Begini Caranya Menggunakan Tensimeter Aneroid

0

cara menggunakan tensimeter aneroid

Salah satu tipe tensimeter yang harganya cukup murah serta banyak dijual ialah tensimeter aneroid atau tensimeter analog. Ciri khas dari tensimeter aneroid ini yaitu terdapatnya bagian lingkaran dengan jarum yang secara analog akan menunjukkan tekanan darah anda. Untuk harga tensimeter aneroid kisaran mulai dari Rp 90 ribu sampai beberapa ratus ribu rupiah. Itu semua tergantung kepada merek yang anda beli atau anda dapat mengeceknya di www.rarali.com. Cara menggunakannya sangat Lah mudah, berikut ini adalah informasi mengenai cara menggunakan tensimeter aneroid.

Baca: Cara Mengukur Tekanan Darah Menggunakan Tensimeter Digital

Menyiapkan peralatan

  • Mintalah pertolongan orang lain, sebab mengukur dengan tensimeter sangat susah apabila dilakukan secara sendirian.
  • Duduklah dengan nyaman, kemudian buka alat tensimeter aneroid yang anda miliki, harap berhati-hati sewaktu hendak melepaskan sejumlah peralatan dari tempatnya sebab bisa mengakibatkan kerusakan.
  • Angkatlah lengan yang hendak diperiksa secara horizontal dan posisi siku sejajar dengan jantung. Hal seperti ini bertujuan untuk memastikan pembacaan tensimeter agar tidak lebih ataupun kurang.
  • Pasanglah bagian selubung tensimeter, menurut para ahli kesehatan lebih disarankan untuk melakukan tes terhadap lengan kiri apabila anda pengguna dominan tangan kanan, begitupula dengan sebaliknya.
  • Pastikan bagian selubung tensimeter sudah terpasang kencang namun jangan terlalu kencang. Jika pemasangan tidak kencang, maka akan menyebabkan tensimeter tidak dapat membaca detak arteri, dan apabila pemasangan terlalu kencang akan mengakibatkan tekanan yang berlebihan di arteri sehingga hasilnya tidak akurat.
  • Letakkan tensimeter pada permukaan yang stabil. Cobalah letakkan di bagian pengukur tensimeter di atas selubung yang telah dibalutkan di tangan.
  • Ambillah pompa karet serta kencangkan katpnya. Anda akan dapat melihat semacam katup berbentuk seperti sekrup yang dapat dikencangkan di sisi pompa karet. Pastikan katup tersebut telah kencang supaya bisa memperoleh pembacaan yang akurat.

Cara Mengecek tekanan darah

  • Pompa dengan cepat sampai selubung tensimeter mengembang. Pompa hingga jarum menjangkau angka 180mmHg. Tekanan yang ditimbulkan akan memberikan tekanan terhadap pembuluh darah arteri di otot bisep serta akan menghentikan aliran darah secara sementara.
  • Buka katup udara secara perlahan, anda mesti melakukan ini secara halus supaya udara dalam tensimeter keluar dengan kecepatan yang tetap serta dengan volume yang sedang. Apabila melakukannya dengan benar, maka jarum akan turun dengan kecepatan 3mmHg/ detik.
  • Catatlah tekanan sistolenya, hal ini adalah langkah tersulit yang mesti dilakukan. Anda mesti mendengarkan dai stetoskop sembari terus memandangi bagian pengukur tensimeter. Sewaktu mendengar suara detak atau seperti suara ketukan pada pintu untuk yang pertama kali, maka catatlah berapa angka yang ditunjukkan oleh jarum tersebut. Angka yang ditunjukkan adalah tekanan sistole jantung anda, ialah tekanan sewaktu jantung berkontraksi serta memompa darah ke semua tubuh.

Apabila anda ragu dengan angka yang ditunjukkan anda bisa mencobanya lagi. Sangat baik untuk mengulangi proses pengukuran tekanan darah sebanyak 5 sampai 10 menit dari pengukuran yang pertama.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar