Cara Mengganti Aki Mobil

0

cara mengganti aki mobil

Cara Mengganti Aki Mobil, Aki merupakan persediaan listrik utama yang bekerja untuk melengkapi semua keperluan listrik pada suatu kendaraan. Jika Aki mengalami masalah hal tersebut tentunya dapat menghambat pengendara ketika sedang berkendara. Aki yang rusak akan mendatangkan beberapa masalah, contohnya pada bagian AC, tentunya AC tersebut tidak akan dingin, dikarenakan tidak ada pasokan listrik terhadap AC, berkurangnya kualitas mobil, dan bahkan dapat menjadikan mesin tidak dapat berfungsi atau menyala. Semua masalah mengenai kelistrikan tersebut tentunya hanya bisa ditangani dengan melakukan pergantian pada aki lama dengan aki baru. Tetapi anda pun bisa menggunakan charger aki, dengan menggunakan charger aki, daya istrik yang telah habis pada aki dapat diisi kembali dan pastinya dapat digunakan seperti biasanya. Produk alat cas aki ini tersedia lengkap di Ralali.com baik yang charger aki otomatis maupun charger aki manual, serta keunggulannya dapat juga digunakan untuk charger aki motor.

Baca Juga : Cara Agar Terhindar Dari Pencurian Mobil

Terkadang kita malas dan tak mau mengeluarkan banyak uang dan berkeinginan untuk menganti aki secara sendiri tanpa pergi kebengkel, dan kita sering menganggap sepele terhadap pergantian aki secara sendiri, melakukan pergantian aki secara sendiri sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan aki yang ukurannya sama terhadap ukuran aki yang lama, tetapi jika proses pergantian tersebut dilakukan dengan cara yang tidak baik dan tidak benar maka akan  mengakibatklan kerusakan terhadap komponen-komponen kelistrikan lainya.

Berikut ini adalah cara mengganti aki mobil

Siapkan aki baru yang hendak diganti, pastikan aki baru tersebut telah terisi air zuur, kebanyakan aki yang dijual-jual ketika sudah diisi air zuur, aki pun bisa langsung digunakan, tetapi ketika aki baru diisi air zuur alangkah baiknya jangan digunakan terlebih dahulu, sebaiknya diamkan terlebih dahulu sekitar 15 menit sampai 30 menit.

Baca Juga: Cara Mengisi Ulang Aki Mobil

Lepaskan aki dan pastikan sebelum melepaskan terminal aki, kontak pada kendaraan dalam keadaan OFF, jika melepaskan aki tetapi kontak pada kendaraan dalam keadaan menyala atau ON maka yang terjadi adalah akan menimbulkan percikan berupa bunga api. Ketika melakukan pelepasan aki bagian pertama yang harus dilepas adalah terminal aki bagian NEGATIF (-) dan setelah itu lepas terminal aki bagian POSITIF (+).

Tahap yang kedua yaitu jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap kabel serta klem aki. Bila pada komponen tersebut terdapat karat, maka bersihkanlah karat tersebut dengan menggunakan cairan anti karat. Karat serta bermacam kotoran lainnya yang dapat menempel pada bagian klem serta pada bagian ujung kabel akan menjadi isolator/ pencegah masuknya aliran listrik.

Baca juga: Cara Memperbaiki Aki Basah dengan Bodrex

Jika aki sudah terlepas dan komponen kabel serta klem benar-benar bersih, langkah selanjutnya adalah pemasangan aki baru dan jangan lupa ketika pemasangan aki baru, pasang terlebih dahulu terminal aki bagian POSITIF (+) dan kemudian pasang terminal aki bagian NEGATIF (-). Harap diingat bahwa pemasangan aki bagian terminal mana dahulu yang harus dipasang merupakan kebalikan dari proses pelepasan aki.

Setelah pergantian aki, pada beberapa tipe kendaraan yaitu pada bagian jam dashboard serta memory audio dan rpm akan teriset, maka dari itu kita harus mensetel ulang.

Itulah beberapa cara mengganti aki mobil, tetapi jika anda mengalami kendala dan belum mengerti akan hal tersebut, lebih baik serahkan saja proses penggantian aki tersebut kepada ahlinya yaitu pergi kebengkel.

Kalau Anda ingin membeli aki mobil, Ralali.com jual aki mobil jenis kering & basah dengan harga terjangkau. Distributor toko accu dan battery di Jakarta, Surabaya, Bandung, BSD, Bogor.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.