Inilah Cara Mengisi Ulang Aki Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

0
Cara merawat aki mobil
Cara merawat aki mobil

Cara Mengisi Ulang Aki Mobil – Mengisi ulang aki mobil ataupun yang pada umumnya dianggap cas aki, yaitu upaya akan membalikan reaksi kimia dalam aki mobil. Sewaktu mengeluarkan tenaga listrik, cairan asam yang ada dalam aki mobil maka akan bekerja dengan sel-sel yang terdapat pada aki. Hasil yang dibuat pada rekasi tersebut ialah arus listrik. Sedangkan produk yang lain yaitu hadirnya endapan dalam sel-sel aki.

Kian lama endapan tersebut akan makin menumpuk, air dalam aki akan semakin surut, kadar keasaman pada aki akan beralih jadi tawar, sehingga sel-sel yang terdapat pada aki tak bersentuhan dengan air aki. Oleh sebab itu tegangan beserta arus listrik aki akan menurun. Mengisi ulang aki merupakan teknik untuk melepaskan pada endapan sel-sel aki sehingga pada endapan itu bisa larut lagi pada air aki dan bisa menambah kadar keasaman pada air aki. Jika endapan dalam sel-sel aki telah menumpuk begitu besar dalam durasi yang begitu lama, maka aki tersebut tidak bisa diisi ulang lagi sehingga aki tersebut wajib diganti.

Baca Juga : Cara Mengganti Aki Mobil

Ada sebagian opini yang menyatakan yakni sel-sel aki bisa dibersihkan endapannya melalui trik dengan memenuhi aki dengan air panas yang bertujuan untuk mencuci dan menghabiskan sel-sel aki. Akan tetapi, trik semacam ini malah bisa merusak atau memperburuk sel-sel aki.

cara mengisi ulang aki mobil

Ada cara mengisi ulang aki mobil dengan cara lain ialah melalui cara kimia yang ditunjukan untuk mengurangi atau menghilangkan endapan pada sel-sel aki, ialah dengan memasukan zat kimia khusus tiap bulan sekali. Akan tetapi, sesungguhnya aki tidak diciptakan untuk dapat diperbaharui lagi melalui cara kimia semacam ini.

Untuk memasukkan ulang aki yang kita perlukan ialah battery charger dengan daya yang sedikit lebih besar dari tegangan aki. Bagi aki yang memiliki tegangan 12 volt, maka tegangan pengisiannya yaitu 14 volt. Berdasarkan spesifikasi, pada aki bertegangan 12 volt akan terisi penuh jika tegangannya menjangkau 14, 4 volt.

Sebagian aki bisa diisi ulang hingga 15 volt tanpa merusak aki tersebut. Oleh sebab itu, sebagai target umum, aki bertegangan 14 volt merupakan tegangan pengisian aki serta jika aki telah full maka tegangannya pun menjadi serupa dengan tegangan pengisinnya yaitu 14 volt.

Baca juga: Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Rusak Parah

Sewaktu  aki akan diisi ulang, aki akan mengeluarkan gas dan uap air. Maka, sebelum aki diisi ulang, lebih baik bersihkan terlebih dahulu bagian atas pada aki dengan mempergunakan lap basah supaya kotoran tidak dapat masuk ke dalam cairan aki, lalu kendurkan tutup-tutup sel pada aki. hal ini bertujuan supaya gas akan semakin mudah untuk keluar dan supaya tidak terjadi ledakan pada aki.Sebetulnya tutup sel aki ini mempunyai ventilasi, akan tetapi ada kemungkinan ventilasi tersebut tersumbat ataupun tidak dapat mengeluarkan gas yang nampak. Tambahkan air murni apabila air aki tidak cukup dari level maksimum.

Battery charger bisa berupa adapter yang merubah aliran listrik bolak balik maupun AC melalui jaringan pada rumah menjadi arus yang searah maupun DC. Adapter tipe ini begitu beragam tersedia dipasaran. Pilihlah yang mempunyai daya 13,8 volt, yang pada umumnya dipakai oleh radio amatiran serta biasanya dianggap sebagai power supply bagi radio komunikasi.

Berdasarkan istilah sehari-hari, adapter merupakan sebuah alay untuk merubah arus bolak-balik jaringan listrik menjadikan arus searah. Sedangkan arti power supply adalah suatu adaptor yang mempunyai stabilisator tegangan. Dalam segi harga, adapter lebih murah kalau dibandingkan dengan power suplly. Sedangkan battery charger yang mempunyai daya tampung arus yang tinggi diatas 40 ampere, yang bisa dipakai untuk jumpstrat biasanya harganya lebih mahal.

Apabila tegangan aki tidak cukup dari 12 volt, maka akan memerlukan durasi pengisian sekitar 8 sampai 10 jam supaya tegangannya tersebut menjadi 14 volt. Aki seharusnya diisi ulang oleh bertegangan 12 volt terlebih dulu, kelak dapat diisi ulang lagi dengan bertegangan 14 volt. Hal ini bertujuan supaya mencegah terjadinya gas berlebih ketika pengisian aki yang kondisinya tegangannya telah amat rendah.

Ketika mengisi ulang aki, pada aki tidak mesti dilepas dari dudukannya dalam mobil anda, sehingga bisa diterapkan di bagian garasi rumah anda sendiri. Penyambungan pada kabel charger merupakan positif charger pada katup positif aki dan negatif charger pada katup negatif aki. Sambungkan kabel bagian positif terlebih dahulu. Sedangkan kabel bagaian negatif bisa disambungkan pada bodi mobil dan tidak harus disambungkan pada terminal negatif aki.

Sebab adanya keterbatasan dalam struktur alternator kendaraan, oleh sebab itu sebaiknya isi ulang harus diterapkan secara rutin tiap 1 bulan sampai 2 bulan sekali maupun ketika daya aki telah turun kurang dari 12,6 volt. Hal seperti ini tentunya akan menambah umur aki sampai pada 5 tahun. Serta cara mengisi ulang aki mobil harus dipahami terlebih dahulu.

Hal Yank Wajib Diketahui Ketika Ingin Mengisi Ulang Aki

  • Jangan merokok ketika proses isi ulang aki. Karena, gas dalam aki mudah terbakar dan mudah untuk meledak. Air yang ada pada aki tersebut mempunyai sifat asam dan sangat korosif sehingga bisa merusak pakaian dan cat. Segeralah untuk menyiram dengan air tawar.
  • Janganlah menstrater mobil sewaktu melakukan pengisian ulang aki dengan memakai adaptor ataupun power supply.  Sebab adaptor ataupun power supply tidak mempunyai kemampuan untuk menyediakan aliran listrik untuk memutar bagian dinamo starter. Adaptor ataupun power supply bisa terbakar apabila anda menstarter mobil pada saat memproses pengisian ulang pada aki. Lepaskanlah salah satu bagian kabel dari adaptor sebelum anda menstarter mobil.
  • Kekeliruan ketika menyambung kabel bisa mengakibatkan hubungan pendek pada arus listrik atau dengan kata lain korsleting yang mampu mengakibatkan adaptor seperti terbakar sedangkan bagian aki akan meledak.
  • Pemakaian sekring dengan ukuran ampere yang tepat mampu meminimalkan risiko terbakarnya adaptor. Ukuran sekring yaitu sekitar 10% dari daya tampung aki. Contoh: bagi aki dengan 40 AH anda dapat mempergunakan sekring 5 ampere.
  • Untuk melindungi adaptor dan aki, sekring hendaknya dipasang pada bagian output adaptor, tidak pada bagian input adaptor, maupun di antara aki serta adaptor. Sekring yang dipasang pada input adaptor akan memproteksi jaringan listrik kalau adaptor korslet.

Baca juga : Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Ngedrop

Itulah Cara mengisi ulang aki mobil yang perlu diketahui oleh kalian yang memiliki mobil, dan semoga artikel ini membantu.  Bagi Kalian yang sedang mencari aki mobil atau charger aki mobil, Anda bisa kunjungi Ralali.com. karena Ralali menyediakan berbagai macam jenis aki serta charger dan aksesoris lainnya yang ditawarkan dengan harga kompetitif dari para seller maupun distributor aki di Indonesia. Cek harga charger aki sekarang hanya di Ralali.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar