Cara Mudah Memperbaiki Freezer Box Tidak Dingin

0

memperbaiki freezer box

Dewasa ini, freezer sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. freezer sendiri memiliki fungsi yaitu untuk membekukan segala jenis bahan makanan, agar bisa tetap awet. Biasanya, freezer ini satu paket dengan kulkas. Namun, dengan perkembangan zaman, kini sudah ada freezer dalam bentuk box. Yang mana freezer ini semakin mudah untuk dipindah-pindah. Namun, ketika freezer box ini tidak lagi dingin, apa yang harus dilakukan? Untuk mengetahui caranya, simak ulasannya berikut ini:

Memperbaiki Freezer Tidak Dingin

Ketik fungsi freezer yang sesungguhnya untuk membekukan makanan yang ada di dalamnya. Namun, jika fungsi freezer tersebut sudah tidak normal alias sudah tidak dingin, lalu apa gunanya menyimpan makanan  di dalamnya? sebenarnya banyak sekali yang menyebabkan freezer tidak dingin. Mulai dari karetnya yang rusak atau lubang udaranya tertutup es batu sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, untuk memperbaiki freezer box tidak dingin, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut:

  • Ketika Anda merasa freezer sudah tidak dingin lagi, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa karet pintunya apakah masih dalam keadaan utuh atau tidak. Jika memang karetnya sobek, pastinya ketika pintu ditutup permukaan antara pintu dan bagian depan kulkasnya tidak rapat sehingga freezer tidak lagi dingin.

    Jika memang yang menyebabkan freezer tidak dingin karena sobek, maka bisa diganti dengan karet yang baru. Namun, jika karet tersebut hanya lepas, maka Anda bisa memasukkan karetnya kembali ke celah yang seharusnya.

  • Biasanya, freezer yang tidak dingin hanya sebagian. Untuk memastikannya, periksa pada bagian yang tidak dingin dengan cara menekan switch pintu. Agar lebih pastinya lagi, sambil merasakan dengan tangan apakah terasa ada hembusan angin atau tidak. Jika tidak dingin, bisa saja disebabkan karena air yang membeku atau kotoran yang menutupi saluran atau lorong udara.

  • Selain itu, Anda juga perlu memeriksa bagian dalam freezer terutama pada bagian bawah. pastikan apakah bagian tersebut dalam kondisi kering atau basah. Jika memang dalam kondidi basah dan air membasahi bagian bawah freezer hingga banjir, berarti ini pertanda bahwa saluran airnya tertutup kotoran atau yang lainnya.

  • Setelah mengetahui apa penyebabnya, cabut steker dari stop kontak. Hal ini dilakukan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Setelah itu, cara mudah memperbaiki freezer box tidak dingin dimulai dengan membuka cover penutup Evaporator nya dan bersihkan es yang menempel pada evaporator dengan air yang mengalir.

    Biarkan air mengalir menyapu bersih seluruh bunga es atau kotoran lainnya. dalam hal ini, Anda juga perlu memperhatikan apakah air tersebut keluar dari lubang yang sewajarnya, jika tidak maka lubang tersebut sedang tersumbat.

  • Jika es sudah habis tersiram, Anda juga perlu menyiram dari lubang-lubang saluran yang lainnya yang berada dibagian paling bawah penutup Evaporator pada Freezer. Sedangkan pada bagian refrigerator, siram didekat pintu bagian atas dan pada lubang dampernya.

Bersihkan Freezer dengan Cara Berikut Ini

Kebersihan freezer juga menentukan fungsinya bisa normal. Karena, jika saja freezer dalam keadaan kotor, bisa saj lubang anginnya tertutup sehingga freezer tidak lagi dingin. Untuk menghindari hal tersebut, sering-seringlah membersihkan freezer sebagaimana berikut ini:

  • Untuk membersihkan freezer, pertama yang harus dilakukan yaitu mengeluarkan seluruh makanan yang ada di Jika freezer sudah kosong, masukkan air panas di dalam panic. Setelah itu, tutup freezer dan diamkan beberapa saat.

    Hal ini perlu dilakukan agar es yang menempel pada freezer bisa cepat mencair. Setelah semua es meleleh, buang airnya dengan menggunakan  spons berulang kali.

  • Jika sudah kering, siapkan air sabun dengan air hangat dan spons untuk membersihkan semua bagian freezer. Pastikan semua bagian freezer benar-benar bersih.

  • Setelah mesin pendingin telah bersih dari bahan makanan, siapkan campuran baking soda dengan air untuk membersihkan sisa-sisa sabun pada mesin pendingin. Setelah selesai di lap, sekitaran 15 menit.

  • Agar tidak ada lagi sisa cairan baking soda yang tersisa di dalam freezer, bersihkan semua bagian mesin Freezer. Untuk mengeringkan bagian dalam dan luar freezer yang sudah dicuci, gunakan handuk atau tisu. Jangan sampai ketinggalan untuk mencuci rak freezer dan mengeringkannya dengan handuk atau tisu.

  • Setelah freezer sudah tidak lagi tersisa baking soda atau cairan lainnya. colok kembali kabel daya freezer ke dalam stop kontak agar bisa berfungsi kembali. Namun, perlu waktu sekitar 24 jam agar suhu stabil seperti biasanya. Jika sudah stabil, pasang kembali keranjang dan masukan kembali semua makanan pada freezer.

Demikian ulasan mengenai cara mudah memperbaiki freezer box tidak dingin. Sebenarnya banyak sekali yang menyebabkan freezer tidak dingin, salah satunya karena lubang udara tersumbat kotoran. Maka dari itu, jaga selalu kebersihan pada freezer. Semoga bermanfaat.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.