promo hari ini

Inilah Beberapa Pilihan Terbaik untuk Oli Mobil Avanza dan Xenia

0

Kendaraan bermotor, salah satunya mobil tidak bisa terlepas kaitannya dengan kegunaan oli.  Mengapa demikian?  Jawabannya karena oli merupakan suatu zat cair atau fluida di dalam mesin yang memiliki fungsi penting untuk mesin mobil.

Oli Mobil Terbaik untuk Avanza dan Xenia
source : otomart.id

Fungsi Oli untuk Mesin Mobil

Pada umumnya,  setiap mobil memerlukan masing-masing oli terbaik untuk mendukung fungsi oli itu sendiri. Tidak terkecuali untuk mobil seperti Avanza dan Xenia. Oli mobil terbaik untuk Avanza dan Xenia sangat penting dan dibutuhkan karena fungsinya untuk mendung performa mesin.

Baca Juga :

Adapun berikut ini fungsi oli beserta ulasan lebih lengkapnya untuk performa mesin mobil. Simak ulasannya sebagaimana di bawah ini:

  1. Sebagai Lubricating (Pelumas Mesin)
    Oli digunakan sebagai pelumas karena oli sendiri akan bekerja untuk meminimalisasi gesekan-gesekan berlebih antara para komponen mesin yang terbuat dari bahan logam. Hal tersebut nantinya akan membuat gerakan pada mesin menjadi lebih halus dan memungkinkan mengecilkan resiko hambatan yang bisa terjadi pada mesin.
  2. Sebagai Pelindung Mesin
    Tidak hanya sebagai pelumas mesin untuk menghindari gesekan kasar pada mesin yang dapat merusak performa mesi, oli juga berfungsi sebagai pelindung mesin. Kegunaan oli ini adalah untuk melindungi mesin dari karat atau korosi. Maksudnya adalah oli funsinya adalah mencegah terjadinya reaksi oksidasi.

    Oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar komponen dalam mesin akan tetapi juga melindungi mesin dari korosi (karat), fungsi oli di sini mencegah reaksi oksidasi pada komponen mesin. Selain itu funsinya untuk menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang dapat mengakibatkan korosi komponen.

  3. Sebagai Pembersih

    Pada mesin mobil biasanya akan terdapat kotoran yang masuk melalui sela-sela ring dan kerak yang merupakan  sisa pembakaran mesin. Nah,  kerak atau kotoran ini kemudian nantinya akan dilarutkan oleh oli. Kerak dan kotoran ini akan bercampur dengan oli yang selanjutnya akan dibuang bersama oli saat oli mesin diganti.

  4. Sebagai Pendingin Mesin

    Saat mesin dijalankan atau sedang bergerak, biasanya akan terjadi hantar panas pada mesin akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Adapun gesekan dan gerakan antar komponen logam dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Maka kemudian dari itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin.

    Sebagai pendingin mesin, oli akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin yang selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli. Dan kemudian panas tersebut akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli.

    Oli sebagai pendingin mesin memiliki peran besar dalam menjaga komponen mobil agar tetap dalam performa yang baik. Karena jika suhu panas terlalu over heat (tinggi) akan menybabkan kerusakan komponen dalam mesin. Secara kimiawi, hal ini dapat merusak ikatan logam. Sedangkan secara fisikawi dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.

Pilihan Terbaik untuk Oli Mobil Avanza dan Xenia

Nah, setelah kita mengetahui peran dan fungsi penting oli pada mesin mobil, berikut adalah beberapa oli mobil terbaik untuk Avanza dan Xenia, yang dirokomended oleh kebanyakan orang:

  1. LUCAS SEMI SYNTHETIC SAE 10W-40

    Salah satu oli mobil terbaik untuk Avanza dan Xenia ini  merupakan oli mobil terbaik di kelasnya yang dibuat oleh pabrikan internasional, yaitu Lucas. Memiliki volume sebanyak 5 liter dan diklaim mampu membuat performa mobil Anda menjadi lebih kencang dan mulus.

  2. LIQUI MOLY TOP TECH 4100 SAE 5W-40

    Oli Liqui ini bervolume 4 liter, secara umum digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin atau diesel seperti Avanza dan Xenia. Pelumas dengan merk ini dipercaya dapat membuat mobil menjadi lebih tangguh.

  3. ENEOS CVT FLUID ASIA 1 L

    Kelebihan yang dimiliki oli ini, seperti mampu memberikan perlindungan pada mesin dari keausan akibat kinerja mesin yang kasar dan berat. Tarikan mesin handal dalam segala kondisi apapun, baik saat suhu mesin tinggi atau rendah.

  4. CHEVRON 400 SYNTHETIC SAE 10W-30

    Chevron merupakan salah satu pionir oli mobil terbaik kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Oli ini dikenal dengan ketangguhan tarikan mesin nya yang sangat stabil

  5. ELF GL-5 80W-90 1 L

    Oli ini cukup direkomendasikan karena dikenal mempunyai performa yang baik. Selain itu, oli ini akan membuat kendaraan Anda menjadi lebih ringan. Hal tersebut dikarenakan oli ini system liquid teknologi yang diklaim mampu membersihkan mesin mobil secara menyeluruh. Dan akan membuat tarikan pada mesin mobil menjadi lebih sempurna dan enak.

Demikian ulasan kali ini tentang beberapa oli mobil terbaik untuk Avanza dan Xenia yang dapat diulas. Sekian, dan semoga bermanfaat. Adapun tipsnya Anda bias meminta rekomended langsung dari bengkel mobil kepercayaan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.