Cara Agar Terhindar Dari Pencurian Mobil

0

Cara Agar Terhindar Dari Pencurian Mobil, ~ Ralali News. Tindakan kejahatan bisa terjadi dimana saja, pelakunya pun beragam-ragam. Bagi kita yang mempunyai kendaraan mobil atau motor, kita bisa saja menjadi korban perampokan dimanapun kita berada. Entah itu berada di kota-kota besar ataupun di wilayah terpencil sekali pun, kawanan perampok yang hendak melakukan pencurian kendaraan pastinya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kendaraan tersebut. Maka dari itu kita pun harus mempunyai cara agar terhindar dari pencurian kendaraan, salah satunya dengan memberikan alat pengamanan pada kendaraan.

cara agar terhindar dari pencurian mobil
Illustrasi

Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga kendaraan mobil agar tidak dicuri.

  • Kondisi Mobil Sudah Aman Saat Ditinggal

Cara yang paling utama adalah dengan memastikan kondisi mobil sudah dalam keadaan aman pada saat akan ditinggalkan dalam artian semua bagian pintu dan bagian jendela pada mobil sudah tertutup dengan rapat. Jika pintu kendaraan tidak tertutup dengan rapat, kendaraan tersebut dipasangkan alarm pun pastinya tidak akan berfungsi dan hal itu tentunya kendaraan anda akan mudah dicuri.

  • Memasang Alarm

Cara yang kedua yaitu dengan memasang pengaman berupa alarm pada kendaraan, tetapi kini para perampok yang sudah berpengalaman dan mempunyai alat canggih untuk merampok, alarm pun dapat diakali terutama pada jenis alarm dengan instalasi terbuka, maka dari itu pasanglah kendaraan dengan alarm instalasi tertutup dan tidak dapat diketahui oleh para pencuri.

  • Gunakan Kunci Setir dan Kunci Pedal

Cara selanjutnya adalah dengan memakai pengaman tambahan yaitu pada bagian setir dan pedal (gas, rem, atau kopling) kendaraan. Dengan memakai pengaman tambahan pastinya para perampok pun akan memerlukan waktu lebih banyak untuk menjalankan aksi perampokannya tersebut, serta memakai pengaman tambhan pun akan membuat para perampok membatalkan aksinya dikarenakan waktu yang lama untuk merampok berarti mendatangkan risiko yang lebih tinggi. Jika Anda ingin membeli kunci stir mobil Ralali.com juga Jual Kunci Stir mobil dengan harga murah dan berkualitas baik.

  • Menggunakan Kunci Roda/Immobilizer

Pengaman tambahan selanjutnya adalah dengan memasang kunci tambahan yaitu immobilizer ban, pengaman jenis tersebut bisa mengaitkan velg dan tentunya mobil tidak akan bisa bergerak. Serupa derngan kunci setir serta kunci pedal, kunci roda pun dapat membuat para pencuri untuk membatalkan aksinya.

  • Jangan Meninggalkan Kendaraan Dalam Keadaan Mesin Menyala

Walau hanya berada didepan rumah ataupun berada di garasi pun sebaiknya jangan meninggalkan kendaraan dalam kondisi mesin masih menyala. Terkadang kita merasa tidak perduli akan hal tersebut, kita harus selalu waspada karena aksi kejahatan sangat begitu cepat. Harap untuk selalu memperhatikan kendaraan anda jika pada saat memanaskan mesin mobil dan pada saat mematikan mesin jika kendaraan hendak ditinggalkan.

Baca Juga : cara menghaluskan batu akik dengan gerinda

  • Parkir di Tempat yang Aman

Jangan lah memilih untuk memarkirkan kendaraan pada lokasi yang tidak aman. Terkadang kita hanya memilih lokasi tersebut lebih dekat, ataupun tidak perlu membayar parkir atau bisa karena praktis ketimbang tanpa memilih tempat tersebut aman atau tidaknya. Selalu parkir di lokasi yang aman, yaitu ada petugas keamanan serta fasilitas keamanan yang layak seperti terpasangnya kamera pengintai atau CCTV.

  • Tidak Meninggalkan Kartu Parkir di Dalam Kendaraan

Sekarang ini sudah banyak lokaasi parkir yang memprioritaskan keamanan yaitu dengan meminta pengemudi untuk memperlihatkan kartu/karcis parkir dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ketika pengemudi hendak keluar dari lokasi parkir. Maka dari itu, sebisa mungkin jangan lupa untuk selalu ingat pada kartu parkir atau untuk membawa kartu parkir dan jangan sampai tertinggal, jika hal itu terjadi akan memudahkan para perampok dalam melakukan aksinya.

  • Menggunakan Perangkat GPS

Menggunakan perangkat GPS adalah salah satu cara untuk mengetahui kemana para perampok membawa kabur kendaraan Anda. Walaupun hanya berguna beberapa saat sebelum para pencuri menyadari, perangkat GPS merupakan cara yang paling mudah bagi Anda guna mendapatkan kembali kendaran yang telah dicuri. Ralali.com menyediakan GPS dari berbagai brand dan jenis. Jika Anda sedang mencari GPS  untuk mobil atau ingin mendapatkan info harga gps mobil? Anda bisa langsung mengunjungi Ralali.com

  • Ganti Perangkat Pengamanan Pada Mobil Bekas

Jika menggunakan kendaraan bekas/seken, alangkah baiknya untuk mengganti semua kunci yang telah tersedia seperti kunci pedal, kunci setir, atau kunci/switch rahasia yang bertujuan untuk mengantisipasi niat busuk bagi orang yang pernah mempunyai kunci tersebut dan mungkin juga mempunyai duplikat kuncinya.

  • Perhatikan Penyedia Jasa yang Anda Gunakan

Pilihlah penyedia jasa yang sudah terpercaya untuk meminimalkan risiko terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan. Begitu halnya pada parkir valet, teruslah untuk waspada dan jangan meninggalkan STNK serta kartu parkir di dalam kendaraan kecuali dalam keadaan terpaksa.

Itulah beberapa tips atau cara agar terhindar dari pencurian mobil. Jangan lalai dalam kesibukan Anda, dikarenakan kelalaian Anda bisa menjadikan kesempatan bagi orang yang mempunyai niat jahat.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar