Cara Mudah Mengatasi dan Mencegah Atap Bocor

0
Cara Mengatasi Atap Bocor
Cara Mengatasi Atap Bocor – Image: plomeroespanol.com

Ketika memasuki musim hujan, masalah yang paling umum ialah atap bocor. Atap rumah yang bocor kerap kali menjadi masalah yang sangat mengganggu, terlebih jika hujan tiba di malam hari, tentunya hal tersebut sangatlah mengganggu dan merepotkan penghuni rumah.

Apabila atap rumah bocor, sebaiknya segeralah lakukan perbaikan. Jika atap bocor dibiarkan berlama-lama, bagian-bagian bangunan bisa rusak dan bekas bocoran pun bisa menimbulkan flek yang membuat atap rumah kita tidak menarik dipandang. Berikut ini cara mengatasi atap bocor.

Cara Mengatasi Atap Bocor

Atap rumah yang bocor dapat diakibatkan karena adanya kesalahan pada konstruksi bagunan, misalnya kemiringan atap kurang tepat ataupun pecahnya genteng. Genteng-genteng yang biasa digunakan oleh masyarakat mempunyai kemiringan antara 30 hingga 40 derajat. Apabila kurang, maka bisa dipastikan bocor akan mengancam apabila turun hujan.

Solusi mengatasi atap bocor karena hal ini ialah kemiringan atap mesti ditata ulang serta buat pelapis anti bocor di bagian bawah genteng. Tidak hanya itu saja, pilihlah genteng yang dilengkapi dengan lubang paku guna mengunci kedudukan genteng agar tidak merosot.

Masalah atap rumah yang bocor selanjutnya yaitu bisa diakibatkan karena kesalahan pemasangan, hal ini terjadi bisa dikarenakan “tukang” tak cukup cermat ketika mengerjakan lokasi atap yang rawan terserang air hujan. Contohnya, pada bagian bubungannya dibuat terlalu tinggi sehingga mengakibatkan keretakan ataupun pecah. Alhasil berdampak bocor ketika hujan turun.

Untuk solusinya, berilah cat pelapis anti bocor seperti Aquaproof ataupun talang karet pada bagian yang bocor tersebut. Hal yang sangat penting ketika membangun rumah, pilihlah “tukang” yang ahli serta mintalah kepada mereka untuk bekerja sebaik mungkin ketika mengerjakan bagian atap.

Yang terakhir bisa disebabkan karena pengaruh cuaca. Sebagai bagian struktur bangunan yang terus menerus terpapar panas serta hujan, lambat laun pastinya atap akan rusa, walaupun material yang dipilih sangat kuat. Umumnya cuaca mengakibatkan kerusakan pada bagian sambungan, genteng dari tanah liat mengalami retak, genteng seng akan berkarat, dan pada genteng beton warna cat pelapisnya akan memudar.

Solusinya ialah lakukan pemeliharaan secara berkala setiap satu tahun guna memperpanjang usia atap. Contohnya dengan melakukan pengecatan genteng, memberi lapisan waterproof pada dak beton, dan lainnya.

Cara Mengatasi Atap Bocor

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.