5 Tips Cara Memilih Oli Motor Yang Bagus

0

Yang namanya motor tentu saja bukan barang mainan yang bisa di apakan saja seenak hati. Dalam hal ini, jika mengingat akan fungsi motor sendiri, maka sebagai pemiliknya harus memperhatikan dengan baik dan cermat sebenarnya bagaimana kebutuhan motor tersebut. Dengan begitu, maka motor pun bisa tetap nyaman di gunakan, aman dan awet pastinya.

cara memilih oli motor

Salah satu perawatan penting untuk motor dalam hal ini tentu saja tidak bisa di pisahkan dari yang namanya perawatan mesin. Apalagi jika mengingat bahwa pelaku penting berjalannya motor adalah mesin. Oleh karenanya, penting bagi Anda memperhatikan lebih jauh bagaimana mesin ini di rawat. Sedangkan salah satu aspek penting di dalamnya tidak lain adalah masalah oli.

Sejauh ini, tentu saja ada banyak jenis oli motor yang sudah Anda temui. Meski ini akan memudahkan pencarian, tentu saja dalam pemilihannya tidak demikian.

5 Tips Cara Memilih Oli Motor

Di sini Anda perlu mengenal bagaimana cara memillih oli motor yang bagus sehingga bisa berfungsi secara maksimal. Nah, untuk  mengenal cara-cara tersebut, silahkan langsung simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Terlebih Dahulu Bahan-Bahan Oli Motor

Sebelum jauh-jauh pada bagaimana memilih dan menentukan oli yang tepat, Anda perlu mengenali sebenarnya bahan pembuat oli motor ini apa saja. Dalam hal ini ada beberapa bahan utama yang biasa di gunakan dalam pembuatan oli itu sendiri. Diantaranya adalah oli motor dengan bahan mineral melalui penyulingan bahan mineral tersebut.

Selain itu, oli motor ada juga yang terbuat dari bahan vegetabel yang biasanya berasal dari minyak tumbuhan. Selanjutnya, ada juga bahan syntetic dan bahan semi syntetic. Dalam hal ini setiap bahan karakteristik dan kelebihan masing-masingnya berbeda-beda. Namun sesudah mengenalinya, Anda bisa langsung masuk pembahasan cara memilih oli motor yang baik dan tepat.

Memperhatikan Tingkat Kekentalan Pada Oli

Satu hal penting yang memang harus dan wajib menjadi perhatian setiap orang dalam pemilihan oli motor ini tidak lain adalah kekentalan setiap produk ini sendiri. Pada umumnya kekentalan ini di sebut dengan SAE. Sedangkan maksudnya tidak lain adalah sebagai pembeda antara oli satu dengan yang lain terkait dengan tingkat atau kelas oli itu sendiri.

Secara identiknya, kalau berbicara kualitas dari sisi kekentalan ini, maka SAE rendah biasanya di anggap tidak lebih baik dari oli yang SAE nya tinggi. Sedangkan untuk melihat tingkat kekentalan ini, biasanya bisa di dapati pada kemasan tiap oli. Jadi, Anda pun bisa dengan mudah melihat sebenarnya masuk kelas mana oli yang akan di pilih berdasarkan cara memilih oli motor.

Mengenali Terlebih Dahulu Bagaimana Kebutuhan Kendaraan Anda

Sebelum membahas cara memilih oli motor yang berkaitan dengan olinya sendiri, ada satu hal penting dimana Anda harus mengenali kendaraan Anda sendiri. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa tidak semua kendaraan memiliki karakter yang sama. Oleh karena itu mengenal lebih jauh tentang bagaimana karakteristik dan tipe mesinnya adalah hal yang begitu penting.

Berkaitan dengan oli, belum tentu untuk kendaraan satu oli tersebut sangat bagus, ternyata bagus juga untuk kendaraan yang lain. Bahkan, bisa jadi malah sebaliknya. Oleh karenanya, Anda harus tahu bagaimana sebenarnya yang di butuhkan motor sehingga oli yang di pilih akan lebih recommended.

Menyesuaikan Pilihan Oli Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Jika sudah mengenal bagaimana saja karakteristik kendaraan Anda dan bagaimana yang di butuhkan oleh kendaraan tersebut, kini saatnya Anda memilih jenis oli sekaligus di dasarkan pada tingkat kekentalannya. Tentu saja pilihan yang akan di buat ini di dasarkan pada kebutuhan kendaraan itu sendiri sehingga benar-benar tepat.

Perlu diketahui pula disini bahwa terkait dengan tingkat kekentalan, bukan berarti untuk oli yang tingkat kekentalannya tinggi, akan lebih baik untuk semua jenis kendaraan. Kembali lagi, cara memilih oli motor ini harus sesuai kebutuhan. Jika memang kebutuhan kendaraan Anda bukan yang terlalu kental. Tidak masalah oli tersebut dijadikan pilihan.

Memilih Merk Yang Berkualitas Dan Terjamin

Terakhir, sebenarnya masih ada satu lagi yang begitu penting untuk menjadi perhatian khusus bagi Anda yakni merk. Dalam hal ini merk oli motor memang bermacam-macam. Satu merk atau brand bisa memberikan beberapa jenis oli baik berdasarkan jenis bahan pembuatnya maupun kekentalannya. Mengingat keberagaman ini, maka merk perlu di pastikan terlebih dahulu.

Usahakan dalam pemilihan Anda memiliki merk yang sudah menjadi rujukan pasti dengan kualitas tinggi dan sudah terjamin. Dengan begitu Anda tidak akan bingung lagi ketika memilih mana yang sekiranya memang paling cocok dengan kendaraan Anda. Usahakan juga mengenal lebih jauh mengenai kualitas masing-masing oli motor di pasaran.

Itulah beberapa informasi penting terkait dengan cara memilih oli motor terbaik dan paling tepat untuk motor Anda. Sebenarnya jika Anda melakukan penggantian di bengkel, mereka yang lebih ahli sudah pasti memberikan saran terbaik. Akan tetapi, informasi ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang terbiasa mengganti oli sendiri.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar