Waktu ISOMAN Covid-19 Terbaik Berapa Hari? Ini Aturannya!

0

Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan aturan masa isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 yang terpapar varian Omicron dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang telah diperbarui pada 22 Februari 2022 lalu.

Waktu ISOMAN Covid-19 Terbaik Berapa Hari? Ini Aturannya. (*dok: Ralali.com)

Berikut kriteria pasien Covid-19 Omicron dinyatakan selesai ISOMAN (Isolasi Mandiri) atau sembuh.

A. Pasien Covid-19 varian Omicron yang Tidak Bergejala

Harus menjalankan isolasi selama minimal 10 hari sejak terdiagnosis positif Covid-19.  

B. Pasien Covid-19 varian Omicron yang Bergejala

  1. Isolasi dilakukan selama 10 hari sejak munculnya gejala ditambah dengan sekurang-kurangnya 3 hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan.
  2. Pasien Covid-19 yang mengalami gejala selama 10 (sepuluh) hari atau kurang harus menjalani isolasi selama 13 (tiga belas) hari
  3. Jika masih merasakan gejala setelah hari ke 10 (sepuluh), maka isolasi mandiri masih tetap dilanjutkan sampai dengan hilangnya gejala tersebut ditambah 3 (tiga) hari.

Melalui surat edaran Kemenkes juga menyampaikan bahwa exit test yang sebelumnya harus dilakukan sebanyak dua kali, kini exit test hanya perlu dilakukan satu kali dengan tes PCR, hasil antigen tidak diakui.

Menghadapi serangan Omicron yang masih mengkhawatirkan, Ralali.com melalui solusi Ralali Healthcare yang dimiliki, yaitu NeoClinic, klinik kesehatan berbasis digital yang dikelola oleh Ralali.com menyediakan layanan swab test home service, swab drive thru/walk in, vaksinasi Covid-19, layanan korporasi, paket isoman atau paket swab test.

NeoClinic memiliki tenaga kesehatan yang bersertifikat serta didukung oleh dokter dan partner instansi kesehatan resmi, sehingga dapat dipastikan layanan yang diberikan memenuhi standar prosedur kesehatan.

Neoclinic kini tersedia untuk wilayah Jabodetabek, Surabaya, dan segera hadir di 5 kota besar lainnya di Indonesia. 

Dengan peningkatan kasus Omicron yang terjadi saat ini, NeoClinic tawarkan perlindungan diri dengan melakukan tes untuk mendeteksi virus sejak dini. Lakukan tes Covid-19 hanya di NeoClinic dengan harga terbaik Swab PCR Rp 275.000 dan Swab Antigen Rp 95.000 di seluruh cabang NeoClinic (Jakarta & Surabaya). Bersama NeoClinic. Cegah Omicron, lakukan tes sekarang hanya di NeoClinic. Book jadwal tes Anda disini!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.