Tips Membuka Coffee Shop: Sebuah Rahasia Yang Tidak Pernah Dibocorkan Para Pebisnis Kopi

Tips anti mainstream yang tidak akan Anda temukan di situs lain!

0

Halo, sahabat Ralali!

Sadarkah Anda bahwa selama ini beberapa dari tips-tips yang beredar di internet memiliki inti yang sama?

Membuat diferensiasi, lokasi yang strategis, kualitas terbaik, sampai ke konsep desain interior coffee shop yang unik. Cukup terbilang mainstream, ya?

Well, kami tidak meminta Anda untuk mendiskreditkan tips mainstream yang beredar di dunia maya. Tips tersebut menjadi mainstream karena itulah standar rata-rata yang harus dimiliki Coffee Shop.

Lalu pernahkah Anda berpikir untuk memiliki bisnis Coffee Shop dengan standar di atas rata-rata?

Kami rasa Anda mulai memahami apa yang akan kami bahas di sini. Seandainya semua orang menggunakan tips yang sama maka tidak akan ada diferensiasi yang sebenarnya. You get what I mean.

So, luangkan beberapa menit dari waktu Anda untuk membaca cermat, tips anti mainstream dalam membuka usaha kopi yang tidak akan Anda temukan di situs lain!

BUKAN HANYA PRODUK, NAMUN SERVIS JUGA

Kebanyakkan Coffee Shop menggembar-gemborkan betapa bagusnya kualitas (baik mesin maupun biji kopi) yang digunakan untuk menarik pelanggan. Kalau semuanya mengklaim sebagai yang terbaik, lalu apalah arti sebenarnya dari kata ‘terbaik’?

Sebagai pengusaha, kita harus sering introspeksi diri. Coba tanya pada diri sendiri; Mengapa konsumen harus datang ke tempat saya?

Pernahkah Anda mencari tahu apa tujuan sebenarnya dari konsumen yang datang? Apakah untuk memenuhi hasrat mengonsumsi kafein? Kalau memang betul itu alasannya, maka Anda harus siap siaga dalam menghadapi kompetitor yang akan terus bermunculan.

Di atas langit pasti ada langit. Akan ada kafe yang mampu menyajikan rasa yang relatif lebih enak bagi pelanggan.

Hasil produk yang berkualitas bisa didapatkan di banyak tempat, tapi lain cerita dengan servis yang berkualitas.

Di Indonesia, konsumen sering kali datang ke Coffee Shop untuk sekadar bersantai. Supaya mereka  mengunjungi kafe Anda berulang kali, Anda harus memberikan servis yang baik untuk pelanggan anda.

Bagaimana memberikan servis yang baik? Baca terus artikel ini.

BUKAN HANYA DESAIN, NAMUN SUASANA JUGA

Seringkali kita mendapatkan saran bahwa dalam membuka Coffee Shop harus memiliki konsep dan desain interior yang menarik, terutama yang instagramable. Well, tipsnya sudah oke. Hanya saja, kurang bumbu. Yaitu suasana.

Yup! Suasana.

Sekarang coba pikirkan, berapa banyak Coffee Shop yang bermunculan karena bisnis ini tengah menjadi tren dan gaya hidup masyarakat Indonesia sekarang?

Apabila hanya mengandalkan konsep dan desain interior yang berbeda, maka setiap kemunculan kompetitor baru bisa mengancam posisi bisnis Anda. Asumsikan jika saat ini mayoritas pelanggan yang datang hanya tertarik untuk mengambil foto di kafe Anda, maka Anda perlu memikirkan; Saya ini buka usaha kedai kopi atau studio foto?

Apabila diferensiasi yang ditawarkan adalah interior kafe Anda yang fotogenik, maka Anda harus sadar satu hal ini; Kafe yang memiliki interior fotogenik bukan hanya kafe milik Anda.

Lantas apa yang harus dikembangkan?

Memang betul. Interior yang eye-catching akan menarik pelanggan. Namun, ambience lah yang mampu mempertahankan pelanggan. Karena suasana di suatu tempat tidak pernah bisa ditiru. You can never duplicate vibes.

Kita ambil contoh Starbucks; desainnya simpel, kan? Kalau dibandingkan, banyak kafe lain yang lebih fotogenik dan lebih instagramable. Namun faktanya Starbucks selalu ramai dan terus berkiprah.

Suasana atau ambience yang dibentuk Starbucks tidak pernah luntur dan memiliki ciri khas sendiri. Tempatnya nyaman dan cocok sebagai tempat bersosialisasi. Terlebihnya mampu memenuhi tujuan konsumen.

Bagaimana cara membentuk suasana yang sesuai?

Pikirkan konsep secara matang. Misalnya, konsep kafe Anda adalah Coffee Shop dengan kombinasi perpustakaan kecil. Maka buatlah suasana yang tenang dan nyaman untuk berkonsentrasi.

Interior toko dapat dibuat seminimalis mungkin agar tidak terkesan ‘penuh’. Selain itu, penggunaan warna wallpaper yang sesuai dapat berpengaruh ke psikologi pelanggan. Pilihlah wallpaper berkualitas baik dengan warna cerah.

Anda bisa mendapatkan berbagai macam pilihan wallpaper berkualitas dengan range harga terbaik serta termurah di sini -> Pusat Grosir Wallpaper. Ada alternatif lain yaitu cat dinding interior yang bisa didapatkan di Sini.

Jangan lupa, penerangan dan rak buku berdesain kasual juga akan meningkatkan suasana ‘kafe perpustakaan’ Anda. Berbagai macam rak buku dengan kualitas dan harga terbaik bisa didapatkan di Pusat Grosir Rak.

BUKAN HANYA HARGA, NAMUN VALUE JUGA

Ini PR Anda; Dari sekian banyak Coffee Shop yang mematok harga yang mirip, mengapa konsumen harus ke tempat Anda?

Coba pikirkan nilai yang bisa didapatkan dari berkunjung ke kafe Anda. Secara keseluruhan Anda harus bisa melayani dan memuaskan konsumen; Bahan baku produk harus berkualitas, mencari supplier terpercaya dan rendah budget tentunya.

Namun hal ini terkadang menjadi kendala karena tidak ada koneksi.

Maka dari itu kami memberi solusi untuk Anda untuk mengunjungi Ralali Business Collection. Karena terdapat berbagai starter pack yang akan mempermudah kebutuhan Anda dalam mencari supplier grosir firsthand terpercaya.

Dari sisi servis, buatlah kondisi dimana konsumen merasa spesial sehingga ia merasa puas dan memiliki minat untuk kembali mengunjungi kafe Anda.

Pikirkan apa yang dapat Anda berikan ketika konsumen pulang. Hal tersebut tidak perlu berupa benda fisik. Sebuah momen yang akan dikenang olehnya, seperti pelayan yang peka, senyuman ramah, dan lainnya.

Apabila berhasil memuaskan konsumen, tingkat word-of-mouth positif yang beredar juga akan meningkat.

BUKAN HANYA BERFOKUS PADA CUSTOMER, NAMUN KARYAWAN JUGA

Terakhir, kita tidak boleh lupa bahwa keberhasilan tips di atas sangat dipengaruhi oleh karyawan Anda. 

Riset terbaru Universitas Warwick menemukan bahwa kebahagiaan karyawan mempengaruhi produktivitas kerja sebanyak 12%. Cobalah untuk membentuk sebuah lingkungan kerja yang menyenangkan bagi karyawan Anda.

Mungkin Anda bersama tim sudah bosan melakukan evaluasi atau meeting di tempat yang sama. Jika Anda bersama tim sudah merasa bosan dan jenuh, tidak ada salahnya untuk membuat Event dengan menyewa ruangan.

Dalam hal operasional usaha, perlu adanya perubahan suasana kantor sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dan pekerja pun lebih produktif. Mencoba Coworking Space atau menyewa ruang meeting baru mungkin dapat menjadi pilihan Anda!

Di Indonesia, sudah banyak platform yang akan menjembatani Anda untuk menyewa ruangan seperti Coworking space atau ruang meeting. Jadi, sahabat Ralalian tidak usah pusing dalam mencari kebutuhan sewa ruangan, ya!

So, are you ready to be the real different?

 

[ Baca Juga: 3 Jenis Kopi Yang Cocok Disajikan Agar Disukai Konsumen! ]

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.