10 Ragam Peralatan Kantor yang Wajib Tersedia di Kantormu!

0

Perusahaan yang baik harus mampu memberikan kesejahteraan bagi karyawan. Kesejahteraan karyawan dapat dipenuhi salah satunya dengan menyediakan fasilitas peralatan kantor yang dapat menunjang performa karyawan. Nah, untuk menunjang performa karyawan, Anda wajib menyediakan 10 (sepuluh) peralatan ini. Yuk simak apa saja 10 peralatan tersebut!

Baca juga: PENTING!!! Perhatikan Hal Ini Sebelum Buka Kantor Baru

1. Peralatan Kebersihan

Kebersihan tempat kerja merupakan faktor penting yang sangat mempengaruhi kenyaman psikologis karyawan. Tempat kerja yang bersih membuat karyawan nyaman menghabiskan banyak waktu di kantor. Berikut peralatan kebersihan yang wajib tersedia di kantor Anda:

  1. Sapu, sikat, kemoceng, penyedot debu (vacum celaner)
  2. Kain lap jendela
  3. Kain pel
  4. Sabun pencuci lantai, piring, dan kaca
  5. Tempat sampah
  6. Kain lap
  7. Tisu toilet
  8. Ember
  9. Pengharum ruangan

Baca juga: Bersih-Bersih Di Rumah, Kantor, Hotel Dan Restaurant Akan Lebih Cepat Jika Menggunakan 5 Alat Pembersih Ini

2. Perkakas Kantor

Perkakas kantor umumnya tediri dari meja, kursi, lemari, dan tempat-tempat penyimpanan arsip. Perkakas kantor diibaratkan sebagai pemain utama di dalam gedung perkantoran. Untuk itu, pilihlah perkakas kantor dengan kualitas dan desain yang baik, sehingga karyawan dapat bekerja dengan nyaman. Untuk kursi contohnya, usahakan pilih kursi yang nyaman dengan senderan yang tinggi supaya karyawan dapat beristirahat sejenak di tengah padatnya tuntutan pekerjaan.

Baca juga: Salah Pilih Kursi Kantor, Siap-Siap Terserang Penyakit Berbahaya

images by: retaildesignblog.net

3. Mesin-mesin Kantor

Untuk menunjang keefektifan dan keefisiensian dalam bekerja, di dalam sebuah kantor wajib disediakan mesin-mesin berikut.
1. Komputer atau Laptop
Meskipun jenis pekerjaan berbeda-beda, namun ketidaktersediaan laptop atau komputer umumnya dapat menghambat keefektifan dan keefisienan kinerja karyawan.
2. Mesin Fotokopi
Mesin fotokopi berguna untuk membantu karyawan menggandakan dokumen. Di dalam sebuah perusahaan, urusan menggandakan dokumen merupakan kebutuhan yang selalu ada dari hari ke hari. Ketidaktersediaan mesin fotokopi tentu akan membuat pekerjaan karyawan terasa lebih sulit.
3. Printer dan Tinta Printer
Printer dan tinta printer merupakan benda yang keberadaanya saling melengkapi satu sama lain. Printer dan tinta printer berfungsi untuk: mencetak dokumen, foto, banner, dan menjadi mesin scanner.
4. LCD Proyektor
LCD merupakan layar yang digunakan sebagai media penampil gambar yang ditampilkan dari projektor. Keberadaan LCD Proyektor berguna untuk memfasilitasi pertemuan dan presentasi di lingkup internal dan eksternal perusahaan.
5. Mesin Hitung
Hitung-menghitung merupakan aktivitas yang pasti terjadi di dalam perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan alat bantu hitung yang dapat mempermudah aktivitas operasional para karyawan, diantaranya: mesin kasir, kalkulator, dll.

4. Alat Tulis

Peralatan tulis menulis merupakan hal dasar yang harus tersedia di kantor.  Tanpa alat tulis keperluan tulis menulis karyawan tentu akan terhambat. Beberapa alat tulis yang harus tersedia di kantormu adalah:

  1. Pensil
  2. Penghapus
  3. Pulpen
  4. Tipe-Ex

5. Kertas

Kertas memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan, baik untuk menulis, mencetak dokumen, maupun menggambar. Pada umumnya, kertas yang harus tersedia di kantor berjenis HVS (Houtvrij schrijfpapier) dengan ukuran A4 (21 cm x 29.7 cm) dan F4/folio (21.6 cm x 33 cm), dan ketebalan 70-100 gram

6. Beberapa Perlengkapan Kecil namun Penting

Disamping peralatan kantor yang berukuran besar, Anda juga perlu memperhatikan ketersediaan beberapa perlengkapan kecil berikut lho. Eits, meski kecil perlengkapan tersebut ternyata punya banyak manfaat lho. Yuk intip apa saja perlatan kecil berikut

  1. Paper clip
  2. Penjepit Kertas
  3. Penggaris
  4. Stapler
  5. Gunting
  6. Perforator (alat untuk melubangi kertas)
  7. Perekat (lem, double tip)
  8. Stampel
  9. Flashdisk
images by: rajarakminimarket.com

7. Peralatan surat menyurat

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan mayoritas masyarakat mulai meninggalkan aktivitas surat menyurat secara konvensional. Namun, bagi sebuah perusahaan aktivitas surat menyurat dirasa masih penting. Untuk mendukung aktivitas surat menyurat tersebut, diperlukan setidaknya amplop dan kop surat. Hingga saat ini, kedua benda  tersebut masih menjadi benda yang wajib tersedia di kantor demi kelancaran aktivitas administrasi perusahaan.

8. Papan Tulis

Hingga saat ini fungsi papan tulis masih sangat dibutuhkan di lingkup pekerja kantoran. Papan tulis merupakan benda yang dapat digunakan untuk mendiskusikan dan menuliskan ide-ide atau rencana yang bersifat periodik dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Dalam area perkantoran, papan tulis umumnya digunakan untuk keperluan rapat, meeting, briefing, pencatatan yang bersifat periodik seperti target dan to do list harian.

9. Jaringan Telepon dan Internet

Komunikasi merupakan suatu hal penting khususnya di lingkup perusahaan. Untuk dapat mencapai visi dan misi perusahaan, diperlukan keselarasan komunikasi di lingkup internal karyawan. Oleh sebab itu, sebuah kantor harus memiliki telepon dan internet. Telepon dan internet merupakan media yang diperlukan sebagai media komunikasi antara tiap individu, departemen, hingga pihak eksternal perusahaan.

Perusahaan yang sudah besar umumnya menggunakan sistem telepom PABX. PABX adalah sistem telepon internal yang dapat menghubungkan satu meja dengan meja lain, satu departemen dengan departemen lain selama masih dalam satu gedung.

images by: loversiq.com

10. Inferior

Inferior adalah barang-barang yang digunakan untuk mempercantik ruangan agar tidak terlihat membosankan. Fungsi Inferior memang tidak krusial bagi keberlangsungan perusahaan, namun ruang kerja yang monoton (tanpa adanya inferior) dapat memberikan efek kejenuhan yang berujung pada penurunan performa karyawan.

Lingkungan kerja yang bersih, indah, dan menarik akan membuat karyawan nyaman dan tentram. Untuk itu, tidak ada salahnya menghiasi ruang kerja dengan beberapa lukisan, atau quotes yang dapat membakar semangat para karyawan, tumbuhan dan bunga-bungan yang hidup atau imitasi, dan beberapa desain inferior lainnya.

Baca juga: 22 Desain Kantor Abad Ke 21 Yang Membuat Anda Betah Lama-Lama Di Kantor

Nah itu tadi peralatan-peralatan yang wajib tersedia di kantormu. Bagaimana? Apakah di kantormu sudah ada? Kalau belum, ayo segera lengkapi! Kini Anda dapat melengkapi peralatan kantor Anda dengan mudah. Hanya dengan satu langkah. Ayo klik www.ralali.com!

Featured images by:  GideonHart.com

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.