Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

Cara Menggunakan Tensimeter Air Raksa

0
Cara Menggunakan Tensimeter Air Raksa jual tensimeter
Image: www.justthedoc.com

Cara Menggunakan Tensimeter Air Raksa – Tensimeter pertama kali dikenalkan oleh seorang ahli bedah asal Rusia yaitu dr. Nikolai Korotkov. Tensimeter kerap disebut pula sebagai sphygmomanometer. Tensimeter ini sudah dipakai sebagai standar pengukuran tekanan darah, pada awalnya alat ini memakai air raksa sebagai pengisi alat ukurnya.

Baca: Begini Caranya Menggunakan Tensimeter Aneroid

Masih banyak yang belum paham menggunakan tensimeter air raksa, bahkan masih banyak yang mesti datang ke puskesmas atau klinik terdekat hanya untuk mengecek tekanan darahnya dan kebanyakan pihak puskesmas atau klinik meminta uang jasa atas pengeceka tersebut.

Tetapi jika Anda bisa mengecek tekan darah sendiri cukup di rumah saja maka tak perlu lagi datang ke puskesmas atau klinik dan tentunya juga bisa menghemat selain itu kita bisa menolong antar anggota keluarga, kerabat dan yang lainnya. Berikut ini cara menggunakan tensimeter air raksa.

Cara Menggunakan Tensimeter Air Raksa

  • Buka Tensimeter Air Raksa tersebut.
  • Geserlah jarum ke Arah ON agar air raksa naik.
  • Raba nadi Pasien yang akan diperiksa kemudian pasanglah manset sesuai dengan ukuran pasien.
  • Lilitkan manset tensimeter ke lengan atas kiri atau kanan di atas siku. Manset dililitkan pada bagian ini karena pada bagian ini terdapat pembuluh darah arteri yang berasal langsung dari jantung, pembuluh ini terletak dekat di bawah kulit dapat disebut juga Arteri Brachialis,
  • Upayakan tensimeter diletakkan sejajar dengan jantung baik dalam posisi tidur maupun duduk atau berdiri, tangan diperiksa dalam keadaan rileks.
  • Tutup katup pengatur udara pada pompa karet manset tensimeter dengan cara memutar ke kanan sampai habis.
  • Pasang stetoskop pada telinga Anda kemudian bagian yang pipih ditempelkan pada bagian lipatan siku di sebelah bawah lilitan manset.
  • Pompalah udara ke dalam manset dengan cara menekan pompa karet berulang-ulang sampai tekanan menunjukkan angka 140 mmHg. Tekanan 140 mmHg ini atas dasar mmHg di atas tekanan systole yang diperkirakan pada orang dewasa normal (Tidak menderita hipertensi) yaitu 120 mmHg. Bila yang diperiksa adalah penderita hipertensi, maka naikkan kembali 20 mmHg dan seterusnya secara bertahap,
  • Manset yang dipompa menyebabkan tekanannya meningkat dan menekan Arteri Brachialis sehingga aliran darah berhenti mengalir.
  • Buka kembali katup pengatur udara dengan cara memutar ke kiri, dengar dan amati suara dari stetoskop yang timbul ketika katup manset dibuka kemudian sambil mengamati angkanya.
  • Detakan yang didengar untuk pertama kali adalah sistolik, sedangkan detakan yang terakhir sebelum suara benar-benar hilang adalah suara diastolik.
  • Kemudian, rapikan kembali perlengkapan tensimeter tersebut.

Untuk melihat berbagai tensimeter dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual tensimeter dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.