Memperhatikan Keselamatan Kerja Di Bengkel

0

Memperhatikan Keselamatan Kerja Di Bengkel
Image: pilihanterbaru.info

Memperhatikan Keselamatan Kerja Di Bengkel – Untuk memperoleh keselamatan kerja di bengkel otomotif, terdapat 5 faktor utama yang mesti diperhatikan, yaitu lingkungan kerja yang kondusif, adanya alat keselamatan kerja, adanya pakaian kerja yang sesuai, adanya pengawas supaya bisa memantau semua pekerja, dan faktor yang tidak kalah penting yaitu bagaimana pelayanan terhadap kendaraan pelanggan.

Keselamatan Kerja Dalam Bengkel Otomotif

Tercapainya keselamatan kerja di dalam bengkel otomatis bergantung pada lingkungan kerjanya, apakah lingkungan kerja tersebut kondusif atau malah sebaliknya. Di bengkel otomotif banyak sekali kondisi yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja, jika tak ditangani secara profesional. Terlebih untuk alat ataupun bahan minyak yang mempunyai spesifikasi berbeda membutuhkan penangan secara khusus pula. Kesinambungan antara sejumlah hal yang terdapat di area kerja bengkel itulah yang amat menentukan keselamatan dalam bekerja.

 Baca: Menerapkan Keselamatan Kerja di Bengkel Otomotif

Sejumlah kondisi area kerja bengkel yang membutuhkan penanganan khusus semisal mengenai tingginya suhu udara, di mana jika tak ditangani dengan  baik maka akan mengakibatkan pekerja mengalami dehidrasi, demikian juga dengan maslah mengenai kelembaban udara, getaran yang disebabkan peralatan, suara bising, buangan pelumas serta bahan bakar, pencahayaan serta sisa dari suku cadang. Semua tersebut jika tak di perlakukan secara optimal maka akan menyebabkan kecelakaan kerja.

Dengan memperhatikan area kerja yang rawan pada, di dalam sebuah bengkel otomotif sangat perlu adanya alat keselamatan kerja semisal Alat pemadam kebakaran atau alat pemadam api ringan (APAR), serbuk gergaji, pasir, kain majun, serta perlengkapan P3K. Di dalam bengkel mesti wajib tersedia tabung pemadam kebakaran atau alat pemadam api ringan (APAR) sebab ketika memperbaiki kendaraan sangat mudah menimbulkan percikan api entah itu alat bubut ataupun karena korsleting listrik kendaraan yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, terlebih jika ceceran bahan bakar tak ditangani dengan baik dan benar.

Hal yang tak kalah penting ialah pakaian khusus bekerja di bengkel atau Waterpack untuk melanin serta pembantunya. Pakaian ini akan menjaga mekanik serta pembantunya dari berbagai kotoran serta zat kimia yang dapat melukai kulit. Tidak hanya memakai pakaian khusus saja, seseorang yang bekerja di bengkel pun mesti memakai sepatu anti licin atau Sepatu Safety serta sarung taman Safety, hal ini bertujuan untuk menghindari agar tidak terjatuh karena permukaan licin bekas tekenan pelimas atau cairan licin lainnya.

Tidak hanya memperhatikan perlengkapan serta lingkungannya saja, bekerja sesuai prosedur, rapi cermat adalah syarat lainnya yang mesti dilakukan oleh seseorang yang bekerja di bengkel supaya keselamatan kerja yang optimal bisa tercapai.

Itulah sejumlah hal penting yang mesti diperhatikan supaya keselamatan kerja di bengkel bisa tercapai dan jangan lupa pula untuk selalu memakai alat pelindung diri (APD) atau alat safety yang sesuai standar.

Untuk melihat berbagai Alat safety dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual Alat Safety dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar