Berita Terbaru
Home » Tips & Trik » Tips Cara Menyimpan, Merawat dan Menggunakan Webbing Sling

Tips Cara Menyimpan, Merawat dan Menggunakan Webbing Sling

Menggunakan Webbing Sling atau sling belt

Webbing Sling atau dengan sebutan lain sling belt merupakan alat pengganti wire rope sling (kawat seling) yang digunakan untuk mengangkat benda , bahan atau barang . Alat ini terbuat dari 100 % polyester berkekuatan tinggi , poliamida atau polipropilena multifilament dalam berbagai model. Kenapa harus menggunakan Webling Sling?

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan webbing sling dibandingkan menggunakan rantai atau kawat baja :

  1. Ketika hendak mengangkat barang lebih mudah dan aman dibandingkan menggunakan rantai ataupun kawat baja.
  2. Lebih flexible.
  3. Tidak akan berkarat sehingga tidak akan merusak besi.
  4. Tidak akan merusak dan tidak akan membuat kotor barang yang hendak diangkat.
  5. Sangat mudah untuk diinspeksi.
  6. Webbing Sling lebih mudah untuk dipasang serta lebih mudah digunakan dibandingkan dengan alat angkat yang lainnya. Dengan total kapasitas yang sama besar, berat Webbing Sling jauh lebih ringan dibanding rantai yaitu sekitar 20%.
  7. Menggunakan Webbing Sling tidak akan menimbulkan gesekan yang bisa menimbulkan percikan api, sehingga sangat cocok untuk penggunaa di tempat yang sangat mudah terbakar atau tempat yang mudah meledak.
  8. Pada Webbing sling terdapat permukaan yang tidak akan menimbulkan gesekan atau kerusakan pada barang hendak diangkat.
  9. Webbing Sling tidak dapat berkarat.
  10. Webbing Sling sangat mudah dibawa-bawa dan disimpan, sehingga mudah digunakan dan tidak menimbulkan bahaya terhadap operator yang menggunakannya.
  11. Webbing Sling (Technotex) mempunyai warna yang berbeda-beda dan diberikan penanda garis untuk menunjukan kapasitas Webbing Sling tersebut.

Banyaknya berbagai model tentunya harga sling belt pun berbeda-beda. Ralali.com men-jual webbing sling atau sling belt dengan harga yang sangat murah dan bersaing, dan dapatkan penawaran harga distributor terbaik dari Ralali.com. Nikmati kemudahan berbelanja aman dan murah bersama Ralali sekarang juga. > http://www.ralali.com/webbing-sling

Ada kelebihan tentunya ada kekurangannya, webbing sling pun mempunyai kekurangan, untuk kekurangannya adalah webbing sling  ini tidak tahan terhadap suhu panas yang begitu tinggi dan terhadap sudut yang tajam. Untuk mengatasi kekurangan tersebut berikut ini ada beberapa Tips Cara Menyimpan, Merawat dan Menggunakan Webbing Sling agar lebih awet.

Cara Menyimpan Webbing Sling

  1. Ketika hendak menyimpan Webbing sling haruslah disimpan pada tempat yang tidak basah atau simpan pada tempat yang kering, bersih atau tidak berdebu dan jauh terhadap sinar matahari secara langsung.
  2. Hindarkan webbing sling terhadap sumber panas serta berbagai benda tajam.
  3. Webbing sling akan rusak jika terkena cairan kimia yang memiliki sifat asam serta basa (acid dan juga alkali).
  4. Simpanlah webbing sling diruangan yang memiliki suhu dibawah 90°C.

Cara Menggunakan Webbing Sling:

  1. Ketika memakai Webbing Sling  Janganlah membebani safe working load (SWL). Safe work load sendiri bisa dilihat pada tag dibagian body webbing sling.
  2. Penggunaan Webbing Sling yang sudah dipakai lebih dari 1 tahun haruslah diinspeksi ulang oleh orang yang berpengalaman atau profesional.
  3. Jangan sampai meninggalkan beban yang tegantung di Webbing Sling.
  4. Jika diharuskan memakai lebih dari satu Webbing Sling untuk mengangkat, maka pastikanlah kapasita Webbing Sling lainnya harus sama dengan Webbing Sling lainnya.
  5. Perhatikanlah Webbing Sling yang akan digunakan dan Webbing Sling tersebut haruslah berada dalam kondisi baik dalam artian Webbing Sling  tidak ada kerusakan, dan tentunya pada Webbing Sling ada label atau tanda.
  6. Jangan lupa untuk memperhatikan bentuk serta berat beban yang akan diangkat harus disesuaikan dengan kapasitas Webbing Sling yang hendak digunakan.
  7. Perhatikanlah panjang Webbing Sling yang akan dipilih dan harus sesuai dengan aplikasi pengangkatan.
  8. Perhatikanlah tipe alat ataupun aksesoris pengangkatan yang dapat bersentuhan dengan Webbing Sling haruslah sesuai.
  9. Jagalah webbing sling akan benda-benda tajam, permukaan kasar, serta sudut tajam.
  10. Janganlah sesekali untuk menyeret webbing sling pada bagian permukaan yang kasar dan tajam.
  11. Janganlah membuat simpul pada webbing sling baik itu diperuntukan untuk mengurangi panjang webbing sling ataupun sebagai penyambung dengan webbing sling lain.
  12. Jangan mengunakan webbing sling  berdekatan dengan bahan kimia yang memiliki sifat asam dan basa.
  13. Jangan mengunakan webbing sling ketika kondisi suhu berada dibawah -40°C dan berada diatas 90°C.
  14. Jika pada Webbing Sling terkena zat kimia maka harus dilakukan pembersihan yaitu dengan menggunakan air dingin dan biarkan Webbing Sling tersebut sampai kering.
  15. Jangan sampai menarik webbing sling keluar jika webbing sling tersebut masih tersangkut pada beban.

Inspeksi Webbing Sling:

Agar pengguna Webbing Sling aman, segeralah untuk mengganti atau jangan menggunakan webbing sling yang sedang anda pakai jika pada Webbing Sling  terdapat salah satu kondisi berikut:

  1. Pada salah satu bagian Webbing Sling Terdapat lubang, terpotong ataupun terdapat sobekan.
  2. Pada Webbing Sling terdapat jahitan ataupun terdapat benang yang terlepas.
  3. Pada Webbing Sling terdapat Banyak goresan pada bagian body webbing sling.
  4. Jangan menggunakan Webbing sling yang terlihat lapuk, usang dan sudah tidak memungkinkan untuk dipakai.
  5. Terdapat kerusakan pada Webbing Sling yang diakibatkan panas, biasanya kerusakan karena panas ini ditandai dengan warna webbing sling yang berubah mengkilat.
  6. Kerusakan pada Webbing Sling akibat bahan kimia.
  7. Pada Webbing Sling Terdapat simpul.

Webbing Sling atau sling belt alat untuk mengangkat benda atau barang yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan rantai serta kawat baja. dan semoga  tips cara menyimpan, merawat dan menggunakan webbling sling ini dapat membantu bagi seluruh para pembaca Ralali News. Jika Anda sedang mencari atau ingin membeli webling sling, Anda bisa mengunjungi Ralali.com, dan dapatkan Harga webling sling yang lebih terjangkau dibandingkan toko lainnya serta nikmati pelayanan terbaik dari Ralali.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published. Wajib diisi *

*