Prosedur Penggunaan Osiloskop Digital

0

Prosedur Penggunaan Osiloskop Digital ~ Ralali News. Prosedur dasar untuk menguji sebuah sirkuit elektronik dengan osiloskop digital adalah untuk melampirkan konektor ground tes untuk titik grounding di sirkuit , dan kemudian sentuhkan ujung probe ke titik di sirkuit yang ingin Anda uji .

prosedur penggunaan osiloskop
prosedur penggunaan osiloskop

Misalnya, jika Anda ingin memastikan bahwa output dari pin sirkuit terpadu yang memancarkan gelombang persegi , maka tempelkan probe osiloskop ke pin dan melihat tampilan pada ruang lingkup .

Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu menyesuaikan VOLTS / DIV dan pengaturan TIME / DIV pada ruang lingkup untuk melihat dengan jelas bentuk gelombang . Tapi begitu Anda mendapatkan pengaturan tersebut dengan benar , Anda harus dapat memvisualisasikan gelombang persegi . Jika gelombang persegi tidak muncul , maka mungkin sirkuit anda bermasalah .

Jangan menghubungkan probe oscilloscope langsung ke listrik, hal itu cenderung akan cepat merusak  . ( Jika Anda ingin mengukur tegangan dari saluran listrik langsung, maka kita cukup menggunakan multimeter biasa . ).

  • Untuk melihat bentuk gelombang DC sederhana , coba hubungkan osiloskop ke baterai 1,5 V seperti AA atau AAA sel . Setel kenop VOLTS / DIV ke 2 V , dan kemudian sentuh konektor ground probe untuk terminal negatif baterai dan ujung probe ke terminal positif .
  • Tampilan yang dihasilkan harus lurus di tengah-tengah garis sederhana antara pembagian vertikal kedua dan ketiga di atas garis pusat . ( Jika baterai sudah mati atau lemah , baris ini mungkin lebih rendah . )
  • Jika Anda ingin melihat gelombang sinus 60 Hz yang tersedia dari stopkontak listrik , menemukan power supply plug-in ( biasa disebut dinding wart ) yang menghasilkan tegangan rendah AC . Jika Anda tidak memiliki satu tergeletak di sekitar , Anda dapat membelinya baru di banyak toko . Anda juga dapat menemukan mereka untuk $ 1 atau lebih di toko barang bekas .
  • Pasang dinding wart ke stopkontak listrik , dan kemudian menghubungkan probe osiloskop ke steker bertegangan rendah dinding kutil itu . Sesuaikan VOLTS / DIV dan pengaturan TIME / DIV sampai Anda dapat melihat gelombang sinus .
  • Jika Anda ingin melihat apa bentuk gelombang audio yang tampak seperti , menemukan 1/8 ” kabel audio pendek yang laki-laki pada kedua ujungnya . Colokkan salah satu ujung ke dalam jack headphone dari perangkat audio, seperti radio atau iPod . Kemudian, hubungkan probe kabel ground ke poros steker di ujung bebas dari kabel audio dan menyentuh ujung probe ke ujung konektor audio .
  • Setelah mengutak-atik VOLTS / DIV dan pengaturan TIME / DIV , Anda akan melihat tampilan bentuk gelombang campur aduk yang khas dari sinyal audio.

Itulah bahasan Prosedur Penggunaan Osiloskop Digital yang tentunya mudah di pahami oleh para pengguna osiloskop yang sudah terbiasa maupun baru. Untuk melihat list harga jual osiloskop dapat di lihat di page berikut : Jual Osiloskop. Semoga Tips diatas dapat membantu anda, salam hangat Ralali News.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.