promo hari ini

6 Manfaat Mengkonsumsi Sushi dan Kecap Asin yang Tepat Untuk Sushi

0
manfaat mengkonsumsi sushi
Source : sasahibachi.com

Sushi adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari negara Jepang. Meskipun dari negara Jepang, sushi ini sangat terkenal juga di Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi dan ikan mentah maupun telur ikan segar yang ditambahkan nori untuk membungkusnya. Nori ini berbentuk lembaran berwarna hijau tua yang berasal dari rumput laut.

Namun sekarang ini sushi memiliki beragam variasi, tidak hanya berisi nasi dan ikan mentah saja. Ada sushi yang berisi buah, sayuran maupun yang lainnya. Rasa sushi sangat lezat dengan bentuknya yang sederhana. Selain lezat juga menyehatkan lho. Apa sajakah manfaat mengkonsumsi sushi untuk kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya.

Manfaat Mengkonsumsi Sushi untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai bahan untuk membuat sushi mempunyai banyak kandungan gizi yang menyehatkan. Berikut ini merupakan manfaat yang akan Anda peroleh jika mengkonsumsi sushi untuk kesehatan tubuh.

  • Mencegah Hipertensi

    Dalam pembuatan nasi pada sushi biasanya menggunakan cuka beras untuk memberikan sedikit rasa asam pada nasinya. Manfaat cuka beras untuk kesehatan yaitu sebagai anti bakteri dan untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan

    Makanan pendamping sushi yang biasanya disebut dengan gari mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit yang biasanya menyerap sistem imun seperti batuk dan flu. Gari merupakan makanan pendamping sushi yang berupa acar dengan bahan dasar jahe.

  • Meningkatkan Metabolisme

    Nori sebagai pembungkus sushi mempunyai manfaat yaitu bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Nori merupakan pembungkus sushi dengan bahan dasar rumput laut yang memiliki bentuk seperti kertas tipis. Selain itu bisa meningkatkan metabolisme tubuh, nori juga mempunyai kandungan vitamin, mineral dan iodine yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Melancarkan Pencernaan

    Soyu atau kecap asin sebagai saus untuk teman makan sushi mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan lambung dari adanya bakteri jahat dan juga melancarkan pencernaan. Hal ini karena soyu mempunyai kandungan zat besi serta protein yang cukup tinggi.

  • Mengandung Zat Antibakteri

    Selain kecap asin, biasanya wasabi juga digunakan sebagai makanan pendamping sushi. Wasabi mempunyai rasa yang pedas dan tentunya akan menambah cita rasa sushi. Wasabi bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Selain itu wasabi juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Untuk menambah nikmat rasa ikan mentah pada sushi, biasanya ditambahkan kecap asin. Selain menambah nikmat, ternyata kecap asin memiliki manfaat juga. Apa sajakah manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Kecap Asin pada Sushi

kecap asin untuk sushi
source : http://anweshanam.com

Kecap asin untuk sushi selain bermanfaat untuk menambah rasa yang menjadi semakin nikmat juga mampu membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh. Anda bisa mencelupkan bagian atas sushi yaitu bagian ikan pada kecap asin. Jangan mencelupkan pada bagian nasi karena malah akan merusak rasa asli yang dimiliki oleh sushi. Jangan juga mencelupkan terlalu dalam sushi ke dalam kecap asin karena kandungan natrium pada kecap asin jika terlalu banyak kadarnya akan sangat berbahaya untuk tekanan darah.

Biasanya selain kecap asin, yang digunakan untuk menambah nikmat sushi adalah wasabi. Beberapa orang biasanya mencampurkan wasabi kedalam kecap asin. Bahkan mereka berani mencampurkan wasabi dalam jumlah yang cukup banyak. Namun sebenarnya, cara yang paling benar yaitu dengan mengoles sedikit saja wasabi pada sushi. Wasabi ini bermanfaat untuk membantu membunuh bakteri, terutama pada saat Anda memakan sushi ikan mentah atau sashimi.

Merk Kecap Asin Untuk Sushi

Mencipatakan sushi yang nikmat harus dilengkapi dengan kecap asin yang pas. Ternyata tidak semua kecap asin itu memiliki rasa yang pas untuk digunakan sushi. Nah, apa sajakah merk kecap asin untuk sushi yang enak?, simak ulasan berikut ini!

  • Kecap Asin Kikkoman

    Kecap ain ini memiliki rasa khas yaitu gurih sehingga akan menambah kelezatan pada sushi. Di Jepang kecap asin jenis ini tak hanya dijadikan sebagai campuran pada sushi namun juga dijadikan untuk bumbu beberapa jenis masakan. Kecap Asin Kikkoman ini juga halal jadi bisa di konsumsi bagi kalian yang beragam islam.

  • Kecap Asin Jamur

    Bisa di katakan kualitas kecap asin ini berada di bawah Kikkoman jadi rasanya di bawah standart KiKkoman. Meskipun demikian, kecap asin ini tetap mampu menciptakan rasa sushi yang enak saat di santap. Tetap memilih rasa gurih yang menambahkan rasa nikmat pada sushi.

  • Kecap Asin Cap Anggur

    Ini merupakan kecap asin lokal yang bisa dijadikan pilihan. Produsen asli Indonesia tetapi memiliki rasa yang gurih dan tidak jauh dengan kecap asin produk luar negeri. Jika kesulitan mendapatkan kecap asin produk luar negeri saat membuat sushi Anda bisa mencoba menggunakan kecap asin cap Anggur ini.

Diatas merupakan uraian mengenai manfaat mengkonsumsi sushi untuk kesehatan tubuh dan kecap asin yang tepat dalam mengkonsumsinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.