5 Cara Agar Bisnis Online Cepat Untung di Akhir Tahun

5 Cara Agar Bisnis Online Cepat Untung di Akhir Tahun

Pelaku bisnis selalu punya banyak tantangan di akhir tahun. Mulai dari pencapaian target yang masih akan dikejar hingga strategi pemasaran untuk tahun yang akan datang. Berbagai jenis usaha sepertinya sudah mulai beralih ke kanal online. Bukan hanya barang elektronik atau pakaian, sayuran dan sembako juga sudah bisa dibeli secara online.

Bagaimana dengan usaha Anda mendekati penghujung tahun ini? Tahun 2020 menjadi periode yang paling menantang bagi berbagai bidang usaha. Hampir semua industri terkena dampak dari pandemi Covid-19. Namun, hal ini tidak seharusnya menjadi hambatan untuk tetap mengejar tujuan di tahun ini. Yuk, simak beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat usaha Anda cepat untung di akhir tahun.

Buat Promo Akhir Tahun

Strategi pemasaran ini mungkin dilakukan oleh hampir semua pelaku usaha. Meski pasaran, tapi promosi ini sangat disukai oleh target pasar. Karena itulah, buat promo akhir tahun sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Bentuk promo tidak hanya potongan harga, bisa saja promo purchase with purchase, cashback, atau promo bonus item promosi yang hanya bisa didapatkan khusus di akhir tahun.

Promo seperti apa yang harus dibuat untuk usaha Anda? Jika ingin menghabiskan stok barang, promo beli 1 gratis 1 akan jadi lebih menguntungkan ketimbang promo 50%. Hal ini membuat para pembeli harus membeli dua barang sekaligus sehingga stok lebih cepat habis. Namun, semua promo yang dilakukan tentu harus dilakukan dengan perhitungan terlebih dahulu, ya!

Pangkas Pengeluaran Bulanan

Bukan hanya usaha Anda yang melakukan promo akhir tahun. Distributor atau supplier bahan baku juga bisa membuat promo serupa. Terlebih jika melakukan pembelian dalam jumlah besar (grosir) atau cuci gudang, harga bahan-bahan baku bisa jadi lebih terjangkau. Salah satu program promo yang bisa diikuti sepanjang bulan Desember 2020 adalah BIG SALE dari Ralali.com untuk semua kategori produk.

Saat Anda meminimalisasi pengeluaran bulanan, strategi promosi bisa dioptimalkan untuk meningkatkan jumlah penjualan. Dengan begitu, keuntungan juga bisa semakin ditingkatkan dengan harga modal yang bisa ditekan dari biasanya. Namun, pastikan Anda tetap update info promosi agar tidak kehabisan stok bahan baku yang dibutuhkan.

Lakukan Program Referral Karyawan

Karyawan adalah tombak utama yang dimiliki oleh sebuah usaha agar dapat terus berkembang. Karena itulah, program referral bisa menjadi salah satu strategi promosi akhir tahun yang low budget. Misalnya, Anda bisa memberikan bonus gaji pada karyawan yang berhasil mereferensikan usaha Anda kepada 5 orang teman atau keluarganya.

Apakah mereka mau? Jika usaha Anda menawarkan produk yang berkualitas, para karyawan tidak akan segan untuk mempromosikannya, kok. Malah, mereka mungkin akan secara suka rela melakukan promosi tanpa mengharapkan imbalan. Promosi dari karyawan juga akan lebih efektif karena mereka tahu keunggulan dari produk yang ditawarkan oleh usaha Anda.

Kolaborasi dengan Partner Usaha

Target usaha bukan tujuan yang bisa dicapai sendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat. Siapa tahu Anda bisa dapat harga special cuci gudang dari supplier atau bisa buat promo kerja sama dengan partner usaha. Target pembeli akan semakin banyak dan nilai usaha yang diinginkan bisa dicapai bersama-sama.

Di akhir tahun, akan ada hari libur yang membuat lebih banyak orang mencari kesempatan promo. Nah, inilah saat yang tepat untuk berbagai pasar dengan para partner usaha. Lakukan juga promosi lewat media sosial agar target bisnis online Anda semakin cepat tercapai. Nah, kolaborasi menarik juga bisa dilakukan dengan pihak ekspedisi untuk meminimalisasi biaya pengiriman agar bisa jadi cuan.

Lebih Fokus pada Target Kecil yang Mudah

Banyak target yang belum terlaksana di akhir tahun? Tenang, estimasikan waktu dan efektivitas dari program promosi yang ingin dijalankan. Jangan terburu-buru untuk melakukan semua hal jika hasilnya belum tentu optimal. Lebih baik fokuskan Kembali tujuan yang ingin dicapai dan proyeksikan nilai keberhasilannya.

Untuk mewujudkan pencapaian-pencapaian kecil, biasanya upaya yang dilakukan juga tidak terlalu besar. Namun, target kecil yang tercapai secara optimal akan membuat target di masa yang akan datang semakin gemilang. Ya, ingatlah bahwa target usaha Anda tidak berakhir di tahun ini. Masih ada tahun-tahun berikutnya yang harus direncanakan dengan lebih baik lagi.

Jadi, sekarang saatnya untuk melakukan evaluasi sejenak tentang perencanaan di sisa akhir tahun. Ingat, jangan terburu-buru untuk memutuskan dan tetap focus pada optimalisasi hasil. Meskipun penghujung tahun sudah dekat, lakukan yang terbaik untuk mengoptimalkan hasil usaha Anda, ya!

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment