Lenovo Akuisisi Blackberry Kuartal AKhir 2014

0

Rencana Lenovo akusisi Blackberry sepertinya punya potensi besar, namun begitu ini baru rumor terkini yang bergulir. Pertumbuhan industri mobile di tengah-tengah lesunya pasar PC membuat Lenovo, produsen PC terbesar kedua di dunia, mempertimbangkan pilihan alternatif untuk mengembangkan lini produknya.

Opsi tersebut adalah membeli perusahaan asal Kanada Research in Motion (RIM), produsen smartphone BlackBerry yang pada 30 Januari nanti akan meluncurkan platform BlackBerry 10.

Lenovo Akuisisi Blackberry Kuartal AKhir 2014
Ilustrasi-Lenovo-Blackbery

“Kami mempertimbangkan semua peluang -RIM dan banyak lagi,” ujar Chief Financial Officer Lenovo Wong Wai Ming, dalam World Economic Forum di Davos, Swiss, seperti dikutip AllThingsD dari Bloomberg terhadap rencana Lenovo akusisi Blackberry.

“Kami tak akan ragu apabila muncul peluang yang menguntungkan perusahaan dan para pemegang saham.” ungkapnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Wong mengatakan bahwa Lenovo telah terlibat pembicaraan dengan pihak RIM berikut kalangan perbankan terkait kemungkinan-kemungkinan strategis yang ada. Tetapi dia tak mau menyebutkan apakah rencana Lenovo akuisisi Blackberry akan muncul penawaran.

Lenovo sendiri telah terjun ke pasar smartphone sejak tahun 2010 lewat produk bernama LePhone. Perusahaan ini sekarang memiliki sejumlah produk smartphone dan tablet. Merk ini juga berencana untuk menyiapkan ponsel eksklusif untuk industri ecommerce.

Selain rencana Lenovo akuisisi Blackberry, beberapa pihak yang sempat dikabarkan juga tertarik untuk membeli RIM atau bagian dari perusahaan ini antara lain Samsung dan IBM.

Tentang Lenovo

Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia.

Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan produksi secara kontrak.

Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia.

Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut. Di tahun 2014, Lenovo akuisisi Blackberry, meski masih agak samar namun kabar yang edar semakin santer jika proses akuisisi tersebut akan dilakukan di akhir kuartal 2014.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar