Perlengkapan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia

0
Perlengkapan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia
Image: www.sigmaaldrich.com

Perlengkapan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia – Apakah anda pernah memasuki atau berdiam diri berlama-lama di laboratorium kimia ? Apa yang dirasakan ? Tentunya hal pertama yang dirasakan ialah aroma udara yang kurang sehat. Laboratorium kimia adalah ruangan eksperimen guna melakukan bermacam reaksi kimia, menyimpan serta mengawetkan bahan kimia. Maka dari itu interaksi kita di laboratorium terhadap zat kimia berbahaya semakin dekat. Mengingat bermacam efek gangguan kesehatan yang dapat terjadi apabila terkontaminasi zat kimia entah itu secara oral, bersentuhan ataupun menghirupnya, maka sangat dibutuhkan perlengkapan atau peralatan keselamatan kerja yang memadai.

Baca: Berbagai Jenis Alat Keselamatan Kerja

Macam-macam Perlengkapan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia

Pakaian Labor

Pakaian Labor umumnya berwarna putih, persis seperti jas yang dipakai oleh dokter. Warna putih pada pakaian Labor untuk memudahkan sensitivitas Ana yang terlihat apabila pakaian yang dikenakan tertumpah zat kimia yang bermacam warna. Pakaian Labor pun berguna untuk melindungi pakaian yang kita pakai terhadap kontak fisik zat serta senyawa kimia di laboratorium.

Sepatu

Ketika memasuki laboratorium kimia lebih baik memakai sepatu yang terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar sebab di dalam laboratorium terdapat banyak zat yang mudah terbakar. Jangan sampai memakai sandal, sebab apabila tertumpah zat kimia sepatu akan lebih melindungi kaki serta kulit jika dibandingkan dengan sandal. Pilihlah sepatu

Masker

Ketika memasuki laboratorium serta merasakan aroma yang tidak sehat, segeralah untuk menggunakan masker. Sejumlah zat kimia berdampak bahaya apabila terhirup. Terlebih ketika melakukan bermacam reaksi yang melibatkan sejumlah zat serta senyawa yang pekat. Ketika bekerja di lemari asam, pastikanlah wajah serta indera penciuman anda sudah terlindungi secara aman.

Zat berkonsentrasi pekat semisal amoniak, asam klorida serta Natrium hidroksida akan memerikan dampak yang cukup serius apabila terhirup. Apabila zat-zat berbahaya terhirup ataupun tetelan maka segeralah meminum susu guna mengikat serta menetralkan racun yang ada di dalam tubuh.

Akan tetapi hal ini tidak berlaku ketika tertelan atau terkontaminasi senyawa merkuri. Jangan meminum susu sebab akan lebih berbahaya. Ligan dari senyawa susu akan berhubungan dengan logam merkuri dalam membentuk senyawa kompleks yang bersifat racun atau Toksid.

Sarung tangan

Pakailah sarung tangan apabila anda tengah melakukan sejumlah reaksi kimia serta memindahkan ataupun mengangkat zat-zat yang berbahaya. Apabila tangan terkena kontak fisik terhadap suatu zat, maka segeralah bilas dengan air sebanyak-banyaknya. Bilaslah sampai bersih, sampai hilang warna serta baunya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar