promo hari ini

Tips dan Cara Mengganti Oli Motor Yang Baik dan Benar

0

Kendaraan adalah salah satu hal yang begitu penting untuk di miliki di zaman ini. Baik itu bagi pelajar, pekerja maupun ibu rumah tangga. Dan kendaraan yang paling simpel untuk di gunakan secara cepat dan mudah tidak lain adalah motor dengan berbagai kelebihannya yang membuat banyak orang menyayanginya.

Dalam hal ini ketika sudah memiliki motor, tentu saja tidak cukup hanya memiliki saja karena ada banyak hal yang menjadi tanggungan Anda setelah memilikinya. Mulai dari membayar pajak hingga perawatan motor itu sendiri. Motor harus di rawat dan di jaga sehingga mesinnya tetap bagus dan tetap awet sehingga bisa di gunakan sehari-hari dengan tenang dan nyaman oleh Anda dan keluarga.

cara mengganti oli motor
source : carmudi

Salah satu perawatan yang super pasti dan harus di lakukan secara rutin dalam hal ini adalah penggantian oli. Jika Anda terbiasa menggantinya di bengkel, mungkin tinggal di gantikan saja oleh tukang bengkel. Namun, jika ingin menggantinya sendiri, tentu Anda perlu mengenal cara mengganti oli motor sekaligus tipsnya. Dan untuk mengenalinya, berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Fungsi Oli Pada Motor Dan Pentingnya Penggantian Oli

Sebelum membahas lebih jauh terkait langkah-langkah atau sejenisnya, di sini Anda perlu mengenal terlebih dahulu sebenarnya seberapa penting oli motor ini untuk di perhatikan oleh pemilik setiap kendaraan bermotor. Dalam hal ini yang membuatnya begitu penting adalah beberapa fungsi terkait yang dimiliki. Karena oli memiliki peran penting untuk kendaraan, maka perawatannya juga penting.

Selebihnya, perlu di ketahui bahwa dalam hal ini oli memiliki beberapa fungsi penting untuk motor Anda. Diantaranya adalah sebagai pendingin untuk mesin sehingga mesin baik-baik saja ketika di gunakan terlalu sering. Selain itu juga berfungsi mengurangi gesekan hingga sebagai perapat dan peredam. Oli dalam hal ini juga menjadi peredam mesin sekaligus anti karat baginya.

Jika melihat pada betapa pentingnya oli motor ini, tidak heran jika cara mengganti oli motor pun harus di perhatikan dengan baik. Tentu saja jangka penggantiannya pun demikian sehingga mesin pun tetap dalam kondisi yang semakin baik ketika banyak di gunakan setiap harinya.

Langkah-Langkah Dalam Cara Penggantian Oli Motor

Dalam menggantu oli motor, tentu saja tidak seenaknya tanpa mengikuti langkah-langkah tersendiri. Dengan langkah yang tepat, maka penggantian pun akan lebih maksimal. Tentu saja di mulai dengan tahap pembersihan, hingga memasukkan oli motor yang baru. Sedangkan berkaitan dengan itu, ada beberapa langkah lebih rinci yang bisa Anda terapkan dalam proses penggantian tersebut.

  1. Membersihkan oli lama di motor

    Tahap pertama yang harus di lakukan sebelum mengganti tentu saja adalah membersihkan oli motor yang sebelumnya hingga sisa-sisanya. Tujuannya agar motor benar-benar mendapatkan oli yang baru dengan kinerja lebih maksimal lagi. Sedangkan hal ini di lakukan dalam beberapa langkah pula secara berurutan. Yang pertama tentu saja meletakkan wadah di bawah tempat oli pada motor.

    Wadah ini usahakan yang sudah biasa menerima oli bekas karena nantinya di gunakan sebagai penampung. Kemudian baut di bawah tempat oli bisa mulai di kendurkan dan biarkan oli yang lama mengalir dengan sendirinya hingga benar-benar bersih. Mungkin dalam tahap ini Anda perlu cukup bersabar karena cara mengganti oli motor langkah pertama ini biasanya memakan waktu lama.

  2. Mengencangkan baut bawah motor

    Jika sudah selesai proses tap atau pemindahan oli yang lama ini, maka proses ini bisa Anda lanjutnya dengan menutup tempat alirannya. Secara lebih rinci tentu dengan mengencangkan baut di bawah tempat oli. Namun, pastikan bahwa pengencangan Anda sudah berhasil dan tidak salah karena akan berpengaruh juga nantinya. Semakin kencang, maka keberadaan oli pun semakin aman.

    Terakhir, ketika semua proses persiapan di atas sudah selesai, kini saatnya memasukan oli yang baru. Jadi, caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dalam proses ini Anda tinggal membuka baut atau penutup oli yang atas, kemudian menyiapkan oli barunya dan memasukan oli tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Tips Mengganti Oli Motor Yang Baik

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam proses pengaplikasian cara mengganti oli motor, ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan. Diantaranya di mulai sejak pemilihan oli sendiri. Usahakan dalam hal ini Anda memilih oli yang baik dan benar. Khususnya jika berbicara mengenai kekentalan oli dan jenisnya yang berbeda-beda.

Hal ini sangat penting karena mengingat jenis kendaraan pun berbeda. Namun, dengan kekentalan oli yang berbeda, bukan berarti yang paling kental adalah yang terbaik. Dalam pemilihannya Anda tetap harus menyesuaikan kebutuhan kendaraan. Selain hal tersebut, pastikan Anda melakukan langkah-langkah di atas dengan cermat dan hati-hati sehingga benar-benar maksimal.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengganti oli motor sekaligus beberapa aspek terkait. Nah, setelah mengetahui langkah diatas, kini Anda bisa mengganti oli motor sendiri di rumah. Hal ini bisa saja akan mendukung penghematan Anda. Kalau anda ingin lebih hemat lagi, Anda dapat membeli oli motor di https://www.ralali.com/c/oli-motor-hl0290, terdapat berbagai macam jenis dan merek yang bisa Anda pilih tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.