Mengenal Sound Level Meter ( Alat Pengukur Intensitas Kebisingan )

0

mengenal Sound Level Meter

Tips dan Trik Ralali News kali ini yaitu akan membahas tentang Mengenal Sound Level Meter atau Alat pengukur Intensitas Kebisingan. mulai dari pengertian, fungsi, bagian – bagian, prinsip kerja, cara penggunaan sampai dengan macam macam produk Sound Level Meter akan dibahas lengkap pada artikel ini.

 Sound Level Meter sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk pengukuran suatu intensitas suara.

Fungsi Sound Level Meter

Sound Level Meter digunakan untuk dapat mengukur kebisingan antara 30 – 130 dB dalam satuan dBA dari frekuensi antara 20 sampai 20.000Hz.

 Penggunaan Sound Level Meter

Penggunaan Sound Level Meter biasanya dipakai dilingkungan pabrik, seperti untuk menganalisa kebisingan dari peralatan dipabrik. Misalnya digunakan pada pabrik pupuk, karena dipabrik pupuk terdapat alat yang berpotensi untuk menimbulkan kebisingan seperti compressor, turbin, pompa drum, condenser dan lain – lain.

 Bagian-bagian Sound Level Meter

Bagian-bagian dari Sound Level Meter antara lain mikropon serta sebuah sirkuit elektronik termasuk attenuator, skala indicator, 3 jaringan perespon frekuensi dan juga amplifier. 3 jaringan tersebut telah distandarisasi sesuai dengan standar Sound Level Meter, yang bertujuan untuk dapat memberikan pendekatan yang tepat dalam pengukuran tingkat kebisingan total. Respon yang terjadi pada manusia terhadap suara itu bermacam macam, hal itu sesuai dengan frekuensi dan juga intensitasnya. Sound Level Meter memiliki sebuah panel LCD, yang merupakan sebuah perangkat yang berdiri sendiri dan digunakan sebagai pembacaan pada alat ini.

 Prinsip kerja Sound Level Meter

Prinsip kerja Sound Level Meter ialah didasarkan pada getaran yang terjadi. Apabila ada objek atau benda yang bergetar, maka akan menimbulkan terjadinya sebuah perubahan pada tekanan udara yang kemudian akan ditangkap oleh sistem peralatan, Lalu selanjutnya jarum analog akan menunjukkan angka jumlah dari tingkat kebisingan yang dinyatakan dengan nilai dB.

Pada umumnya SLM akan diarahkan ke sumber suara, setinggi telinga, agar bisa menangkap kebisingan yang telah tercipta. Untuk keperluan mengukur nilai kebisingan pada suatu ruang kerja, pencatatan dilaksanakan satu shift kerja penuh dengan beberapa kali pencatatan dari SLM.

 Cara penggunaan Sound Level Meter

Cara penggunaan Sound Level Meter seperti halnya alat elektronik lainnya yaitu dengan menyalakan alat ini terlebih dahulu. Kemudian sebelum digunakan, perlu dilakukannya pengecekan kalibrasi dari alat ini agar dapat memastikan nilai akurasi pada alat ini sesuai dalam melakukan pengukuran nanti. Kalibrasi yang ideal ialah 90% ke atas. Kalibrasikan alat dengan 114 dB (A) dengan menggunakan alat kalibrasi yang dimasukkan ke microphone. Lalu tahap selanjutnya ialah dengan menentukan range dan juga satuan yang akan digunakan. Pada umumnya, digunakan satuan dB (decibel). Sesudah itu, pasang wind screen pada microphone agar suara pada angin tidak ikut masuk di dalam Sound Level Meter dan juga mencegah debu jika mengukur pada tempat kerja yang terdapat debu – debu dari kimia korosif supaya tidak merusak microphone. Kemudian arahkan  microphone ke arah dari sumber suara yang akan di ukur. Lalu selanjutnya amati angka yang ada atau tertera pada layar Sound Level Meter.

Macam macam produk Sound Level Meter

 Terdapat banyak sekali merk atau brand yang memproduksi sound level meter dengan tipe atau jenis yang beragam, dari harga sound level meter yang murah sampai dengan harga sound level meter  yang mahal. hal itu tentunya tergantung dari banyaknya fungsi, kemampuan dan juga kualitas dari produk sound level meternya.

Beberapa brand memproduksi dan men- jual sound lever meter dengan berbagai harga, seperti halnya produk – produk dibawah ini yang dihargai dengan kisaran 1 jutaan.

trotec

Sound-level-meter-Krisbow-kw0600291

Ada juga beberapa produk sound level meter yang memiliki harga dengan kisaran 3 sampai dengan 6 juta seperti dibawah ini.

Sound Level Meter Extech EN 300

Bahkan ada yang memiliki harga diatas 20 hingga 30 jutaan seperti produk dibawah ini.

Sound level meter Hioki ft 3432

Sound Level Meter Kanomax 4431

Selain produk – produk diatas, masih banyak lagi jenis dan tipe dari produk sound level meter. jika Anda ingin membeli atau mengetahui daftar lengkap produk dan harga sound level meter Anda bisa mengunjungi Website Online Store kami, yaitu Ralali.com.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.