Mengapa Pasien Menggunakan Tabung Oksigen

0
Menggunakan Tabung Oksigen
Menggunakan Tabung Oksigen – Image: www.healthline.com

Mengapa Pasien Menggunakan Tabung Oksigen – Sewaktu berada di rumah sakit maupun di klinik, kita akan melihat pasien diberikan Oksigen (O2) melalui masker yang terhubung ke tabung oksigen. Mungkin beberapa dari kita bertanya-tanya, mengapa masih harus diberikan oksigen, sedangkan udara di sekitar kita sudah mengandung oksigen ?

Sewaktu bernafas, manusia membutuhkan oksigen (O2). Di mana oksigen tersebut berfungsi untuk proses oksidasi makanan. Oksidasi sendiri adalah proses reparasi yang berguna untuk memecah O2 menjadi CO2, energi, dan H2o. Tentunya proses reparasi tersebut membutuhkan udara dengan kadar udara yang sangat baik. Sedangkan kadar oksigen yang ada di udara kisaran 18% hingga 20%. Jumlah tersebut jauh dari kebutuhan pernafasan yang diperlukan pasien. Kebutuhan standar oksigen pasien yang sedang dalam perawatan yaitu 70% oksigen murni.

Tabung oksigen merupakan alat yang sangat diperlukan untuk membantu proses pernafasan terutama bagi pasien yang sedang melangsungkan perawatan. Kadar oksigen yang terdapat di dalam tabung oksigen menjangkau 95%. Tentunya hal tersebut dapat membantu dan memaksimalkan kinerja organ paru-paru dalam menyuplai oksigen ke seluruh anggota tubuh.

Ketika seseorang sakit, maka kinerja paru-parunya tidak akan berfungsi maksimal. Suplai oksigen ke dalam tubuh pun akan berkurang sehingga akan menyebabkan sesak napas, tubuh melemah, pucat, dan lainnya. Hal itulah yang menyebabkan pasien membutuhkan tabung oksigen. Oksigen yang terdapat di dalam tabung oksigen di berikan kepada pasien dalam 2 fungsi, yaitu berupa dikompresi gas dan berupa cair yang terkonsetrasi dari lingkungan.

Dengan memberikan tabung oksigen kepada pasien, maka akan menambah pasokan oksigen menuju paru-paru dan akan meningkatkan ketersediaan oksigen menuju semua jaringan tubuh. Itulah manfaat tabung oksigen untuk manusia.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.