promo produk komputer dan gedget

Mengelola Cashflow dalam Bisnis

0

Mengelola Cashflow dalam Bisnis

Mengelola laporan cashflow dalam bisnis memegang peranan penting dan kritis dalam perkembangan bisnis itu sendiri. Kita semua tahu bahwa bisnis tidak akan bertahan lama jika total kas keluar lebih banyak daripada kas masuk. Seringkali para pengusaha, khususnya yang masih dalam skala kecil, melupakan tips & trik penting ketika mengelola laporan cashflow.

Berikut ini tips yang dapat membantu Anda dalam mengelola cashflow dalam bisnis.

Menentukan Budget

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mampu memperkirakan kas masuk dan kas keluar. Dalam melakukan hal tersebut, Anda harus memperhatikan beberapa faktor-faktor lain yang sekiranya dapat memengaruhi masuknya kas dan mengestimasi berbagai pengeluaran.

Amati Aktivitas Kas

Setelah menentukan budget, kini saatnya Anda melakukan pengamatan terhadap aktivitas kas. Sebaiknya, Anda melakukan hal ini minimal sekali dalam sebulan. Bandingkan kas yang ada dengan budget. Apabila kas masuk memiliki jumlah yang kurang dari perkiraan, Anda harus segera menemukan penyebabnya. Begitu juga sebaliknya.

Anda juga bisa meminimalkan stok dan mengutamakan sistem uang diterima di muka, karena tidak semua pembeli dapat melakukan cicilan dengan tepat waktu. Hal ini diperlukan dalam mengelola cashflow supaya tidak ada ketimpangan jumlah dana

Pastikan Kas Masuk Lebih Besar Daripada Kas Keluar

Anda bisa memperbesar jumlah kas masuk dengan cara menawarkan diskon yang bisa meningkatkan penjualan. Namun, jangan hanya meningkatkan saldo dalam rekening (penjualan secara kredit), saldo harus bertambah secara tunai demi kelancaran alur kas

Alokasi

Alokasikan pendapatan Anda agar lebih terstruktur, misalnya dari 100% pendapatan Anda; 30% untuk cadangan, 70% untuk operasional. Hal ini dilakukan supaya budget Anda tidak berserakan tanpa tujuan. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar dari pemasukan Anda. Anda pasti berharap bahwa bisnis Anda dapat membawa keuntungan yang besar, bukan? Maka dari itu, alokasikan pendapatan!

[ Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Rumahan Dan UKM ]

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengelola kas pada bisnis. Kondisi arus kas sangat berpengaruh dalam kelangsungan bisnis Anda. Arus kas yang baik tentu akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Jangan lupa lakukan pengamatan setiap bulan untuk mengetahui apakah semua berjalan sesuai prediksi. Semoga sukses selalu!

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.