Jenis Alat Bengkel yang di Gerakkan dengan Tangan

0
Jenis Alat Bengkel
Image:

Jenis Alat Bengkel yang di Gerakkan dengan Tangan – Bagi yang gemar mengutak-atik kendaraan, tidak hanya diperlukan skill yang tinggi saja. Akan tetap mesti didukung dengan alat yang memadai. Dengan alat yang memadai tentunya akan mempermudah pekerjaan, maka dari itu mesti mesti mempunyai peralatan yang lengkap serta mesti mengetahui manfaat dan kegunaannya supaya keberadaan alat tersebut bisa terpakai.

Baca: Langkah Penting Keselamatan Kerja di Bengkel

Jenis Alat Bengkel yang di Gerakkan dengan Tangan – Peralatan yang tepat akan membantu dalam memudahkan pekerjaan, akan mempersingkat waktu, dan akan memberi rasa aman ketika bekerja. Kesalahan dalam pemilihan alat akan menyulitkan dan waktu penyelesaian pekerjaan pun akan lebih lama, bahkan bisa mengakibatkan cedera bagi penggunanya.

Jenis alat bengkel yang digerakkan dengan tangan (hand tools)

Berikut ini adalah jenis alat bengkel yang digerakkan dengan tangan (hand tools).

Kunci Pas.

Fungsi dari kunci ini yaitu untuk mengencangkan dan melepaskan mur ataupun baut yang tidak terjangkau oleh kunci sok serta kunci ring.

Kunci Ring.

Fungsi dari kunci ring yaitu untuk membuka serta mengencangkan baut. Bentuk dari kunci ring ini seperti sebuah cincin, dalam satu kunci terdapat dua ring pada bagian ujungnya. Kunci ini bisa di pakai bermacam ukuran mur atau baut.

Kunci Soket.

Kunci soket atau kerap disebut dengan kunci sok merupakan kunci yang mempunyai bentuk silinder serta terbuat dari bahan baja. Fungsi dari kunci ini yaitu untuk membuka dan mengencangkan baut semisal baut pada roda mobil. Kunci ini mempunyai bentuk silinder yang terbuat dari bahan baja stensil tinggi. Pada kunci soket terdapat dua ujung, bagian ujung satunya mempunyai dudukan segi empat dan pada bagian ujung yang lainnya mempunyai dimensi hexagonal.

Kunci Inggris.

Kunci Inggris dapat digunakan untuk melepas dan mengencangkan baut atau mur yang apabila tidak ada ukuran yang sesuai pada kunci ring atau kunci pas.

Kikir.

Alat ini digunakan untuk menghaluskan serta menajamkan suatu benda.

Obeng.

Alat ini digunakan untuk mengancangkan atau melepaskan baut. Terdapat berbagai macam obeng, jenis yang paling banyak di temukan yaitu obeng kepala plus dan obeng kepala minus.

Tang.

Fungsi dari alat ini yaitu untuk membuka suatu komponen dengan cara mencengkeram tang dan kemudian diputar.

Kunci Kombinasi.

Fungsi dari kunci kombinasi yaitu sebagai alat bantu untuk menyempurnakan pemakaian kunci ring serta kunci pas.

Klem

Klem dipakai untuk menjaga serta menahan benda yang tengah diperbaiki supaya tak bergerak maupun tak bergeser.

Dongkrak

Terdapat dua jenis dongkrak, yaitu dongkrak manual serta dongkrak hidrolik. Kedua jenis dongkrak tersebut sama-sama diperlukan sewaktu akan melakukan perbaikan pada mobil. Adapun fungsi dari dongkrak sendiri yaitu untuk menahan mobil sewaktu dinaikkan. Dongkrak ini pun digunakan sebagai penahan bobot mobil sewaktu mobil mesti diperbaiki bagian bawahnya.

Kunci Roda.

Kunci roda digunakan untuk melepas serta mengganti roda kendaraan. Kunci ini terbuat dari bahan baja yang bagian ujungnya mempunyai kepala soket hexagonal.

Kunci Busi.

Fungsi kunci busi yaitu untuk melepas serta memasang busi yang umumnya terpasang di bagian yang sulit di mana tak dapat dijangkau oleh kunci ring serta kunci pas.

Untuk melihat berbagai Jual Kunci Pas, Kunci Pas Ring, Kunci Ring, Kunci Inggris dan lainnya dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual tools set dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar