6 Tips Mudah ini Bisa Membuat Lemari Es Hemat Listrik

0
6 Tips Mudah ini Bisa Membuat Lemari Es Hemat Listrik
6 Tips Mudah ini Bisa Membuat Lemari Es Hemat Listrik – www.immianz.com

Alat elektronik rumah tangga merupakan salah satu penyumbang utama besarnya tagihan listrik setiap bulannya. Maka dari itu, sebisa mungkin penggunaannya harus sesuai kebutuhan.

Baca: Showcase Cooler Modena, Pilihan Tepat Untuk Bisnis Kuliner

Meskipun begitu, terdapat sejumlah alat elektronik yang mau tidak mau mesti selalu dalam kondisi menyala 24 jam. Misalnya lemari es. Penggunaannya selama 24 jam non stop bukan berarti biaya listrik akibat penggunaan alat ini tidak bisa diminimalisir.

Nah, berikut ini sejumlah tips untuk menjaga lemari es Anda tetap berfungsi optimal namun daya listriknya tidak berlebihan.

6 Tips Membuat Lemari Es Hemat Listrik

  1. Hindarilah menaruh lemari es di area yang terkena matahari secara langsung. Tidak hanya itu, jauhilah lemari es dari benda yang bisa menghasilkan panas, misalnya kompor, oven, maupun microwave. Selain itu berikanlah jarak sekitar 15 sentimeter dari dinding ataupun sesuai buku panduan. Mengapa mesti diberi jarak ? sebab lemari es membutuhkan ruang untuk mengeluarkan udara panas.
  1. Biasakanlah untuk tidak berlama-lama membuka pintu lemari es. Sewaktu pintu lemari es dalam keadaan terbuka, maka akan terjadi lonjakan daya.
  1. Aturlah lemari es berada di suhu ideal. Adapun suhu ideal untuk lemari pendingin ialah 2 hingga 4 derajat Celcius. Sedangkan suhu ideal untuk freezer ialah -15 derajat Celcius. Jika temperatur es semakin dingin tentu kerja kopresornya akan semakin lama, sehingga asupan energi listriknya semakin besar. Jika tak terlalu terpakai, usahakanlah atur suhunya seminimum mungkin.
  1. Pastikanlah makanan yang di masukan ke dalam lemari es tidak dalam kondisi masih panas. Memasukan makanan dalam keadaan masih panas akan menaikkan suhu lemari es, sehingga lemari es mesti bekerja lebih keras lagi.
  1. Isilah lemari es sesuai dengan muatannya. Penyimpanan secara berlebihan akan menutup jalur udara dingin dan mengganggu sirkulasi udara. Alhasil lemari es pun akan bekerja lebih berat guna mencapai suhu yang sudah diatur.
  1. Agar tagihan listrik tidak besar akibat pemakaian lemari es, sebaiknya jangan membiarkan lemari es kosong. Isilah lemari es Anda, namun tidak berlebihan.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar