Tips Agar Aki Baru Menjadi Awet atau Tahan Lama

1
Tips Agar Aki Baru Menjadi Awet atau Tahan Lama
Image: www.warrantywise.co.uk

Tips Agar Aki Baru Menjadi Awet atau Tahan Lama – AKI adalah alat yang kerap dipakai di kendaraan bermotor entah itu roda dua ataupun roda empat yang bisa menyimpan energi listrik DC serta berguna untuk melakukan starter guna menyalakan mesin kendaraan. Tidak hanya dipakai untuk kendaraan bermotor saja, aki pun kerap dipakai untuk menghidupkan sejumlah peralatan elektronik. Seiring berjalannya waktu, kinerja aki tentunya akan menurun, daya listrik yang disimpan akan cepat habis yang ditandai dengan tegangan listrik yang cepat menurun sehingga kendaraan tidak bisa distarter.

Bagaimana supaya aki baru menjadi awet atau tahan lama ?

Masa pemakaian aki bervariasi, ada yang beberapa bulan sampai ada yang mencapai 5 tahun. Pada umumnya aki bisa bertahan 1 sampai 2 tahun, malahan apabila kurang dilakukan perawatan aki hanya bisa bertahan selama beberapa bulan saja. Dengan perawatan serta pemakaian yang benar, diharapkan aki bisa bertahan 2 sampai 5 tahun lebih.

Cara Perawatan Aki Baru Agar Awet ataupun Tahan Lama:

  • Sebaiknya pakai aki basah, sebab kebanyakan aki basah lebih awet jika dibandingkan dengan aki kering.
  • Isilah aki basah yang baru dibeli dengan air aki (Zuur), air Zuur merupakan air khusus untuk aki yang biasa digunakan untuk mengisi ulang air aki. Sesudah diisi dengan air Zuur, diamkanlah terlebih dahulu supaya air aki meresap ke dalam sel aki, diamkan selama 1 malam. Sebelum dipakai, charge aki terlebih dahulu.
  • Untuk aki kering pun mesti dicharge terlebih dahulu, akan tetapi tidak untuk aki kering tidak perlu diisi ulang air akinya.
  • Lakukanlah pemeriksaan ketinggian air aki, pastikan berada di antara garis Low serta Upper, jangan sampai melewati garis Upper, sebab air akinya akan meluap keluar sewaktu mesin dihidupkan. Jangan sampai air aki kering sebab sel-sel dalam aki akan mudah rusak sehingga tidak bisa menyimpan energi listrik lebih lama. Isilah aki dengan air murni ataupun air suling (aquadest).
  • Untuk motor, apabila tidak bisa dihidupkan selama lebih 8 jam, lebih baik dilakukan Kick Starter saja (memakai engkol) sebab tegangan akinya telah menurun.
  • Usahakanlah tegangan berada pada angka 12,6 lebih, apabila tegangan aki berada di bawah angka 12,6 maka lakukanlah charge, supaya aki lebih awet.
  • Apabila aki mulai bermasalah, cobalah periksa apakah sudah perlu untuk dilakukan pengurasan endapan yang ada di dalam aki, supaya aki menjadi lebih kuat. Akan tetapi jangan sering melakukan pengurasan sebab aki akan cepat rusak.
  • Apabila aki kering mulai menurun, lakukanlah pengisian air aki menggunakan air aki yang tutup botolnya berwarna biru serta lakukanlah charge kembali.

Demikianlah cara perawatan aki baru supaya menjadi awet atau tahan lama.

Total: 400

http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/04/tips-agar-aki-baru-menjadi-awet-tahan-lama.html

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. pagar brc berkata

    thanks sangat berguna…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar