Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja

0
Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja
Image: lawyer-ok.biz

Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja – Kecelakaan merupakan suatu peristiwa yang tak diharapkan oleh seluruh pihak, sebab kecelakaan mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Akan tetapi banyak orang yang hanya melihat sesuatu untuk disalahkan daripada mencari penyebab kecelakaan tersebut bisa terjadi. Di dalam dunia kerja kecelakaan pun sering terjadi. Lantas, apakah anda mengetahui apa saja penyebabnya ? untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah penyebab terjadinya kecelakaan kerja serta langkah untuk mengurangi terjadinya kecelakaan.

Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja

Pada umumnya kecelakaan kerja diakibatkan karena 2 faktor utama, yaitu manusia serta lingkungan. Faktor manusia meliputi kurang atau minimnya kemampuan serta keterampilan , konsentrasi, bekerja tanpa menggunakan alat keselamatan, sifat pekerja serta pengambilan keputusan yang tidak tepat.

Ketidaktahuan serta minimnya pengetahuan pekerja dalam menguasai bidang kerja akan membahayakan peralatan serta pekerja itu sendiri. Tidak hanya itu, tentunya pekerjaan menuntut konsentrasi yang tinggi, sehingga area kerja mesti nyaman.

Karakter serta sifat pekerja pun ikut menentukan angka kecelakaan dalam bekerja. Pekerja yang tak teliti, cermat, ataupun tak hati-hati kemungkinan besar akan mengalami kecelakaan. Terdapat jenis pekerjaan yang mewajibkan pekerja untuk mengenakan alat keselamatan supaya terlindung dari segala bahaya. Tragisnya, keselamatan kerja kerap diabaikan alhasil akan berakibat buruk terhadap kesehatan pekerja. Faktor manusia itulah yang memicu terjadinya kecelakaan dalam bekerja.

Untuk penyebab kecelakaan kerja karena faktor lingkung ialah berupa tempat kerja yang tak layak, peralatan kerja yang tak layak pakai, pemakaian bahan yang mempunyai tingkat bahaya tinggi, serta pemakaian alat transportasi yang tak tepat.

Ruang kerja yang tak memenuhi standar ataupun persyaratan mempunyai tingkat kecelakaan tinggi. Tidak hanya pemakaian peralatan bahan yang berbahaya saja yang menyebabkan kecelakaan akan tetapi penggunaan alat transportasi dengan muatan yang berlebihan pun bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Upaya Mengurangi Kecelakaan Kerja

Upaya untuk mengurangi atau mencegah terjadinya kecelakaan kerja bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Tingkatkat keterampilan serta pengetahuan pekerja mengenai alat ataupun mesin, dan berilah informasi mengenai cara kerjanya supaya kecelakaan serta kesalahan kerja bisa diminimalkan.
  • Berilah pelatihan kepada pekerja secara berkala terutama untuk pekerja baru.
  • Jagalah psikologis setiap pekerja supaya kondisi manusia serta lingkungan menjadi nyaman, dan tingkah kecelakaan pun berkurang.
  • Cermatlah memilih pekerja, jangan memilih pekerja yang mempunyai sifat asal-asalan, hal tersebut akan menambah jumlah kecelakaan kerja.
  • Berilah serta sosialisasikan pemakaian alat keselamatan kerja semisal pakaian kerja, Helm Safety, Kacamata Safety, Sarung Tangan Safety, Sepatu Safety, pelindung telinga, tali pengaman, masker penutup debu dan yang lainnya. Menggunakan alat keselamatan kerja bisa menambah rasa percaya diri dan tentunya akan meningkatkan kualitas dalam bekerja serta menjanda kesehatan pekerja.
  • Berilah pelindung terhadap mesin serta peralatan yang bisa membahayakan pekerja.

Kecelakaan kerja bisa diminimalkan dengan syarat terjalinnya koordinasi yang tepat antar perusahaan dengan pekerja.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.