Ikuti Langkah Ini Apabila Ingin Menjumper Aki

0

cara menjumper aki

Menjumper aki sewaktu mesin tidak kuat sewaktu distarter merupakan pekerjaan mudah, mudah untuk yang sudah paham dan sudah pernah mengerjakannya, namun menjadi masalah tersendiri apabila bagi seseorang yang belum pernah serta tidak mengetahui bagaimana cara menjumper aki mobil.

Pastinya seorang pengendara pernah mengalami mobil mogok ataupun macet di tengah perjalanan ataupun mesin tidak kuat di starter dengan indikasi sewaktu lampu besar dihidupkan nampak redup serta suara klakson terdengar begitu lemah.

Baca: Ini Dia Penyebab Aki Mobil Anda Cepat Mati !

Untuk permasalahan aki lemah serta mesin tidak kuat distarter, kita dapat mengatasinya dengan cara menjumper aki mobil entah itu dengan aki lain yang masih bagus ataupun dengan cara menjumper aki dari mobil lain. Berikut ini merupakan gambaran bagaimana cara memasang kabel jumper aki.

Cara Jumper Aki Mobil

Sediakan aki mobil yang masih bagus ataupun jumper dengan mobil lain.

Sediakan kabel jumper, pilihlah kabel jumper yang bagus, pakai kabel jumper yang besar sedikitnya mempunyai diameter sekitar 10mm, hal ini bertujuan untuk menghindari kabel panas yang diakibatkan arus listrik yang besar ketika distarter, sebab arus listrik ketika distarter bisa menjangkau 120 amper. Kabel jumper umumnya terdiri dari 2 warna, yaitu kabel berwarna hitam serta berwarna merah.

Dekatkan mobil untuk jumper ataupun aki lain untuk jumper, pastikan jaraknya cukup dengan panjang kabel jumper yang sudah disediakan.

Pasanglah kabel Catok berwarna merah pada terminal aki bagian positif serta catok berwana hitam pada terminal aki bagian negatif terhadap kedua aki, entah itu aki jumper ataupun aki yang dijumper,

Tunggulah beberapa saat sebelum distarter sampai terdapat setrum pada aki mobil yang dijumper.

Sesudah mobil hidup, lepaskanlah kabel jumper satu persatu dmulai dari aki yang dijumper, harap dijaga supaya kedua kabel tidak bersentuhan antara kabel minus serta kabel plus.

Sesudah mobil hidup, lihatla panel speedo meternya apakah lampu aki terlihat menyala atau mati, jika lampu aki menyala menunjukkan sistem pengisian aki dari dinamo cas (alternator) berjalan dengan baik.

Namun apabila ketika mesin menyala dan lampu aki di dashboard masih hidup, itu menunjukkan sistem charging aki tengah dalam gangguan serta alternator mesti diperbaiki, dalam keadaan seperti ini aki mobil yang telah dijumper tadi tidak akan terisi setrum dari dinamo cas atau alternator.

Lantas bagaimana caranya apabila tak ada kabel jumper ?

Dalam keadaan darurat seperti tidak terdapat kabel jumper, maka cara yang dapat dilakukan yaitu.

Pinjamlah aki yang masih dalam keadaan bagus, dengan ukuran fisik yang sama bagus entah itu bentuk ataupun ukuran kepala akinya atau terminal aki.

Bukalah aki mobil yang soak, pasanglah aki yang sudah dipinjam, selanjutnya starter mesin hingga mobil menyala.

Ketika mesin bisa menyala, lepaskanlah kleman aki bagian negatif dari kepala aki atau terminal aki, apabila mesin tetap hidup kita dapat melanjutkan dengan melepaskan kleman aki positif dari terminal aki, selanjutnya angkat aki serta gantilah aki dengan yang kurang setrum tadi supaya di charge oleh alternator.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.