Memahami Simbol Bahaya Kecelakaan Kerja Konstruksi

0

Memahami Simbol Bahaya Kecelakaan Kerja Konstruksi

Simbol Bahaya Kecelakaan Kerja – Umumnya penyebab kecelakaan kerja di sektor konstruksi berkaitan dengan faktor manusia, faktor alat dan faktor lingkungan. Human Error merupakan istilah yang kerap terdengan jika kecelakaan terjadi yang disebabkan kelalaian pekerja. Hal tersebut diakibatkan karena pengetahuan yang minim, keadaan mental yang tidak stabil, kurang disiplin serta tidak terdapatnya pengertian terhadap tugas kerja yang dikerjakan.

Simbol Bahaya Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja di sektor konstruksi di negara Indonesia terjadi sewaktu pengangkutan, lalu lintas, tergelincir, kejatuhan benda, jatuh, terpukul, serta kebakaran. Oleh karena itu peringatan berupa simbol ataupun lambang kecelakaan kerja sebaiknya terpasang secara jelas serta diketahui oleh setiap pekerja. Adapun untuk simbol serta bahaya kecelakaan kerja yang bisa terjadi suatu saat ialah sebagai berikut.

Gambar orang sedang mengendarai sepeda motor.

Gambar tersebut menunjukkan arti kecelakaan kerja yang terasi karena pengangkutan barang. Data mencatat sekitar 30% kecelakaan sistem transportasi dari pihak pengelola proyek.

Baca: Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kecelakaan Forklift

Gambar dua jenis alat perkakas

Gambar peralatan perkakas ini yaitu kunci pas serta palu yang berdiri saling bersilang menunjukkan bahwa kecelakaan terjadi akibat kejatuhan benda-benda keras serta tajam. Menurut kasus yang ada sekitar 29% terjadinya kecelakaan karena sebab tersebut.

Gambar pekerja yang berada di atas tanah dengan kemiringan tertentu

Gambar tersebut merupakan simbol yang menunjukkan kecelakaan kerja yang diakibatkan karena tergelincir ataupun terpukul. Jumlah menurut data yang ada sekitar 26% terjadi kecelakaan karena hal ini.

Gambar pesawat terbang

Gambar pesawat ini menunjukkan kecelakaan kerja yang di akibatkan karena terjatuh dari ketinggian. Jumlah kecelakaan yang tercatat di negara Indonesia karena hal ini sebanyak 10%.

Baca: Cara Mengeliminasi Potensi Bahaya Bekerja di Ketinggian

Gambar sebuah rokok yang menyala

Gambar ini menunjukkan dalam lingkaran dengan sebuah garis diagonal menggambarkan kecelakaan yang terjadi yang diakibatkan karena kebakaran. Data menunjukkan sekitar 5% kecelakaan terjadi karena sebab ini.

Simbol kecelakaan kerja hanyalah sebuah gambar yang mempunyai pesan dan arti bahwa kecelakaan yang terjadi karena sebab-sebab tertentu. Pelaksana lapangan proyek mempunyai peranan yang penting dalam mensosialisasikan pokok penting dan utama kesehatan serta keselamatan kerja (K3) pekerjaan bidang konstruksi di lapangan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.