bersihkan dengan air PDAM (air dingin) kurang lebih 3 kali melakukan pengurasan, dalam melakukan pengurasan, kurang lebih 5% butiran-butiran seperti pasir (kaya butiran timah) ikut terkuras, setelah saya rasa bersih, selanjutnya aki tersebut saya isi air hujan dan saya diamkan sampe sekarang.. Dalam kasus begini, yg mau saya tanyakan adalah ?
    1. Apakah aki tersebut masih bisa diperbaiki ??
    2. Jika bisa diperbaiki, apakah air hujan yang terdapat dalam aki tersebut saya buang dan harus saya kuras ulang dengan air panas lagi ?.
    3. Jika selesai dikuras dan dibersihkan dengan air panas, setelah selesai melakukan tahapan perbaikan aki seperti yg bapak sampaikan di atas, apakah aki boleh didiamkan lebih dari 1 hari dan disetrum ???

    Mohon penjelasnya om.
    Terimakasih..

  39. sidik berkata

    mas ijin tanya kemarin aq beli aki incoe.12v 45 amper.aq gunakan step up 12vto 18 v untuk menyalakan laptop.hari pertama bertahan 12 jam.
    kemudian cas 1 jam bertahan 2 jam.kemudian aq cas 4 jam ,tapi cuma bertahan 10 menit kemudian laptop mati.aq cas 6 jam juga cuma bertahn 10 menit.
    pisisi di cas aki tetep dingin ,tidak mengeluarka gelembung.pengecasan make cas aki 40A saya gunakan low dan 12volt
    pertanyaanya apakah aki saya sudah rusak harus di ganti seperti cara di atas
    ato cas nya yang rusak .aki baru belum ada 1 minggu

  40. ade wahyu berkata

    Wah ilmu yang bermanfa at sangat bermapfa at buat semua org yang membutuhkan terima kasih gan imformasi nya

  41. mamad berkata

    Makasih infonya , bermanfaat banget.
    Mau tanya, mengapa toko penjual battrey mau membeli ulang battrey rusak dari kita? Apakah mereka memperbaikinya dan menjual ulang battrey tsb? Klo begitu , bisa jadi next sy bisa terjebak membeli battrey rekondisi tsb.

    1. Muamar Angga
      Muamar Angga berkata

      Ada kemungkinan battray rusak yang mereka beli akan mereka perbaiki dan dijual kembali, karena banyak juga kok orang yang ingin membeli aki bekas.

  42. Jot berkata

    Waaah,,terimakasih banyak share ilmunya Gan,,,baru aja saya servise accu soak,,tinggal nunggu sehari trus masukin zuur sma bodrek,,mudah mudahan manjur dan sukses.Amiiin.salam sukses.

    1. Muamar Angga
      Muamar Angga berkata

      Kalau sukses, jangan lupa infoin kesini yah gan. 🙂

  43. zainal ghozali berkata

    Aki zur tu pa g digunakan untuk pengisian aki baru bro

  44. Yas berkata

    Terima kasih ya, saya sdh praktek ke aki basah mobil sy yg menjelang satu tahun, pd waktu sy kuras bnyk kotoran, tp langkah2 diatas sy ikuti, setelah sy diamkan semalaman sebelum pakai, trus sy psg dimobil, sy tes, hasilnya masih lemah daya staternya, lalu sy coba strum/charge selama 2 jam, baru kuat kembali baterrynya, sekarang sdh berlalu sepekan, masih oke batterynya, tq ya bro…

  45. Rico prayoga berkata

    Itu per botol zuur satu bodrex kah?

  46. johanmaruf berkata

    Ane lg nyoba ni gan…tapi sel” yg di accu motor say sudah pda mati. Cara mengetahui bahwa swl itu hidup kembali gmna ya

  47. nino berkata

    kalau untuk accu motor, bodrexnya juga 1 bj per sel, gak kebanyakan bro…

  48. Tio berkata

    Gan, ane aki baru pas pemasangan kutub + kena body motor, jadi drop tegangannya apa perlu dicaz/di buang air zur baru lagi.
    Terimakasih

  49. bandz berkata

    Numpang nanya gan,apa aki nya bisa langsung di gunakan,atw harus di cas lagi yah??

  50. Erik berkata

    Trimakasih bngt ilmuNya pak smga bermamfaat.

  51. openritwanz berkata

    Sukron gan, ane mw coba dulu mdh2an bs ngirit 600rb hehe

  52. tony berkata

    Terimakasih tips yang sudsah di berikan,setelah saya cobak tips yang di atas aki saya yang tadinya ngedrop sekarang bisa di gunakan lagi.

  53. openritwanz berkata

    makasih gan its worked like a charm hehe .. info buat temen2 yg mau cb saya sudah berhasil dan semoga awet hehe

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.