Pemahaman Keselamatan Kerja di Pabrik

0

Pemahaman Keselamatan Kerja di Pabrik

Pemahaman Keselamatan Kerja di Pabrik – Mengawali pekerjaan dengan  penuh semangat bisa meningkatkan kinerja pekerja. Hal tersebut memberikan dampak kepada peningkatan produktivitas perusahaan ataupun pabrik. Namun hal tersebut tidak akan ada artinya apabila ternyata ketika pekerjaan telah usai, pekerja tidak selamat. Hal tersebut bukanlah hal yang membanggakan untuk pabrik ataupun perusahaan. Maka dari itu setiap lingkungan kerja mesti menjalankan program keselamatan kerja.

Baca: Begitu Pentingnya Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan

Berikut ini adalah informasi mengenai sangat pentingnya keselamatan kerja.

Keselamatan kerja merupakan keadaan yang mengupayakan antisipasi atau pencegahan sejumlah hal yang bisa mengakibatkan kecelakaan kerja. Pada segi lainnya, keselamatan kerja pun menuntut pelaksanaan kerja dengan sebaik-baiknya supaya tidak terjadi kecelakaan.

Ketika bekerja di pabrik, tentunya keselamatan kerja mesti benar-benar diperhatikan karena banyak sekali elemen kerja yang bisa mengancam keselamatan diri. Sejumlah mesin ataupun peralatan yang dipakai dalam bekerja selain memberi keuntungan, tentunya memberi keburukan. Maka dari itu kita mesti berhati-hati dalam menjalankan pekerjaan dengan sejumlah alat tersebut.

Sejumlah keadaan mesin yang merupakan ancaman keselamatan kerja ialah:

  • Mesin yang berputar dalam kondisi terbuka.
  • Sabuk mesin yang tidak tertutup.
  • Mesin dengan sistem kontrol yang rusak.
  • Mesin yang bekerja di atas kemampuannya.
  • Mesin dengan kondisi kabel listrik terkelupas.

Dengan memperhatikan uraian tersebut, setidaknya mendapatkan gambaran mengenai keselamatan kerja di pabrik. Keselamatan kerja di pabrik tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Apabila setiap pekerja memahami terhadap konsep pengertian serta penerapan pada keselamatan kerja, maka bisa diketahui keadaan aman untuk keselamatan kerja dan antisipasi terhadap keadaan tersebut bisa dioptimalkan. Tidak mudah dalam melakukan antisipasi keselamatan sebab memerlukan kerja sama seluruh pihak. Tidak hanya pada pekerja di lapangan saja namun semua yang masuk ke dalam ruang lingkup tersebut.

Tidak hanya memperhatikan keselamatan saja, kesehatan para pekerja pun mesti diperhatikan. Apabila kesehatan pekerja terjaga maka konsentrasi sewaktu bekerja pun bisa maksimal.

Keselamatan kerja tidak bisa dijalankan hanya pada orang yang ada di dalam pabrik ataupun orang yang bekerja di lapangan saja, tetapi seluruh pihak pun mesti menjalankannya. Pemilik pabrik juga mesti maksimal dalam memperhatikan pekerjanya supaya proses pemasukan pabrik melalui hasil produksinya tersebut bisa berjalan dengan baik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.