6 Langkah Mudah Supaya Internet Router Wi-Fi Tidak Lambat

0
6 Langkah Mudah Supaya Internet Router Wi-Fi Tidak Lambat
6 Langkah Mudah Supaya Internet Router Wi-Fi Tidak Lambat

6 Langkah Mudah Supaya Internet Router Wi-Fi Tidak Lambat – Penawaran paket Home-internet dengan harga murah dari penyedia layanan internet (ISP) menjadikan perangkat Wi-Fi (router) kian banyak digunakan oleh masyarakat. Akan tetapi tidak sedikit pengguna yang mengeluh terhadap akses internet Wi-Fi yang digunakannya lambat.

Sebelum menyalahkan ISP yang lambat, sebaiknya periksalah terlebih dahulu lokasi router Anda. Karena menurut fisikawan dari Immperial College London yaitu Jason Cole, penempatan router Wi-Fi pun bisa mempengaruhi kecepatan internet.

Lantas bagaimana caranya supaya internet router Wi-Fi tidak lambat? Berikut ulasannya.

6 Langkah Mudah Supaya Internet Router Wi-Fi Tidak Lambat

1. Pindahkan Router WiFi Anda ke Tempat Yang Ideal

Banyak pengguna meletakkan router berada di pojok ruangan. Alasannya sederhana, karena berada dekat dengan colokan listrik. Ternyata menempatkan router Wi-Fi di pojok ruangan merupakan penempatan yang salah.

Tempat paling ideal untuk menempatkan router Wi-Fi ialah di tempat yang tinggi serta berada di tengah ruangan. Jangan meletakkan router Wi-Fi berada dekat dengan tembok berbahan beton, sebab akan menghalangi sinyal Wi-Fi. Perlu diketahui bahwa musuh utama sinyal Wi-Fi ialah beton serta air. Maka dari itu, usahakanlah untuk tidak meletakkan router Wi-Fi berada dekat dengan pipa air, akuarium, dan lainnya.

2. Posisi antena router Wi-Fi harus pas

Biasanya router dilengkapi antena luar yang berguna untuk memperoleh kekuatan sinyal Wi-Fi yang diinginkan. Ketika kita mengarahkan antena ke atas (berdiri) maka sinyal Wi-Fi tersebut akan semakin kuat secara horizontal. Begitu juga dengan sebaliknya.

3. Jauhkan dari microwave

Microwave memiliki frekuensi gelombang yang sama seperti router Wi-Fi. Maka dari itu, jangan menempatkan router Wi-Fi berada dekat dengan microwave sebab kecepatan internet akan menurun. Walaupun radiasi yang keluar dari microwave hanya sedikit, namun dapat mengganggu sinyal Wi-Fi cukup parah.

4. Jangan letakkan router di ruangan padat manusia

Tentunya membeli router Wi-Fi supaya dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga bukan? Akan tetapi jangan menempatkannya di bagian rumah yang dipenuhi oleh orang? Apa alasannya? Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa salah satu musuh utama sinyal Wi-Fi ialah air. Di dalam tubuh manusia 90% terdiri air.

5. Update Firmware dan Driver

Produsen sering mengoptimalkan serta memperbarui perangkat lunak produk keluarannya. Supaya kecepatan internet tidak lambat, selalu ikuti up date feature serta perbaikan yang di rilis.

6. Beli router baru

Apabila semua langkah sudah dilakukan namun masih lambat, sebaiknya beli router baru yang lebih canggih. Beli router Wi-Fi yang mendukung standar baru seperti 802.11ac. Sejumlah router Wi-Fi mempunyai lebih dari dua antena, di mana kecepatannya bisa mencapai 6,77 Gbit / detik. Kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual router dengan kualitas terbaik

6 Langkah Mudah Supaya Internet Router Wi-Fi Tidak Lambat

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar