Mengetahui Fungsi dan Manfaat Simbol K3

0
Mengetahui Fungsi dan Manfaat Simbol K3
Image: http://www.realita.co

Mengetahui Fungsi dan Manfaat Simbol K3 – Peraturan simbol-simbol Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) beserta dengan fungsinya diatur oleh UU Keselamatan Kerja No.1 tahun 1970 yang intinya menjelaskan bahwa memasang gambar atau simbol keselamatan kerja di area kerja ialah suatu kewajiban yang mesti ada di setiap perusahaan.

Keselamatan serta kesehatan kerja sendiri merupakan perlindungan saat terjadi kecelakaan kerja, sehingga perlu ada gambar yang sebaiknya ditaruh di area yang mudah terlihat jelas serta terbaca oleh semua pekerja dan semua orang yang berada di area bahaya ‘danger’ kerja menurut petunjuk dari ahli keselamatan kerja ataupun dari pegawai pengawas yang memahami akan dasar dasar serta peraturan tentang K3.

Tujuan dan Manfaat Simbol K3

Penerapan K3 bertujuan untuk melindungi kesehatan serta keselamatan setiap pekerja yang bekerja. setiap orang yang berada di lingkungan kerja tersebut. Diharapkan dengan memasang simbol K3 tersebut jumlah kecelakaan di area kerja bisa berkurang. Siapa pun yang melanggar peraturan mengenai pemasangan Simbol K3 akan diberikan sanksi menutur peraturan yang berlaku sekalipun itu pemilik perusahaan.

Lambang K3 digambarkan dengan bendera dengan warna dasar putih serta terdapat lambang logo palang dengan roda bergerigi sebelas berwarna hijau melingkarinya. Lambang tersebut menunjukkan keselamatan serta kesehatan jasmani yang diupayakan dengan cara bebas terhadap kecelakaan. Untuk roda bergerigi sebelas menggambarkan jumlah bab yang ada dalam undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja.

Manfaat simbol K3 ialah memberikan informasi tentang potensi bahaya yang bisa terjadi serta perlu diwaspadai oleh semuanya, memberi informasi penyimpanan alat darurat, mengingatkan saya selalu waspada serta mengingatkan semua orang yang berada di area kerja untuk memakai alat pelindung diri (APD) semisal pakan kerja, Sepatu Safety, Sarung Tangan Safety, Helm Safety dan yang lainnya.

Umumnya simbol K3 dipakai sebagai peringatan layaknya seperti rambu lalu lintas. Diharapkan dengan adanya simbol K3 ini setiap pekerja serta semua orang yang berada di area kerja supaya tertarik serta memperhatikan peringatan tersebut, sehingga mereka selalu dalam kondisi waspada. Dengan sikap waspada maka diharapkan bisa mengurangi terjadinya kecelakaan di area kerja yang tentunya tidak diinginkan.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar