Supaya Pembangunan Tetap Lancar Meski Turun Hujan, Seperti Ini Tipsnya

0
Tips Mengerjakan Proyek Bangunan saat Musim Hujan
Tips Mengerjakan Proyek Bangunan saat Musim Hujan – buildingsolutionsapogee.ca

Mengerjakan proyek bangunan di kala musim hujan menjadi tantangan tersendiri, sebab harus pintar mengatur waktu ataupun memakai metode kerja tertentu supaya pekerjaan pembangunan bisa tetap berjalan lancar tanpa ada hambatan walaupun turun hujan.

Tips Mengerjakan Proyek Bangunan saat Musim Hujan

Agar pembangunan tetap berjalan lancar, buatlah jadwal perkiraan hujan. Jadwal ini bisa di dapat dengan memperkirakan berdasarkan pengalaman maupun meminta data kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) guna mengetahui perkiraan cuaca. Dari data yang diperoleh maka kita dapat memastikan kapan waktu yang tepat untuk menjalankan “item” pekerjaan yang berpotensi terhambat apabila hujan turun.

Mencatat laporan cuaca secara benar setiap jamnya selama masa pelaksanaan proyek pembangunan berlangsung sesuai dengan waktu yang disepakati di dalam kontrak, data-data tersebut dapat dipergunakan sebagai alasan resmi guna memperoleh perpanjangan waktu untuk kontraktor tanpa dikenakan sanksi karena keterlambatan proyek.

Gunakanlah bahan campuran guna mempercepat proses pengerasan adukan beton. Hal tersebut bertujuan supaya adukan beton mengeras sebelum hujan turun. Apabila tidak memakai campuran, dan ketika hujan turun maka kerasnya adukan beton tidak maksimal dan tidak kokoh.

Melaksanakan proyek semaksimal mungkin pada jam yang sering tidak turun hujan, contohnya melakukan lembur di malam hari apabila sering turun hujan di siang hari.

Memasang tenda guna melindungi proses pelaksanaan pekerjaan ataupun melindungi bahan bangunan supaya dalam kondisi baik walaupun terkena hujan.

Memasang penangkal petir, terutama pada proyek yang berada di tanah lapang semisal pembangunan pelabuhan, ataupun pada proyek gedung yang memakai alat angkat tower crane dalam keadaan terpasang menjulang tinggi.

Gunakanlah alat keselamatan diri (alat safety) sesuai standar supaya terhindar dari segala macam bahaya sewaktu turun hujan, contohnya terpelesat di area licin. Gunakanlah jas hujan supaya badan tetap sehat dan bisa bekerja maksimal.

Guna mendukung program “green contractor” yang merupakan ramah lingkungan, akan sangat bagus apabila melakukan penampungan air hujan sebanyak mungkin sehingga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pembangunan.

Tips Mengerjakan Proyek Bangunan saat Musim Hujan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.