6 Alasan Masuk Akal Mengapa Bisnis Bengkel Menjadi Peluang Usaha yang Menjanjikan Untuk Anda

Penjelasan mengapa bisnis bengkel merupakan bisnis yang tidak kenal 'basi'.

0

Pada masa ini, siapa sih yang nggak punya kendaraan pribadi? Kompas.com (2016) menyatakan bahwa kepemilikan kendaraan pribadi meningkat rata-rata sebesar 6 juta per tahun. Fakta tersebut berbanding lurus dengan tingginya tingkat kebutuhan masyarakat pada jasa bengkel. Sebagaimana kita tahu, bengkel merupakan produk pelengkap bagi kendaraan pribadi. Tahukah Anda? Tingginya tingkat kebutuhan masyarakat pada jasa bengkel dapat menjadi peluang bisnis yang baik bagi masyarakat. Bisnis bengkel tergolong sebagai bisnis yang tidak kenal ‘basi’? Yuk simak 6 penjelasan masuk akal tentang bisnis bengkel berikut!

1. Kebutuhan Bukan Atas Dasar Tren

Pada masa ini, sudah menjadi suatu kewajaran jika ‘tren’ dapat mempengaruhi pola perilaku dan gaya hidup masayarakat sesuai jamannya. Apalagi tren kendaraan bermotor. Tren model dan modifikasi kendaraan bermotor terus berevolusi, dari motor dan mobil sport, hingga motor dan mobil balap jadul, dari motor gede hingga vespa, dan lain-lain.

Sadarkah Anda? Tren modifikasi motor dan mobil yang terus berubah-ubah menandakan bahwa industri perbengkelan sangat atraktif. Jika Anda jeli, Anda akan menyadari adanya sebuah kepastian ditengah ketidakpastian tren modifikasi motor yaitu ‘kebutuhan masyarakat atas jasa bengkel’.  Tidak peduli seekstrem apa pun perubahan tren kendaraan bermotor, jasa bengkel akan tetap menjadi sebuah kebutuhan pasti bagi setiap pemilik kendaraan pribadi. Pada intinya, selama mayoritas masyarakat masih membutuhkan dan menginginkan kendaraan pribadi, selama itu pula kebutuhan atas jasa bengkel tidak mengenal istilah basi. Tidak ada kan istilah ‘tren pergi ke bengkel’?

Images by: deuscustoms.com

2. Dibutuhkan oleh Hampir Setiap Lapisan Masyarakat

Kepemilikan kendaraan pribadi sudah menjadi hal yang wajar terjadi, baik di lapisan masyarakat atas, menengah,  maupun bawah. Bagaimana pun kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, gender, ataupun kondisi sosial, setiap pemilik kendaraan pribadi membutuhkan bengkel sebagai tempat perawatan dan perbaikan motor dan mobil yang mereka miliki.

Motor dan mobil memang beraneka ragam. Keragaman tersebut menuntut adanya proses perawatan yang berbeda-beda. Akan tetapi, berapapun harga mobil serta dari mana pun mobil itu berasal, setidaknya setiap motor atau mobil tetap membutuhkan perawatan standar yang sama secara terus menerus. Seperti contohnya ganti aki dan ganti oli, atau servis yang bersifat darurat seperti isi angin dan tambal ban. Nah, perawatan standar tersebut adalah teknik mumpuni yang harus dimiliki setiap bengkel demi menunjang kebutuhan standar konsumen di masa ini.

Baca juga: Memperhatikan Keselamatan Kerja di Bengkel

images by: ogifran.deviantart.com

3. Kebutuhan yang Sifatnya Terus Menerus

Bengkel bagi kendaraan bagaikan makan bagi makhluk hidup. Setiap makhluk hidup tidak mungkin tidak butuh makanan selama ia masih ingin hidup. Setiap pemilik kendaraan pun tidak mungkin tidak pergi ke bengkel selama ia masih menginginkan kendaraanya berfungsi dengan baik. Semakin sering motor dan mobil digunakan, semakin besar pula perawatan yang dibutuhkan.

Sejak seseorang membeli mobil atau motor untuk pertama kali, sejak saat itulah ia terdaftar sebagai konsumen yang akan membutuhkan jasa bengkel secara terus menerus. Sebagaimana telah dijelaskan di awal, Kompas.com (2016) menyatakan bahwa kepemilikan kendaraan pribadi di Indonesia meningkat rata-rata sebesar 6 juta per tahun. Otomatis, setiap tahun terdapat jutaan konsumen baru yang masih membutuhkan jasa bengkel. Lalu, kenapa Anda masih ragu dengan usaha bengkel? Coba bayangkan! Dari angka 6 juta tersebut, kira-kira berapa yang akan menjadi konsumen baru Anda tiap tahun?

4. Tingginya Tingkat Permintaan

Liputan6.com (2017) menyatakan bahwa pasar industri mobil Indonesia merupakan pasar terbesar se Asia Tenggara dengan penjualan mobil mencapai 124.348.224 unit. Industri otomotif Indonesia juga tumbuh dengan angka positif di 2 tahun terkakhir. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa permintaan konsumen di Indonesia pada kebutuhan jasa bengkel cukup tinggi dan diprediksi akan terus meningkat di masa yang akan datang.

5. Kemudahan Menemukan Produk Berkualitas

Jika Anda berminat membuka bisnis bengkel, pastikan peralatan yang Anda gunakan berkualitas. Kualitas merupakan hal yang sangat berpengaruh pada keuntungan dan keberlangsungan bisnis bengkel Anda. Semakin baik kualitas peralatan yang Anda gunakan, semakin lama pula ketahanan fungsi peralatan tersebut. Peralatan yang berkualitas setidaknya memiliki umur ekonomis hingga 5 tahun. Dengan kata lain peralatan tersebut dapat  memberikan manfaat dan keuntungan hingga 5 tahun.

Images by: Liputan6.com

Kini Anda dapat memenuhi kebutuhan peralatan bengkel Anda dengan mudah, melalui situs Ralali.com. Di Ralali.com tersedia fitur business collection yang menyediakan berbagai kebutuhan bisnis bengkel lengkap. Anda dapat menemukan supplier bisnis bengkel berkualitas dan terpercaya hanya dengan satu klik. Mudah kan?

Baca juga: Jenis Alat Bengkel Yang Di Gerakkan Dengan Tangan

6. Mudah Dimulai Walau Dengan Modal Terbatas

Ingin segera memulai bisnis bengkel tapi terhalang modal? Jangan khawatir! Asalkan Anda menguasai kualitas teknisnya, semuanya akan menjadi mudah kok! Untuk masalah keterbatasan modal dapat diselesaikan melalui 2 cara. Cara pertama adalah dengan melakukan pembelian peralatan secara kredit di Ralali.com melalui sistem  kredivo. Cara kedua adalah dengan memulai bisnis bengkel dengan langkah kecil, yaitu dengan memberikan pelayanan sederhana dengan memanfaatkan peralatan yang sederhana pula. Seperti penggantian oli dan tambal ban. Jika Anda berkomitmen dan telaten menggelutinya, lambat laun bengkel Anda juga akan berkembang menjadi besar.

Baca juga: Belanja Kebutuhan Bisnis Di Ralali, Beli Sekarang Bayar Nanti – Cicilan Tanpa Kartu Kredit Dengan Kredivo

Berbisnis merupakan jalan yang dapat Anda ciptakan untuk menggapai  kesuksesan Anda sendiri. Setelah membaca 6 penjelasan tentang bisnis bengkel tadi, tidak ada salahnya kan menggeluti bisnis bengkel? Nah, kini saatnya Anda mengambil sikap. Ayo segera jalankan bisnis bengkel Anda!

Featured images by: techcrunch.com

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.