Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan GPS?

0
kekurangan dan kelebihan gps
Image: pixgood.com

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan GPS? – Kebutuhan manusia terhadap informasi membuat para ilmuwan membuat suatu sistem yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu sistem teknologi canggih yang dapat dirasakan sekarang ini yaitu sistem navigasi satelit.

Teknologi sistem navigasi satelit dapat membantu kita untuk mengetahui posisi kita maupun orang lain hanya dengan sebuah alat yang dapat menerima sinyal navigasi satelit. Alat penerima sinyal navigasi satelit sangat beragam. Salah satu sistem navigasi yang paling populer ialah Global Position System (GPS).

Kelebihan dan Kelemahan GPS

Hadirnya sebuah teknologi tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Yang menjadi kekurangan dalam penggunaan GPS yaitu:

Tingkat keakuratan tak selamanya presisi. Koordinat posisi yang di lacak oleh satelit mempunyai faktor kesalahan yang akan mempengaruhi tingkat ke-akuratan GPS.

Pengguna GPS akan cenderung bergantung pada GPS ketika berkendara, sehingga kurang waspada terhadap kondisi lalu lintas sekitarnya.

Tentunya untuk menggunakan teknologi dan layanan GPS tidaklah murah, anda harus membeli GPS dan juga biaya penggunaan.

Dibalik kekurangan yang dimiliki GPS, tentunya teknologi GPS telah meningkatkan kenyamanan kita ketika bepergian dan memiliki banyak manfaat positif. Selain menjadi pemandu navigasi, GPS juga bisa digunakan untuk melakukan pelacakan posisi kendaraan, hewan peliharaan atau bahkan orang.

Alat yang digunakan untuk melakukan pelacakan disebut GPS tracking. GPS tracking bekerja dengan memanfaatkan jaringan GSM dan GPS untuk menentukan koordinat suatu objek dan menyajikannya dalam bentuk peta digital.

Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan GPS:

  • Proses navigasi kendaraan lebih mudah dan cepat
  • Sangat membantu meningkatkan tracking di dunia militer
  • Mudah dalam mengidentifikasi setiap lokasi yang ada di permukaan bumi serta mengetahui kondisinya secara real time
  • Lebih ringkas dan mudah digunakan dibandingkan dengan peta konvensional
  • Penggunaan GPS tracking bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan anda dalam menjaga kendaraan atau objek lainnya. Bila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, anda bisa dengan mudah melacak posisi objek yang dipasangkan alat  GPS tracking.

Untuk melihat berbagai gps dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual gps dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.