Inilah 3 Pilihan Oli Untuk Mobil Matic Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

0
oli untuk mobil matic
source : cicakkreatip.com

Oli merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh setiap kendaraan, tak terkecuali mobil. Oli pada mesin kendaraan tidak hanya berfungsi sebagai pelumas yang membuat mesin dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan yang berarti.

Oli juga berfungsi sebagai pendingin sekaligus penyekat pada kendaraan. Pada oli mobil terdapat lapisan-lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah terjadinya benturan logam yang ada di dalam komponen mesin yang dapat mengakibatkan goresan ataupun kerusakan.

Karena fungsinya yang cukup penting inilah yang membuat oli mobil sangatlah dibutuhkan, baik itu untuk mobil manual ataupun mobil matic. Akan tetapi, jenis oli untuk mobil matic ternyata berbeda dengan oli untuk mobil manual. Oleh sebab itu, Anda harus selalu memperhatikan hal tersebut.

Sama halnya seperti merawat mesin pada mobil matic yang lebih rumit daripada mobil manual, tentu saja pemilihan oli untuk mobil matic juga harus diperhatikan. Pemilihan oli untuk mobil matic tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terlebih lagi pada mobil yang menggunakan sistem pelumasan transmisi.

Jika pemilihan oli dilakukan secara tidak tepat, maka tentu saja akan mengakibatkan kerusakan pada mobil matic Anda. Lalu, bagaimana cara memilih oli mobil yang tepat untuk mobil matic? Simaklah penjelasan berikut ini!

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah spesifikasi mobil yang Anda gunakan. Usahakan untuk selalu memilih oli mobil yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda serta teknologi mesin yang Anda gunakan.

Selama spesifikasi mobil Anda sesuai dengan apa yang tertera pada buku manual, maka Anda bisa memilih merek oli yang ingin Anda gunakan dengan bebas.

Akan tetapi jika pada buku manual menjelaskan spesifikasi rekomendasi oli yang harus Anda gunakan, maka akan lebih baik jika Anda mengikuti petunjuk tersebut dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa mencari merek oli yang sesuai dengan mesin mobil yang Anda gunakan.

Biasanya, harga oli mineral akan lebih murah dibandingkan dengan oli sintetis. Selain itu, oli mineral juga biasanya digunakan pada mobil-mobil lama di bawah produksi tahun 2001.

Sementara itu, oli sintetis biasanya digunakan pada mesin dengan teknologi terbaru seperti turbo, DHOC, dan lainnya yang memang memerlukan pelumasan yang lebih baik, sehingga dapat mencegah gesekan yang terjadi antara logam yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

Selain itu, oli sintetis juga memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah dan stabil dalam temperatur tinggi. Sehingga ketika membeli mobil ini, jangan lupa untuk selalu memperhatikan API service oil yang terdapat dalam kode kemasan.

Pilihan Oli untuk Mobil Matic

Sebenarnya oli untuk mobil matic dan manual tidaklah jauh berbeda. Namun yang paling penting adalah pemilihan oli yang digunakan pada sistem transmisi mobil matic. Berikut ini beberapa jenis oli mobil yang dapat digunakan pada mesin mobil dengan sistem transmisi matic.

Oli Transmisi CVT

oli transmisi cvt
source : blackxperience.com

Jenis sistem transmisi mobil ini biasanya akan memilih suhu sistem transmisi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan sistem otomatis konvensional. Selain itu, komponen yang ada di dalamnya pun berbeda, sehingga oli yang digunakan juga pasti berbeda. Untuk transmisi CVT biasanya menggunakan jenis olei CVTF atau CVT Fluid yang banyak beredar di pasaran.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, jangan mencari merek oli dengan reputasi yang kurang baik, carilah oli transmisi yang telah direkomendasikan oleh produsen mobil Anda. Jangan pernah tergoda dengan merek dan harga sebuah oli, jika ternyata oli tersebut tidak memiliki reputasi yang baik.

Oli Mobil Matic Dual Clutch

oli mobil matic dual clutch
source : otodriver.com

Jenis mobil yang menggunakan sistem transmisi matic biasanya merupakan mobil-mobil dengan sistem transmisi otomatis yang paling canggih dan terbaru. Sistem transmisi ini banyak digunakan oleh mobil-mobil yang diproduksi di Negara Eropa kelas atas seperti VW, Audi, Ford, BMW, dan Mercedess Benz. Keistimewaan yang dimiliki oleh jenis transmisi ini adalah akselerasi yang cepat dengan hentakan yang sangat halus. Akselerasi dari sistem transmisi matic dual clutch ini mampu mengalahkan mobil manual yang bahkan dikendarai oleh pembalap profesional sekalipun.

Pelumas Otomatis Konvensional

pelumas otomatis konvensional
source : 108jakarta.com

Bagi Anda pengguna mobil produksi Toyota, jenis oli otomatis konvensional seperti Dextron III, Mercon, ATF WS, T-Iv merupakan pilihan yang terbaik. Oli jenis Dextron III dan Mercon paling sering digunakan pada pilihan mobil transmisi matic konvensional. Sementara itu untuk mobil Honda matic, biasanya lebih menggunakan jenis ATF Z1. Untuk memastikan kesesuaian spesifikasi oli, Ada bisa melihat kode yang terdapat pada dipstick transmisi.

Nah, itulah penjelasan mengenai pilihan oli yang tepat untuk mobil matic. Pemilihan oli yang dilakukan dengan tepat tentu dapat membuat performa mobil menjadi lebih maksimal, sebab menjadi perawatan mobil matic yang harus dilakukan. Anda harus memahami bahwa mobil matic memiliki fungsi dan kerja yang lebih berat jika dibandingkan dengan mobil manual, sehingga sangat penting untuk memilih oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat bagi Anda.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar