Referensi dalam Memilih Tipe Phase Rotation Meter yang Tepat

0
Tipe Phase Rotation Meter
Tipe Phase Rotation Meter

Alat untuk menguji atau mengecek kinerja phase sequence ialah Phase Rotation Meter. Mesin tersebut akan memberikan informasi seputar fasa listrik yang saat itu sedang dalam kondisi terbuka. Pekerja di bidang teknisi listrik mutlak memerlukannya guna kebutuhan proses instalasi dan perawatan energi. Hanya pihak tertentu saja yang mengerti perihal jenis dan cara penggunaannya. Memang tidak semua orang bisa mengoperasikannya karena butuh keterampilan yang mumpuni. Kesalahan prosedur kerja dapat membahayakan keselamatan pengguna.

Terdapat beragam tipe yang disesuaikan dengan kecocokan masing-masing pengguna. Harga produk tergantung pada spesifikasi mesin dan kondisinya. Tips memilih Phase Rotation Meter yang tepat ialah untuk mempelajari beberapa jenis berdasarkan tipe yang tersedia. Berikut ini dua contoh tipe yang bisa Anda jadikan referensi ketika memilih alat penguji listrik.

Kyoritsu 8035 Non-Contact Phase Indicator

Phase Rotation Meter tipe ini menyuguhkan fitur teranyar yang menjamin keamanan pengguna pada saat proses pengetesan. Desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terjadi kontak secara langsung antara kawat listrik dengan probe. Penjepit buaya sudah terisolasi dengan sempurna, kapasitasnya hingga pada kabel listrik yang memiliki diameter 2.4 ~ 30mm. Lampu LED yang berputar, bersuara audibel dan menyala menunjukkan adanya rotasi fasa. Kelebihannya yaitu:

  • Lampu menyala sangat terang, meski pun berada di bawah matahari langsung.
  • Alat yang hendak diuji bisa diletakkan ke panel berbahan logam atau besi dengan cara ditempel.
  • Terdapat magnet di bagian belakang sehingga alat dapat menempel.
  • Rentang pengukuran instalasi 3 fasa relatif lebar, dimulai dari 70V sampai 1000V AC.

Kyoritsu 8031F Phase Rotation Tester with Fuse Test Lead

Desain tipe Phase Rotation Meter jenis ini hampir sama dengan sebelumnya, yaitu keberadaan nyala lampu sebagai petunjuk fasa terbuka. Pengujian sumber listrik guna 3 fasa memiliki rentang 110V hingga 600V. Kelebihan Phase Rotation Meter jenis ini ialah:

  • Bebas dari pengaruh kotoran karena penerapan sistem segel anti debu.
  • Performa kerja alat penguji akan semakin akurat sebab sudah terbebas dari gangguan luar.
  • Bentuk fisiknya sangat praktis sehingga mudah dibawa, ukurannya kecil dan ringan. Keunggulan lainnya yaitu sistem operasi dan kinerja dijamin maksimal walaupun desainnya sederhana.

Penjelasan dari dua tipe di atas bisa Anda pelajari secara mendalam agar nantinya Phase Rotation Meter yang dipilih tepat. Sesuaikan jenis Phase Rotation Meter dengan alat yang akan dicek. Tinggi rendahnya harga bergantung pada spesifikasi produk. Semakin detail informasi dan berkecepatan tinggi dalam menganalisa fasa listrik, maka harganya pun akan semakin meningkat.

Untuk melihat berbagai Phase Rotation Meter dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali.com. Ralali.com jual Phase Rotation Meter dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.