5 Tips Memilih dan Merawat Rice Cooker yang Sehat untuk Keluarga

0

memilih dan merawat rice cooker

Saat Anda akan memilih dan merawat rice cooker memang tidak mudah. Akan tetapi masih banyak orang yang kurang peduli tentang hal ini, padahal rice cooker digunakan setiap hari. Bisa jadi, nasi yang sehat merupakan awal keluarga yang sehat. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana tips memilih dan merawat rice cooker yang baik, demi keluarga Anda.

Tips Memilih Rice Cooker Terbaik untuk Keluarga

Tips memilih dan merawat rice cooker memang sangat penting untuk diketahui. Hal ini demi kesehatan keluarga Anda. Sebelum Anda membeli sebuah rice cooker, Anda tentu harus memilih rice cooker terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Di bawah ini adalah beberapa tips memilih dan merawat rice cooker:

  • Tentukan Rice Cooker yang Anda Butuhkan

Sebelum membeli, Anda harus tahu rice cooker seperti apa yang Anda butuhkan. Dimulai dari menghitung jumlah keluarga Anda, sehingga Anda bisa memperkirakan berapa banyak nasi yang dibutuhkan tiap harinya. Jangan sampai, saat Anda memiliki keluarga besar, Anda justru memilih rice cooker yang kecil.

  • Pilih Fitur Tambahan yang Anda Inginkan

Beberapa rice cooker modern telah dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang membuat menanak nasi semakin mudah dan tentunya membuat nasi di dalam rice cooker semakin sehat. Misalnya, Anda membutuhkan rice cooker yang dapat mengukus kue, maka belilah rice cooker jenis tersebut.

  • Budget yang Dimiliki

Hal yang satu ini tentu wajib menjadi pertimbangan. Anda harus memperhatikan budget dengan kebutuhan rice cooker Anda. Akan tetapi jangan asal memilih rice cooker dengan harga yang sangat terjangkau karena tidak dipungkiri, harga terkadang berbicara. Untuk itu sesuaikanlah agar sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Proses dalam menentukan rice cooker yang tepat memang sangat penting. Untuk itu kita harus jeli saat memilih dan merawat rice cooker sehingga selalu sesuai dengan kebutuhan kita.

Tips Merawat Rice Cooker Supaya Awet dan Tahan Lama

  • Kenali Komponen Rice Cooker

Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan rice cooker. Namun sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja komponen yang ada dalam rice cooker tersebut. Jangan asal membersihkan, bisa-bisa Anda justru membuat rice cooker cepat rusak. Kebanyakan orang hanya membersihkan rice cookernya saja, tapi lupa untuk membersihkan lemari ataupun tempat mereka menyimpan rice cooker tersebut. Padahal bisa saja debu justru menumpuk di tempat mereka menyimpan rice cooker.

  • Bersihkan Panci Rice Cooker

Komponen pertama yang harus sering dibersihkan adalah panci rice cookernya. Tujuan utama membersihkan panci rice cooker tentunya untuk menjaga nasi agar tetap sehat dan tidak lengket saat dihangatkan. Namun saat Anda melakukan perawatan yang salah justru akan berdampak negatif pada nasi. Untuk itu sebelum dibersihkan pastikan Anda merendam nasi yang menempel pada panci terlebih dahulu sampai nasi tersebut mudah dibersihkan sehingga anti lengketnya tidak mengelupas.

  • Bersihkan Bagian Dalam

Anda bisa membersihkan bagian dalam menggunakan lap basah. Setelah membersihkan bagian dalam, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap kering.

  • Buang Air di Tabung Uap Air

Tabung yang menampung uap air kadang lupa untuk dibuang. Padahal seharusnya dilakukan pembuangan secara teratur. Jika jarang dibuang, maka akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan dapat berpengaruh pada nasi yang cepat basi.

  • Bersihkan Bagian Pinggir Rice Cooker

Di bagian pinggir biasanya terdapat sisa-sisa nasi yang mengering. Bila bagian ini tidak sering dibersihkan, maka nasi yang mengering itu akan membuat tutup rice cooker Anda tidak rapat. Hasilnya, nasi yang ada dalam rice cooker menjadi cepat kering dan tidak dapat dikonsumsi.

  • Bersihkan Lempeng Bagian Dalam Penutup Rice Cooker

Biasanya orang hanya akan mengelap bagian ini saja, tapi sekai-kali Anda harus membersihkannya. Bahkan kalau bisa Anda harus membukanya. Cara membukanya sendiri Anda bisa mempelajari dengan melihat tutorial yang banyak di internet.

Cara ini dilakukan supaya lempeng bagian dalam penutup rice cooker benar-benar bersih. Sebab, tanpa Anda sadari uap air yang berasal dari nasi biasanya ikut mengalir ke bagian dalam lempeng. Bila dibiarkan dan tidak kunjungi dibersihkan maka nantinya akan membentuk kerak dan akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Apabila Anda akan memilih rice cooker yang terbaik untuk keluarga, maka tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan tips memilih dan merawat rice cooker yang baik dan benar. Dengan begitu, nasi yang dihasilkan oleh rice cooker tersebut terjamin sehat dan aman untuk keluarga Anda. Untuk itu, jangan sampai Anda mengabaikannya.

Mungkin tips memilih dan merawat rice cooker di atas terbilang ribet dan tidak bisa dilakukan dengan simpel. Namun ini demi kesehatan keluarga Anda. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan tips memilih dan merawat rice cooker dan semoga bermanfaat. Bagi Anda yang ingin membeli rice cooker baru, Anda bisa membelinya di Ralali melalu link berikut ini -> https://www.ralali.com/c/rice-cooker-hl0455

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.