Ini Dia Penyebab Aki Mobil Anda Cepat Mati !

0

Penyebab aki kering

Ini Dia Penyebab Aki Mobil Anda Cepat Mati ! – Sangat membuat frustrasi ketika berada di dalam mobil dan menyalakan kontak tetapi mobil tidak mau menyala. Keadaan seperti ini dapat terjadi karena aki mobil telah kering ataupun sudah mati sebab tidak dapat menghasilkan energi listrik.

Situasi seperti ini mudah untuk diperbaiki, bisa dengan menghentikan mobil lain serta melakukan cara Jump Start untuk kembali mencharge aki mobil. Tetapi yang menjadi pertanyaan apakah ada seseorang yang mau berhenti dan menolong kita ? Apakah ada cara lain ? Cara lain yaitu dengan mencarge kembali aki yang mati menggunakan charger aki portabel.

Berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan aki mobil mati atau kering.

1. Terlalu Banyak Mengemudi Jarak Pendek

Aki mobil akan terkuras dengan sendirinya ketika terlalu sering mengemudi jarak pendek, jika sering mengemudi kurang dari 20 menit maka akan membuat alternator pada mobil tidak mempunyai cukup waktu untuk mengisi ulang aki sepenuhnya dan sering mengemudi jarak pendek pun berpotensi memperpendek umur aki.

2. Suhu Ekstrim

Suhu Ekstrim dingin ataupun panas bisa mempengaruhi kelancaran reaksi kimia dalam aki. Apabila suhu berada di bawah titik beku akan menyebabkan aki mati sehingga mesti di charge ulang. Begitu pun dengan sebaliknya, jika terlalu panas akan menyebabkan aki cepat kering.

3. Gadget Listrik

Tidak hanya berfungsi untuk menstarter mobil, aki pun berfungsi sebagai sumber energi bermacam peralatan listrik mobil semisal lampu, klakson sampai radio atau pemutar musik. Menggunakan adaptor anda bisa mengisi ulang telepon seluler ataupun alat elektronik lainnya menggunakan aki. Tentunya sangat membantu, namun gadget tambahan seperti ini dapat menyebabkan aki cepat kering sebab aki bekerja terlalu keras.

4. Korosi serta Usia

Salah satu penyebab kinerja aki menurun secara signifikan yaitu korosi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan korosi. Akan tetapi sebaik apapun itu perawatan yang dilakukan terhadap aki mobil, lebih baik mesti diganti apabila sudah menjangkau batas usia normalnya.

Baca artikel lainnya : Aki Motor atau Mobil Anda Sering Tekor? Mungkin Ini Penyebabnya

Ralali

Semoga artikel kali ini dapat membantu anda untuk menjaga kondisi aki kendaraan anda agar tetap awet serta tahan lama. Untuk berbagai macam produk aki mobil atau kendaraan anda, anda bisa cek di >> http://www.ralali.com/harga-aki

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.