Alat Dokter Standar yang Harus Dimiliki Seorang Dokter Umum

0
Alat Dokter Standar jual alat kesehatan
Image: www.kuzeypharma.com (gambar peralatan dokter)

Alat Dokter Standar yang Harus Dimiliki Seorang Dokter – Sewaktu memasuki ruangan dokter, sejumlah peralatan dokter dengan mudahnya bisa kita lihat semisal stetoskop, timbangan serta pengukur tensi. Apakah alat tersebut merupakan alat standar yang mesti dimiliki oleh dokter ? apakah ada alat lainnya ?

Peralatan Dokter Umum

Jas Dokter

Jas dokter merupakan pakaian kerja untuk seorang dokter. Jas ini dianggap sebagai tanda bahwa ia seorang dokter. Jas dokter ini menjadi pembeda antara dokter dengan tenaga medis yang lainnya semisal topi putih di kepala untuk orang perawat ataupun bidan.

Stetoskop

Stetoskop merupakan alat yang wajib dimiliki olah dokter, sebab  tanpa adanya stetoskop baka dokter pun tidak bisa melakukan pekerjaannya terlebih berhubungan dengan pemeriksaan organ dalam si pasien.

Stetoskop berasal dari kata stethos yang berarti dada dan skopeein yang artinya memeriksa.  Alat ini digunakan untuk mendengar irama tubuh pasien seperti denyut jantung atau pernapasan. Walau kata stetoskop merujuk kata dada, tapi alat ini tidak semata digunakan di dada. Stetoskop bisa digunakan untuk memeriksa perut misalnya mendengarkan gerakan peristaltik usus atau kolik perut yang dialami pasien.

Pengukur Tensi (tensimeter)

Alat dokter ini pun kerap kita temukan di setiap ruang dokter. Bentuk dari tensimeter ini kotak segi empat panjang, sewaktu kotak tersebut dibuka maka pada kotak tersebut akan terlihat skala yang menunjukkan level tensi darah si pasien. Sebuah pembebat, selang kecil serta pemompa tersambung ke alat tersebut.

Termometer

Termometer ialah alat yang dipakai dokter untuk mengetahui suhu tubuh si pasien. Bentuk dari termometer ini sangat sederhana seperti bolpoin namun terdapat skala serta air raksa yang bisa bergerak naik turun, alat ini akan bergerak naik apabila terkena rangsangan panas tubuh si pasien.

Alat Bantu Lainnya

Masih begitu banyak alat bantu yang bisa memudahkan dokter dalam melakukan pengecekan serta melakukan pendiagnosaan penyakit yang di derita pasien bersangkutan. Alat tersebut semisal Sunter, sudip logam, alat suntik, tempat tidur pasien, timbangan badan dan lainnya. Namun ke 4 alat yang sudah di jelaskan tadi merupakan alat standar yang wajib di miliki oleh seorang dokter.

Untuk melihat berbagai alat kesehatan dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual alat kesehatan seperti stetoskop, termometer, tensimeter dan alat kesehatan lainnya dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.