Rahasia yang membuat Resep Mie Ayam Lebih Gurih dan Nikmat

0
resep mie ayam nikmat
source : qraved.com

Setiap penjual mie ayam pasti punya resep andalannya masing-masing. Namun tetap saja ada sejumlah bahan penting yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat mie ayam. Hal ini bertujuan supaya mie ayam tetap gurih dan lezat.

Seperti namanya, mie ayam ditambahkan ayam yang sudah dipotong-potong sebagai toppingnya. Ada pedagang yang menggunakan ayam dengan bumbu atau tampa bumbu. Ada juga pedagang yang memasak ayamnya dengan bumbu kecap dan bawang sehingga warna mie ayam menjadi kecokelatan dengan rasa yang sedikit manis.

Terlepas dari jenis daging ayam seperti apa yang digunakan, mie ayam selalu menjadi makanan favorit orang-orang Indonesia. Bisa dibilang, mie ayam ini tidak jauh beda dengan bakso.

Tak hanya ayam, ada sejumlah bumbu lain yang diperlukan untuk membuat mie ayam lebih gurih. Salah satunya adalah kecap asin untuk mie ayam yang khusus serta beberapa bahan pendukung lainnya.

Rahasia Resep Mie Ayam Nikmat

  • Lemak Ayam

    Salah satu bahan yang diperlukan untuk membuat mie ayam lebih gurih dan lezat adalah lemak ayam. Hampir setiap pedagang mie ayam menggunakan lemak ayam untuk membuat rasa mie lebih gurih dan lezat. Dengan menggunakan lemak ayam pun, rasa ayam pada mie lebih terasa dan tentunya membuat rasa mie lebih lezat dan nikmat. Lemak ayam ini biasanya akan dipotong-potong kemudian dilelehkan untuk menjadi minyak ayam. Lemak inilah yang kemudian dicampurkan dengan minyak sayur sebagai campuran yang nantinya akan diaduk dengan mie sebelum diberikan topping.

    Untuk menghasilkan rasa mie yang sesuai dengan harapan, biasanya penjual akan melelehkan lemak ayam dalam jumlah banyak. Setelah itu, barulah menaruhnya dalam botol. Hal ini bertujuan supaya lemak ayam tersebut lebih mudah digunakan dan mudah diracik dengan bahan lainnya.

  • Kecap Asin

    Kecap asin untuk mie ayam memang sangat beragam. Hal ini tergantung dari pedagangnya. Namun biasanya para pedagang menggunakan kecap asin dengan kemasan botol. Akan tetapi setiap pedagang mie ayam pasti memiliki kecap asin andalannya sendiri karena setiap pedagang memiliki standar rasa mie ayam yang berbeda-beda.

    Salah satu kecap asin yang banyak digunakan oleh pedagang mie ayam di restoran ataupun di pinggir jalan adalah kecap asin Cap Angsa, tapi ada juga yang menggunakan dari merek lainnya. Ada baiknya Anda uji coba menggunakan beberapa merek kecap asin,  agar Anda bisa mengetahui kecap asin mana yang cocok untuk mie ayam buatan Anda. Kecap asin untuk mie ayam biasanya diberi sedikit merica terlebih dahulu sebelum akhirnya dijadikan sebagai salah satu bumbu mie ayam.

    Biasanya kecap asin ini akan dicampurkan setelah mencelupkan mie ke dalam air mendidih dan dalam keadaan panas. Mie tersebut kemudian diaduk dengan campuran minyak ayam dan kecap. Setelah itu, baru diberi topping dan pelengkap yang lainnya.

  • Bawang

    Bawang putih adalah bahan utama dalam pembuatan mie ayam, selain kecap asin untuk mie ayam tentunya. Bawang putih ini biasanya digunakan untuk membumbui topping mie ayam ataupun kaldu ayam yang biasanya disajikan bersama mie. Ada sejumlah penjual mie ayam yang menaburi mie dengan bawang putih cincang goreng. Dengan adanya taburan tersebut. rasa mie ayam akan terasa lebih unik dibanding mie ayam lainnya. Anda pun dapat menambahkan kecap asin untuk mie ayam guna menambah citarasa mie ayam tersebut.

    Untuk mereka yang tidak terlalu suka dengan bawang putih, mungkin akan merasa aneh bila mendapati mie ayam ditambahkan campuran bawang putih cincang goreng. Tapi bila Anda pada dasarnya menyukai bawang putih, atau memang tidak masalah dengan bau bawang putih, pasti campuran tersebut akan memberikan citarasa tersendiri untuk lidah Anda.

  • Mie

    Ada sejumlah penjual mie ayam yang membuat mie segarnya sendiri. Sangat penting untuk memperhatikan kualitas mie-nya. Ini biasanya dilakukan untuk penjual yang punya beberapa jenis mie dan banyak cabang. Namun ada juga penjual yang biasanya membeli langsung mie yang akan digunakan untuk jualan mereka di produsen khusus pembuat mie untuk mie ayam.

    Namun bila pedagang tersebut membuat mie ayamnya sendiri, maka rasa unik mie ayam dari penjual tersebut akan lebih terasa dibandingkan mereka membelinya ke produsen mie. Namun tidak masalah juga jika memutuskan untuk membeli mie ayam dari produsen pembuat mie ayam, asalkan semua bahan yang digunakan untuk meracik mie ayam berkualitas terutama dalam pemilihan kecap asin untuk mie ayam. Sebab, rasa yang terlalu asin akan membuat konsumen menjadi tidak nyaman saat memakannya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar resep mie ayam Anda lebih gurih dan lezat. Semoga artikel ini membuat mie ayam buatan Anda lebih nikmat dibanding mie ayam yang di jual di luar sana. Semoga bermanfaat.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar