Sering Pegal Karena Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer? Cegah Dengan 5 Cara Ini

0
Kursi Kantor
Image: pixgood.com

Pernahkah punggung serta pinggul belakang Anda terasa sakit atau pegal setiap kali pulang dari kantor, padahal tidak sedang mengidap sakit yang serius di bagian tersebut? bisa jadi cara duduk dan penggunaan kursi kantor yang tidak tepat merupakan penyebabnya.

Umumnya pekerja kantoran bekerja selama 8 jam sehari duduk di depan komputer tanpa melakukan banyak gerakan lain. Apabila menggunakan kursi kantor yang tidak tepat dan posisi duduk kurang benar bisa menyebabkan sejumlah penyakit menyiksa dan berujung cedera. Posisi duduk yang baik dapat menjadikan kita menjadi lebih produktif di tempat kerja. Tubuh sehat, kerja pun menjadi lancar. Sehingga karier pun akan cemerlang.

Lantas bagaimana posisi duduk yang tepat? Berikut ulasannya.

  1. Sesuaikanlah ketinggian kursi, sehingga kaki bisa menyentuh lantai dengan posisi lutut yang sejajar ataupun sedikit lebih rendah dari pinggul.
  2. Untuk kemiringan sandaran kursi, sesuaikan kemiringan sekitar 100-110 derajat.
  3. Pastikanlah bahwa punggung atas dan bawah tertopang dengan baik.
  4. Usahakanlah supaya pergelangan tangan tidak menggantung ketika mengetik.
  5. Yang paling penting yaitu jangan lupa beristirahat 1-2 menit setiap 20-30 menit.

Tidak hanya posisi duduk saja, namun penggunaan kursi kantor yang tidak tepat pun salah satu penyebabnya. Solusinya, gunakanlah kursi kantor yang tepat. Kursi kantor yang baik mempunyai desain ergonomis, artinya sesuai badan pengguna. Tidak hanya itu saja desainnya pun harus kokoh, terdapat sanggahan yang tepat kepala dan pergelangan tangan, serta harus pas dengan yang mendudukinya yaitu tidak terlalu sempit.

Kursi kantor yang baik mampu menyangga tubuh dengan baik, menguatkan otot perut, mengurangi rasa lelah, serta memperbaiki penampilan (tidak bungkuk, bengkok dan sejenisnya).

Menggunakan kursi kantor yang tepat akan berdampak pada kenyamanan karyawan, dengan begitu karyawan bisa fokus pada pekerjaan dan target yang diharapkan pun mudah tercapai.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar