Ini Rahasia Tentang Resep Mie Ayam Agar Menjadi Lebih Gurih dan Nikmat

0
resep mie ayam nikmat
source : qraved.com

Setiap penjual pasti mempunyai resep mie ayam andalannya masing-masing. Namun, tetap saja ada sejumlah resep bumbu mie ayam penting, yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat mie ayam. Hal ini bertujuan supaya mie ayam tetap gurih dan lezat. Saat membuat mie ayam, pedagang sebetulnya paham, apa saja bumbu mie ayam yang pas, bahkan jenis mie untuk mie ayam yang tepat untuk diolah dan direbus. Oleh karena itu, terdapat berbagai pedagang dengan resep mie ayam mereka masing-masing.

Seperti namanya, mie ayam sebetulnya ditambahkan ayam yang sudah dipotong-potong sebagai toppingnya. Ada pedagang yang menggunakan ayam dengan bumbu atau tanpa bumbu. Maka dari itu, terdapat macam-macam resep bumbu mie ayam yang digunakan oleh pedagang mie ayam. Ada juga pedagang yang memasak ayamnya saja dengan bumbu kecap dan bawang sehingga warna mie ayam menjadi kecoklatan dengan rasa yang sedikit manis.

Terlepas dari jenis daging ayam seperti apa yang digunakan, mie ayam selalu menjadi makanan favorit orang-orang Indonesia. Bisa dibilang, mie ayam ini tidak jauh beda dengan bakso. Tak hanya ayam, ada sejumlah bumbu lain yang diperlukan untuk membuat mie ayam lebih gurih. Salah satunya adalah kecap asin untuk mie ayam yang khusus serta beberapa bahan pendukung lainnya.

Rahasia Resep Mie Ayam yang Nikmat untuk Anda Nikmati!

1. Resep Mie Ayam dengan Lemak Ayam

Salah satu bahan yang diperlukan untuk membuat mie ayam yang lebih gurih dan lezat adalah lemak ayam. Hampir setiap pedagang mie ayam menggunakan lemak ayam untuk membuat mie ayam lebih gurih dan lezat. Dengan menggunakan lemak ayam pun, rasa ayam pada mie lebih terasa dan tentunya membuat rasa mie lebih lezat dan nikmat. Lemak ayam ini biasanya akan dipotong-potong kemudian dilelehkan untuk menjadi minyak ayam. Lemak inilah yang kemudian dicampurkan dengan minyak sayur sebagai campuran yang nantinya akan diaduk dengan mie sebelum diberikan topping.

Untuk menghasilkan yang sesuai dengan harapan, biasanya penjual akan melelehkan lemak ayam dalam jumlah banyak. Setelah itu, barulah menaruhnya dalam botol. Hal ini bertujuan supaya lemak ayam tersebut lebih mudah digunakan dan mudah diracik dengan bumbu mie ayam lainnya. Dari sanalah, terdapat berbagai macam cara mengenai resep membuat mie ayam, yang salah satunya menggunakan lemak ayam ini.

2. Resep Mie Ayam Menggunakan Kecap Asin

Kecap asin untuk mie ayam memang sangat beragam. Hal ini tergantung dari pedagangnya. Namun, biasanya para pedagang menggunakan kecap asin dengan kemasan botol. Akan tetapi, setiap pedagang mie ayam pasti memiliki kecap asin andalannya sendiri karena setiap pedagang memiliki standar resep bumbu mie ayam yang berbeda-beda.

Salah satu kecap asin yang banyak digunakan oleh pedagang mie ayam di restoran ataupun di pinggir jalan adalah kecap asin Cap Angsa, tapi ada juga yang menggunakan dari merek lainnya. Ada baiknya Anda uji coba menggunakan beberapa merek kecap asin, agar Anda bisa mengetahui kecap asin mana yang cocok untuk mie ayam buatan Anda. Kecap asin untuk mie ayam biasanya diberi sedikit merica terlebih dahulu sebelum akhirnya dijadikan sebagai salah satu bumbu mie ayam.

Biasanya, kecap asin ini akan dicampurkan setelah mencelupkan mie ke dalam air mendidih dan dalam keadaan panas. Mie tersebut kemudian diaduk dengan campuran minyak ayam dan kecap. Setelah itu, baru diberi topping dan pelengkap yang lainnya.

3. Bawang sebagai Resep Mie Ayam yang Sederhana, tapi Penting

Bawang putih adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan mie ayam, selain dari kecap asin untuk mie ayam tentunya. Bawang putih ini biasanya digunakan untuk membumbui topping mie ayam ataupun kaldu ayam yang biasanya disajikan bersama mie. Ada sejumlah penjual mie ayam yang menaburi mie dengan bawang putih cincang goreng. Dengan adanya macam resep bumbu mie ayam seperti bawang putih ini, rasa mie ini akan terasa lebih unik dibanding mie ayam lainnya. Anda pun dapat menambahkan kecap asin yang tadi kita bahas untuk mie ayam guna menambah citarasa mie ayam tersebut.

Untuk mereka yang tidak terlalu suka dengan bawang putih, mungkin akan terasa aneh bila mendapati mie ayam ditambahkan campuran bawang putih cincang goreng. Tapi bila Anda pada dasarnya menyukai bawang putih, atau memang tidak masalah dengan bau bawang putih, pasti campuran tersebut akan memberikan cita rasa bumbu mie ayam tersendiri yang cocok untuk lidah Anda.

4. Resep Mie Ayam Harus Memperhatikan Kualitas Mie

Ada sejumlah penjual mie ayam yang membuat mie segarnya sendiri. Makanya, sangat penting untuk memperhatikan kualitas mie-nya. Baik untuk pedagang yang membuat mie ayam sendiri, ataupun mereka yang beli di tempat langganan mereka. Bagi mereka yang membuat sendiri, mereka biasanya telah punya beberapa jenis mie dan banyak cabang. Namun, ada juga penjual yang biasanya membeli langsung mie di produsen langganan mereka. Nah, untuk mereka yang membeli, perlu diperhatikan ciri khas mie apa yang akan mereka jual, dengan harus tetap memperhatikan kualitasnya.

Kesimpulan!

Di balik itu semua, setiap pedagang dapat membuat resep mie ayam mereka sendiri, tetapi harus diakui rasa mie ayam yang dibuat langsung oleh penjual akan lebih unik dibandingkan mereka yang membelinya ke produsen mie. Itu pula tidak terlalu jadi masalah bila pedagang lebih memilih untuk membeli mie ayam dari produsen mereka, asalkan semua bahan yang digunakan untuk meracik mie ayam tetap punya kualitas, salah satunya dalam pemilihan kecap asin untuk mie ayam. Hal itu akan cukup memengaruhi karena rasa yang terlalu asin akan membuat konsumen menjadi tidak nyaman saat memakannya. Itulah yang akhirnya membuat resep bumbu mie ayam yang tepat, dengan memperhatikan kombinasi semua bahan ini.

Nah, dari sini, sekarang Anda paham kan beberapa hal yang harus diperhatikan agar resep bumbu mie ayam Anda lebih gurih dan lezat. Semoga artikel ini membuat mie ayam buatan Anda lebih nikmat dibanding mie ayam yang di jual di luar sana. Semoga bermanfaat.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.